taupasar.com

we read, we create and we share it.

Tips Memulai Usaha Affiliate Marketing Mudah Bagi Pemula

Tips Memulai Usaha Affiliate Marketing Mudah Bagi Pemula

Di zaman sekarang ini orang-orang dapat berbisnis dan menghasilkan cuan dengan berbagai cara, tidak harus dari bisnis yang menyediakan produk atau jasanya secara langsung saja. 
Tips Memulai Usaha
Anda bisa membangun afiliasi atau kerjasama menawarkan produk-produk dari owner atau perusahaan tertentu. Oleh karenanya kini orang-orang banyak yang menjalankan usaha affiliate marketing.

Jenis usaha tersebut dapat diumpamakan sebagai salah satu lapangan kerja terbaru di era masifnya perkembangan teknologi ini. Karena cenderung masih baru, maka penerapannya pun harus dilakukan dengan hati-hati. Tentunya agar Anda memperoleh keuntungannya secara nyata. Untuk itu berikut ini tips memulai usaha affliate marketing yang bisa diterapkan.

9 Tips Memulai Usaha Affiliate Marketing


1. Tentukan Bidangnya

Langkah utama yang perlu ditentukan adalah memilih tema atau bidang affiliate marketing sesuai dengan yang diinginkan. Secara umum kini ada banyak jenis bisnis affiliate, sehingga Anda harus membuat pilihan lebih spesifik agar terfokus.

Alasannya agar pebisnis dapat mengerahkan usaha yang maksimal pada satu jenis bisnis yang sedang dijalankan. Sehingga feedback-nya, bisa mendapatkan traffic pengunjung yang tinggi. Afiliasi bisnis memang tidak menjual produk secara langsung, namun Anda menjadi marketer yang bertanggung jawab dalam meningkatkan minat konsumen pada mitra bisnis.

Dalam memilih bidang yang sesuai, pilih jenis bisnis yang diinginkan dan diprediksi dapat Anda kuasai pasarnya.

2. Mencari Program Affiliate Marketing

Berikutnya Anda perlu mencari produk atau perusahaan yang memang membuka program affiliate marketing. Memang tidak semua bisnis membuka program tersebut, sehingga tergantung dari kebijakan masing-masing pengusaha.

Setelah menemukan bidang usaha yang diinginkan, maka pastikan ia membuka program afiliasi bisnis sehingga Anda dapat mendaftar jadi marketer di dalamnya.

Selain itu, pastikan pula kegiatan jenis apa yang perlu Anda lakukan sebagai pelaku usaha affiliate marketing tersebut. Apakah membuat konten video produk yang menarik, atau berupa tulisan SEO untuk website dan menarik pengunjung. Tentukan pula apakah Anda perlu melakukan promo dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

3. Mendalami Cara Promosi atau Marketingnya

Tips memulai usaha affliate marketing selanjutnya adalah membekali diri dengan skill menjanjikan untuk menjalankan tanggung jawab tersebut. Ketika Anda sudah memahami bagaimana cara melakukan promosi, maka akan lebih baik untuk semakin mendalaminya dan tidak henti belajar hal atau tren baru.

Dengan begitu taktik marketing yang digunakan akan selalu fresh dan memiliki pengaruh besar kepada target pasar. Dan yang pasti mintra bisnis pun akan menaruh kepercayaan serta ekspektasi yang luar biasa kepada Anda.

Sebelum dapat mendaftar dalam bisnis affiliate, Anda bisa membangun branding diri sendiri agar dapat dipercaya sejak awal. Misalnya jika memiliki followers yang banyak di media sosial, atau ekspert membuat konten SEO website.

4. Membuat dan Mengembangkan Blog Affiliate

Jika Anda akan menjalankan affliate marketing melalui website, maka bisa mulai membuatnya dengan beli domain dan hosting. Ini menjadi tips memulai usaha affliate marketing lainnya. Jangan lupa untuk terus mengembangkan blog Anda dengan sungguh-sungguh agar traffic-nya meningkat.

Hal ini bisa menjadi salah cara alternatif mendatangkan konsumen produk. Karena dengan melihat konten website Anda, calon pembali bisa mulai menghubungi penjual melaluinya. Misalnya marketer menyisipkan link yang mengarahkan pada pembelian produk.

5. Manfaatkan Berbagai Platform Media

Selain blog, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial. Istilah kekiniannya adalah menjadi influencer yang dapat melakukan promo produk kepada para followers

Dari sini kita tahu bahwa unggul dalam suatu hal pasti bisa memberikan manfaat yang nyata. Anda bisa menjadi content creator yang dapat membuat video pendek berupa iklan produk yang kreatif serta menarik.

6. Riset Konten Marketing

Jika sudah diputuskan alternatif mana yang akan Anda jadikan sebagai media membuat konten affiliate marketing, maka selanjutnya tinggal membuat bahan promosinya. Hal tersebut pun termasuk tips memulai usaha affliate marketing yang tidak boleh terlewatkan.

Sebelum menghasilkan suatu konten, ada baiknya melakukan riset terlebih dahulu agar yang dibuat lebih berdampak baik hasilnya. Baik konten untuk website maupun media sosial.

Misalnya untuk menghasilkan artikel blog, dalam hal ini Anda dapat membuat konten tulisan sesuai tren kata kunci yang berhubungan dengan penjualan produk. Lalu untuk media sosial, Anda bisa membuat video pendek berupa review, iklan, atau memanfaatkan tren challenge yang sedang booming.

7. Terapkan Strategi Affiliate yang Baik

Riset konten memang bagus sebagai tips memulai usaha affliate marketing, namun akan lebih bagus jika Anda menerapkan berbagai strategi efektif lainnya. Dengan begitu konten yang dibuat akan lebih cepat menarik perhatian banyak orang atau calon konsumen.

Misalnya konten artikel yang dibuat menerapkan strategi SEO On Page dan SEO Off Page yang baik. Maka artikel produk yang dibuat lebih berkualitas isinya, serta bisa meningkatkan traffic yang juga akan berdampak pada pengaruh pembelian. Bagi influencer, mereka bisa memanfaatkan tagar yang sedang tren. Maka video produk sangat mungkin viral atau FYP.

8. Konsisten dan Fokus Menghasilkan Konten

Setelah menentukan pilihan, Anda akan bertanggung jawab dalam menghidupkan marketing yang baik dalam platform yang dipilih. Karenanya, ke depannya harus fokus pada bidang tersebut. Dan yang terpenting selalu konsisten membuat konten atau promo produk sesuai tujuan tingkat pembelian yang dikejar.

Perlu diketahui pula bahwa pada awal-awal, affiliate marketer harus bersabar dan yakin. Pada mulanya mungkin hasil belum dapat dilihat secara signifikan, namun ke depannya sangat mungkin terjadi apalagi jika tips memulai usaha affliate marketing telah diterapkan dengan baik.

9. Memperluas Jaringan

Jaringan atau koneksi yang luas juga menjadi privilage yang bagus jika Anda sudah memilikinya. Namun modal ini masih bisa diusahakan hingga kapan pun. Semakin luas koneksi bisnis kita, maka akan semakin mudah untuk meningkatkan penjualan.

Keutamaan Memilih Usaha Affiliate Marketing


1. Modal Rendah dan Tidak Perlu Stok Produk

Kelebihan memilih usaha affiliate marketing begitu banyak. Salah satunya ini merupakan solusi bisnis dengan modal rendah. Hanya berbekal kemampuan serta popularitas, Anda sudah bisa membangun mitra melakukan promosi produk. Marketer tidak perlu membeli atau menyiapkan produk penjualan, cukup memberikan sugesti yang baik saja kepada target pasar.

2. Mudah Menjalin Mitra

Selain itu kini ada banyak jenis bisnis atau perusahaan yang membuka program affilate marketing. Hal ini membuka peluang lebar serta memudahkan bagi siapa pun yang ingin menjalin mitra sebagai marketer.

3. Menghindari Kerugian Secara Fisik

Usaha jenis ini pun memiliki keunggulan sebagai bisnis yang resiko kerugiannya paling kecil. Alasannya karena masalah stok produk, kualitas, hingga pengirimannya akan menjadi tanggung jawab penjual.

4. Tak Terlalu Terikat dengan Syarat Khusus

Sebagai lapangan pekerjaan yang cukup mudah diikut sertai, affiliate marketing juga tidak terlalu membuat Anda terikat dengan berbagai syarat rumit. Bahkan ketentuannya cenderung simple, yang penting dijalankan dengan sungguh-sungguh serta memberikan hasil yang sesuai.


Anda juga bisa mendapatkan informasi lainnya tepat dalam sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:





Begitulah kumpulan tips memulai usaha affliate marketing yang mudah diterapkan oleh pemula. Jadi, Anda bisa memulai bisnis tersebut tanpa keraguan lagi.
Related Posts