taupasar.com

we read, we create and we share it.

Tips Memulai Usaha Digital Marketing Bagi Pemula

Tips Memulai Usaha Digital Marketing Bagi Pemula

Bisnis digital marketing saat ini menjadi jenis marketing yang sangat diminati, di era industri 4.0 ini membuat maraknya penggunaan digital di kalangan masyarakat.  Sebelum lebih lanjut, apakah kamu tahu apa itu digital marketing
Tips Memulai Usaha
Digital marketing merupakan suatu upaya pemasaran menggunakan digital untuk menyasar target secara tepat, relevan, serta efektif. Tujuannya untuk menarik konsumen secara cepat dengan menggunakan teknologi internet.

Bisa diakses oleh semua kalangan dan pelaku bisnis, selain itu jumlah anggaran yang kamu punya berapapun itu bisa digunakan untuk digital marketing. Meskipun kamu baru mejalankan bisnis kecil atau rintisan,  digital marketing ini bisa bekerja dengan baik.

Digital marketing dapat di-handle oleh orang yang terlibat dalam perusahaan atau vendor yang memiliki produk. Tidak jarang  mereka memilih memanfaatkan jasa professional untuk menangani marketing online. Dari sinilah peluang menjalankan bisnis marketing digital terbuka lebar.

Tips memulai usaha jasa digital marketing yang tepat dapat mempermudahkan kamu dalam meningkatkan usaha penjualan, maka dari itu kami akan memberikan tips memulai usaha digital marketing bagi pemula.

Tips Memulai Usaha Jasa Digital  Marketing


1. Pelajari dan Pahami Content Marketing

Content marketing adalah pendekatan pemasaran yang fokus pada pembuatan dan distribusi konten bernilai, relevan, dan konsisten untuk menarik konsumen. Sehingga bisa mempertahankan untuk dikonversikan sebagai pelanggan yang menghasilkan profit. 

Memiliki strategi pemasaran bagus, namun tidak menggunakan konten berkualitas membuat usaha kamu sulit dicapai. Menyusun sebuah konten dengan skala prioritas berisi topik penting juga konten yang sesuai dengan produk usaha yang kamu jalankan, dan selalu konsisten dengan riset secara matang dan eksekusi secara bertahap.

Kamu juga perlu mempelajari skill storytelling karena memiliki peran besar dalam pemasaran, seperti penggunaan dialog, visual, bahasa, hingga pemilihan keyword yang tepat untuk menghasilkan konten pemasaran yang apik.

2. Menentukan Tujuan Bisnis dan Mempunyai Target Pasar

Sebelum memulai bisnis  persiapan yang harus kamu matangkan adalah menentukan tujuan bisnis dengan jelas, sehingga kamu bisa menentukan strategi bisnis yang tepat dan mudah fokus agar kamu bisa menjalankan usaha ini sampai tujuan tersebut bisa tercapai.

Tips memulai usaha jasa digital marketing Kamu juga perlu melakukan riset dan menentukan target pasar yang bertujuan untuk menentukan produk dan jasa yang disediakan. Kamu harus riset bagaimana kondisi persaingan, kisaran harga, dan lain sebagainya.

Petakan pula dari demografi, status pekerjaan, usia, jenis kelamin, kesukaan, dan yang paling penting alasan konsumen mau membeli produk dan jasa yang kamu tawarkan. Ingat, sebelum memulai usaha kamu sudah tahu seluk beluknya terlebih dahulu.

3. Gunakan SEO, SEM, dan Sosial Media Ads

Mengeluarkan modal untuk membuka usaha di digital, kamu harus berhati-hati. Karena banyak sekali yang mengalami kerugian akibat kurangnya pemahaman dalam beriklan digital. Maka dari itu, untuk memperkenalkan produk usaha kamu agar lebih luas kamu bisa menggunakan SEO, SEM, dan Sosial Media Ads. 

SEO (Search Engine Optimization) adalah upaya optimasi website pada laman rekomendasi bahkan memperoleh peringkat tinggi di mesin pencarian seperti Google, Bing, dan lain-lain.  Memang butuh waktu cukup lama untuk memperoleh harapan yang diinginkan.Maka dari itu, kamu harus menyiapkannya dari jauh-jauh hari, sekaligus menjadi upaya branding awal.

SEM (Search Engine Marketing) merupakan optimisasi berbayar yang meningkatkan visibilitas website pada halaman hasil mesin pencari, seperti Google Ads cara paling cepat mendapatkan visitor dan calon pembeli usaha kamu.

Sosial Media Ads, seperti iklan di Facebook ads, Instagram ads, endorse. Sebelum menggunakan ini kamu perlu menyiapkan content creative yang sesuai dengan standar kualitas iklan pada sosial media. Jangan sampai iklan kamu sia-sia karena tidak menyiapkan konten yang menarik dan berkualitas.

Ditahap ini kamu sangat diuji bagaimana bisa menjadi seorang digital marketer, semakin besar jumlah pengunjung atau traffic kamu maka semakin murah biaya iklan bahkan gratis. Ini menjadi titik tanda bahwa kamu bisa menggunakan digital media marketing.

4. Sempurnakan Layanan Pelanggan 

Tips memulai usaha jasa digital marketing layanan pelanggan mempunyai peran penting. Memasuki ranah online penyebaran sebuah informasi begitu cepat dan tidak bisa dibendung. Jika kamu memiliki pelayanan buruk terhadap pelanggan, besok harinya kamu akan menjadi pembicaraan publik di jagat maya dan dicap buruk.

Maka dari itu, memulai usaha digital marketing kamu tidak boleh melupakan layanan pelanggan, karena hal ini bisa membantu menciptakan reputasi usaha kamu. 

Sebagus dan seunik apapun strategi marketing kamu, jika memiliki reputasi buruk di mata konsumen. Maka usaha kamu tidak akan dipilih bahkan tidak dilirik oleh pembeli, karena layanan pelanggan menunjukkan bahwa kamu peduli dengan pelanggan kamu.

Cara Mengembangkan Usaha Digital Marketing


1. Mempelajari Teknik Digital Marketing

Sebelum memulai, kamu harus memiliki pengetahuan mengenai pemasaran online dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Memiliki pengetahuan yang cukup, mampu memenuhi permintaan dari pelanggan kamu kelak.  

Mempelajarinya tidak sulit, kamu bisa belajar secara otodidak derngan mempelajarinya dari berbagai media yang kamu temui. Selain itu, kamu bisa menggunkan cara magang di perusahaan digital marketing yang telah berkembang.

2. Mempromosikan Usaha Kamu

Agar produk usaha kamu dikenal oleh banyak orang, kamu bisa mempromosikannya dan dapat dijadikan sebagai langkah awal mempraktekkan marketing digital pada produk kamu. Berikan penawaran menarik dan berikan service paling optimal untuk projek awal kamu. 

Review positif dari pelanggan sangat bermanfaat untuk kamu, jika merasa puas mereka tidak segan untuk menggunakan jasa kamu lagi. Bahkan bisa saja mereka merekomendasikan usaha kamu untuk orang-orang disekitar mereka.

3. Mencantumkan Harga Kompetitif

Lakukan riset untuk menentukan rate harga dan paket digital marketing yang disediakan. Berikan harga yang masuk akal. Karena akan sulit menarik calon pembeli jika kamu memilih rate harga yang tinggi dan terkesan meragukan jika harga terlalu murah. 

Menampilkan portofolio project sebelumnya merupakan ide bagus untuk mendukung rate harga yang mau ditetapkan sehingga menjadi lebih make sense.

4. Selalu Update Alogaritma Platform Digital

Upgrade skill dan seantiasa mempelajari kebijakan terbaru dari masing-masing platform digital sangat bermanfaat untuk perkembangan usaha kamu. Temukan trik-trik yang dapat memperkuat efek brand awareness usaha kamu sehingga produk kamu tidak serupa dengan orang lain.

Kamu juga bisa menyimak dan dapatkan informasi lainnya pada sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:





Demikian informasi mengenai tips memulai usaha jasa digital marketing yang dapat kamu terapkan. Memulai bisnis digital marketing saat ini memang mudah, namun menjunjung tinggi kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang kamu berikan dan melakukan promosi harus konsisten.

Penulis: Putri Geo
Related Posts