taupasar.com

we read, we create and we share it.

5 Tips Memasarkan Produk Secara Online, Dijamin Efektif!

5 Tips Memasarkan Produk Secara Online, Dijamin Efektif!

Dunia serba digital saat ini membuat pesatnya pertumbuhan bisnis online, dimulai dengan skala kecil hingga skala besar dapat dilakukan dengan cepat dan praktis. 
Tips Memasarkan Produk
Maka tidak heran banyak yang memulai usaha berbasis digital ini. Kemudahan mendapatkan informasi melalui internet menjadi poin penting. Karena saat ini banyak yang mencari tips memasarkan produk secara online dengan mudah.

Melakukan usaha online tidak hanya sekadar memperkenalkan produk kepada pelanggan. Tetapi kita perlu memahami bagaimana strategi pemasaran produk secara online ini dapat menarik perhatian pelanggan.

Sehingga bisa membantu meningkatkan brand awareness, bahkan dapat meningkatkan penjualan produk. Berikut penjelasan tips memasarkan produk secara online yang paling efektif dan efisien.

Tips Memasarkan Produk Secara Online


1. Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan metode pemasaran bisnis dengan cara menawarkan produk melalui jasa orang lain, kemudian memberikan komisi kepada orang tersebut jika telah berhasil memasarkan produk kita. Biasanya, pihak affiliate marketing ini adalah seorang infulencer di media sosial. 

Cara ini bisa dikatakan sangat efektif dan biaya yang dikeluarkan juga cukup rendah. Selain itu masyarakat akan lebih percaya dengan apa yang dikatakan oleh influencer favorit mereka daripada hanya melihat iklan.

Namun perlu diperhatikan, dalam pemilihan influencer harus diperhatikan dengan teliti agar budget yang kamu keluarkan sesuai dengan hasil produk yang kamu pasarkan.

2. SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah strategi pemasaran online yang efektif tidak hanya untuk usaha besar, namun juga untuk usaha kecil menengah. Sebelum menerapkan strategi ini, kita perlu mempersiapkan website terlebih dahulu.

Perlu diketahui, SEO dapat membantu meningkatkan pengunjung website yang kita miliki. Selain itu, juga bisa meningkatkan kredibilitas brand di mata masyarakat. Adanya strategi ini akan membantu meningkatkan pemasaran karena audiens lebih ingin mencari tahu informasi mengenai produk melalui mesin pencarian sebelum membeli suatu produk.

Menggunakan cara ini harus memiliki keyword atau kata kunci yang relevan dan memiliki potensi untuk dicari oleh calon pembeli.

3. Content Marketing

Content marketing termasuk salah satu tips memasarkan produk secara online yang lebih fokus pada konten baik berupa Instagram, blog, podcast, dan lainnya. Memiliki tujuan membangun ikatan yang lebih kuat dengan calon pembeli dalam jangka watu lama. Meskipun membutuhkan waktu cukup lama untuk melihat hasil perkembangannya.

Maka dari itu, dalam membuat konten harus relevan dengan para calon pembeli sehingga dapat menimbulkan perasaan emosional dengan brand. Tips ini mampu memberikan hasil prospek sebanyak tiga kali lipat ketimbang pencarian yang dilakukan secara berbayar.

4. Media Sosial Marketing

Saat ini dari usia muda hingga dewasa hampir memiliki media sosial, hal ini membuat media sosial sebagai alat pemasaran online yang cukup kuat. Cara ini bisa dijadikan pilihan karena lebih efisien dibandingkan dengan metode marketing konvensional.

Media sosial marketing ini dapat membantu meningkatkan brand awareness, sehingga membuat produk menjadi lebih dikenal lagi. Media sosial yang dapat digunakan berupa Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, hingga LinkedIn.

5. TikTok Marketing

Keberadaan TikTok saat ini sangat digandrungi oleh masyarakat, bahkan termasuk dalam salah satu strategi pemasaran digital. Agar produk kita dapat dikenal lebih luas lagi, kita perlu membuat konten menjadi viral dengan membuat konten yang unik sehingga calon pembeli tertarik pada produk tersebut.

Hal yang Penting dalam Memasarkan Produk Secara Online


1. Tentukan Target Pasar

Sebelum menjual produk secara online, sesuaikan dengan target pasar atau konsumen yang akan mengonsumsi produk tersebut. Kemudian melihat apakah produk kita sedang trending dikalangan masyarakat atau tidak. Kamu bisa mengecek melalui Google Trends untuk membantu menentukan produk yang mau dipasarkan.

2. Mengadakan Giveaway

Agar produk kita laku keras, maka diperlukan untuk membangun antusias dan ekspetasi dari calon pembeli terhadap produk dengan mengadakan giveaway. Pastikan jenis giveaway yang dipilih mempunyai aturan sistematis dan mudah diikuti oleh calon pembeli.

3. Gunakan Promosi yang Unik

Promosi yang unik akan memberikan rasa penasaran sehingga menarik calon pembeli, kamu bisa melakukan beberapa penawaran unik di hari khusus dengan syarat tertentu. Memberikan promo ulang tahun atau diskon di hari penting seperti tanggal kembar bisa kamu terapkan dalam memasarkan produk.

Selalu konsisten dalam menerapkan tips memasarkan produk, karena sebaik apa pun strategi dan cara yang kita gunakan jika tidak konsisten maka keuntungan yang didapat akan menjadi sulit dan tidak maksimal. Maka dari itu selalu berusaha dan jangan menyerah untuk menjadi pengusaha yang sukses.

Simak juga sejumlah informasi lainnya yang tak kalah menarik, tepat berikut ini.

Baca juga:





Itulah beberapa tips memasarkan produk secara online yang bisa kamu terapkan. Untuk mendapatkan pemasaran produk yang efektif kamu bisa mengkombinasikan sejumlah tips di atas. Kemudian kamu harus bisa menjaga hubungan dengan konsumen, sehingga mereka menjadi pelanggan setia yang selalu memakai produk kamu. 

Penulis: Putri Geo
Related Posts