taupasar.com

we read, we create and we share it.

10 Cara Sukses Bisnis Digital Ini Patut Anda Jadikan Pegangan

10 Cara Sukses Bisnis Digital Ini Patut Anda Jadikan Pegangan

Menjadi pengusaha yang sukses haruslah pandai dalam menganalisa peluang bisnis yang ada di tengah-tengah masyarakat. 
Cara Sukses Bisnis
Peluang bisnis di era milenial ini sangatlah luas dan terus berkembang. Selain itu banyak juga pesaing bisnis yang terus bermunculan setiap harinya. Seorang pengusaha harus mampu menghadapi kompetitor bisnisnya agar tetap bertahan ditengah-tengah persaingan bisnis yang terus meningkat.

Hambatan dan ancaman dalam bisnis selain kompetitor adalah perkembangan zaman yang terus berubah. Di era digital ini, banyak bisnis yang sukses karena mengikuti perkembangan teknologi yang terus berkembang. Di era digital seorang pebisnis perlu mempelajari seputar cara agar sukses bisnis digital. Berikut ini cara sukses bisnis digital yang wajib kamu pelajari.

Cara Sukses Bisnis Digital


1. Menganalisa Peluang Bisnis Digital

Sebelum memulai berbisnis yang perlu kamu lakukan adalah dengan menganalisa berbagai peluang bisnis di tengah-tengah masyarakat digital. Mencaritahu apa yang dibutuhkan, disukai, dan sedang trend di tengah-tengah masyarakat di era digital. Dengan kamu menganalisa kebutuhan masyarakat terlebih dahulu, kamu akan dengan mudah menemukan macam-macam bisnis digital untuk bisa kamu jual.

Jika kamu sudah mendapatkan ide bisnis, penting juga untuk menganalisa peluang bisnis tersebut apakah menjanjikan ataukah tidak, apakah dapat bertahan di semua kondisi ataukah tidak. Menganalisa produk bisa dengan melakukan survey atau diskusi dengan orang terdekat seperti orangtua, suami/istri, anak, teman dan lainnya.

2. Menganalisa Kemampuan Sendiri

Setiap pengusaha memiliki kemampuan dan motivasi yang berbeda dalam menjalankan bisnisnya. Maka satu hal yang harus kamu lakukan sebelum memulai bisnis digital adalah menganalisis kemampuan dan motivasi untuk menjalankan bisnis. 

Terkadang ketika menjalankan bisnis akan menemukan sesuatu yang membuat kamu menyerah untuk menjalankannya. Maka untuk menjaga agar semangat menjalankan bisnis digital terus ada adalah dengan cara menemukan kemampuan diri dan motivasi dalam menjalankan bisnis.

3. Menetapkan Tujuan Berbisnis Digital

Menjalankan sesuatu yang pertama kali dipertanyakan adalah tujuan. Misalnya ketika kamu hendak pergi keluar rumah, yang harus dipersiapkan adalah tempat tujuannya. Begitupun dalam memulai usaha sangat penting sekali untuk menentukan tujuan kamu menjalankan bisnis.

Beberapa pengusaha menetapkan tidak hanya satu tujuan dalam menjalankan bisnisnya, selain untuk mendapatkan penghasilan mereka juga memiliki tujuan untuk membantu mengurangi tingkat pengangguran setiap tahunnya, atau untuk membantu masyarakat sekitar agar mudah mendapatkan pekerjaan.

4. Meningkatkan Literasi Digital

Literasi digital adalah kemampuan seseorang mengenai teknologi digital saat ini yang terus berkembang pesat. Contoh literasi digital ini salah satunya adalah menguasai berbagai fungsi beberapa media dan fitur-fitur yang ditawarkan olehnya. 

Sebagai pebisnis di era digital wajib sekali untuk belajar mengenai jenis dan fungsi-fungsi berbagai media juga fitur-fitur yang tersedia di setiap media tersebut. Misalnya media sosial Instagram. Instagram memiliki beberapa fitur yang berbeda dengan Twitter dan Facebook. Maka ketiga media sosial ini sangat berbeda untuk melakukan promosi produknya. 

Di Instagram, ada fitur reels di sana kamu bisa membagikan video promosi yang akan ditonton oleh banyak orang. Berbeda dengan Twitter, di Twitter kebanyakan orang lebih memilih untuk komunikasi dua arah seperti bercerita, meminta pendapat dan lainnya mengenai produk yang kamu jual. 

Begitupun dengan Facebook yang memiliki fitur grup yang membuat kamu bisa terhubung dengan berbagai komunitas di seluruh dunia. 

5. Mengatur Strategi Bisnis Digital Untuk Menghadapi Peluang dan Ancaman Bisnis Digital

Menjalankan bisnis di era digital haruslah mengatur strategi bisnis yang tepat agar terus berkembang. Banyak strategi yang harus kamu atur, misalnya mengenai pengelolaan karyawan dan gajinya, mengatur strategi pemasaran, hingga mengatur strategi keuangan perusahaan dalam melakukan setiap kegiatan transaksi.

Peluang dan ancaman akan selalu hadir dalam lika-liku berbisnis digital, dengan mengatur strategi bisnis digital di awal kamu bisa menghadapinya dengan tenang. Mengatur startegi bisnis digital adalah salah satu cara sukses bisnis digital.

6. Menerima Kritik dan Saran yang Diberikan Pelanggan

Seorang pengusaha harus bisa sabar menghadapi semua kritik dan saran yang diberikan pelanggan. Kritik dan saran ini nantinya akan membuat usaha kamu akan berkembang dengan pesat. Dalam berbisnis kepuasan pelanggan adalah hal yang sangat penting. 

Ada banyak pembeli yang akhirnya tidak mau lagi berlangganan suatu produk, hal ini dikarenakan bisnis tersebut tidak mau mendengar kritik dan saran yang diberikan pelanggan. Sehingga pelanggan kurang puas dengan produk yang dihasilkannya.

7. Mengoptimalkan Teknologi dengan Sebaik Mungkin

Di era digital ini ada begitu banyak sekali media sosial. Media sosial ini bisa digunakan untuk melakukan promosi dengan mudah dan gratis. Ada banyak aplikasi tambahan yang bisa membantu kamu dalam melakukan promosi di media sosial, misalnya aplikasi editing foto, editing video, editing suara dan lain sebagainya yang bisa kamu gunakan dengan optimal.
 
Selaian itu pengguna media sosial saat ini tidak hanya usia dewasa, melainkan anak-anak dan remaja pun sudah pandai dalam bermain media sosial. Berbagai profesi bisa dengan mudah mengakses atau meretas media sosial yang kamu miliki. Berhati-hatilah dan pergunakan media sosial dengan sebaik mungkin.

8. Meninkatkan Kreativitas Bisnis Digital

kreativitas di era digital ini sangatlah penting. Orang-orang akan melihat dan menilai hasil foto dan video kamu yang diposting di media sosial. Maka itu penting sekali untuk meningkatkan kreativitas dalam membuat konten di media sosial agar followers terus meningkat.

Kreativitas bisa didapatkan dari mana saja. Kamu bisa mendapatkannya dari postingan orang lain, dari sesuatu yang sedang viral atau dari lainnya. Misalnya saat ini sedang viral salah satu cuplikan dari film Layangan Putus, yang berupa perkataan “Its My dream, not her”. Kamu bisa memanfaatkan hal yang sedang viral ini untuk dijadikan konten bisnis di akun bisnis kamu.

9. Mempertahankan Kualitas Bisnis Digital

Kualitas produk haruslah dijaga agar pembeli tetap mempercayai kebutuhannya terhadap produk yang kamu jual. Dengan begitu kamu memiliki pelanggan setia dan minimalnya tingkat penjualan tetap stabil setiap bulannya.

Satu kali saja pelanggan melihat bahwa produk kamu bermasalah, pelayanan kamu tidak baik. Maka siap-siap saja kamu akan kehilangan satu pelanggan setia dari bisnis kamu, atau bahkan lebih. Karena bisa saja mereka akan menceritakan pengalamannya kepada kerabat dan temannya, sehingga merekapun enggan menggunakan produk kamu lagi. 

10. Jangan Pantang Menyerah Berbisnis Digital

Semua bisnis membutuhkan kerja keras untuk mencapai kesuksesan, begitupun dengan bisnis digital. Tidak bisa kita baru satu hari memulai, besoknya bisa menghasilkan profit jutaan. Dalam berbisnis juga ada hambatan dan ancaman dalam menjalankannya. Semuanya membutuhkan tenaga dan pikiran untuk menghadapinya. 

Jangan pernah menyerah untuk mencapai kesuksesan melalui bisnis digital. Tidak ada pengusaha yang sukses dengan instan, pengusaha yang sukses pasti akan mengalami kegagalan, kritik dan saran pelanggan, dan hal lainnya yang membuatnya kadang ingin menyerah. 

Namun karena mereka tetap bertahan dan terus meningkatkan kemampuannya dan kualitas bisnisnya akhirnya mereka mencapai kesuksesan yang mereka inginkan.

Untuk bisa melengkapi informasi kamu, simaklah sejumlah artikel pilihan berikut ini.

Baca juga:





Di era digital ini kamu harus melakukan 10 cara sukses bisnis digital di atas. Meskipun 10 cara di atas belum tentu membuat bisnis digital kamu sukses. Setidaknya kamu bisa mempelajarinya di setiap jenis bisnis yang kamu jalankan, sehingga mampu menemukan formulanya sendiri untuk mencapai kesuksesan. 
Related Posts