taupasar.com

we read, we create and we share it.

10 Ide Bisnis di Bidang Teknologi Informasi yang Potensial Sepanjang Masa

10 Ide Bisnis di Bidang Teknologi Informasi yang Potensial Sepanjang Masa


Ide bisnis di bidang teknologi semakin mencuat seiring perkembangan zaman yang semakin modern. Di era modernisasi ini, banyak lapangan pekerjaan yang cenderung baru dan sedang menjadi tren, karena sesuai dengan karakteristik generasi masa kini.
ide bisnis
Generasi milenial memang tidak asing akan pemanfaatan berbagai jenis teknologi baru, yang bisa dipakai dalam setiap kegiatannya. Baik untuk kegiatan sehari-hari yang sifatnya informal, maupun untuk mendukung kebutuhan pekerjaan yang sifatnya formal. Semua bisa dilakukan dengan adanya dukungan media mutakhir tersebut.

Contoh Tren dan Ide Bisnis di Bidang Teknologi Informasi


1. Bisnis Startup IT

Ide bisnis startup kini berkembang di berbagai belahan negara. Jika kamu ingin merintis usaha dalam bidang teknologi, maka dapat mencari ide startup produk IT. Sebagai contoh yang sudah berkembang baik, yaitu Facebook.

Mark Zuckerberg berhasil merintis startup media sosial tersebut menjadi media mainstream yang banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia, meskipun pada awalnya berangkat dari startup IT kecil.

Pengembangan bisnis startup biasanya dilakukan dengan tim dan terdapat pemanfaatan sumber daya yang berpengalaman. Ketika Anda berminat merintis sebuah bisnis ini, maka cukup yakinkan dan buat ide tersebut lebih matang.

Dalam mengembangkan startup IT biasanya harus ada yang paham tentang pemrograman, konten marketing, desain grafis, SEO, dan lainnya. Namun Anda juga bisa memanfaatkan SDM lain yang handal dalam bidangnya.

2. Web Development

Berikutnya penguasaan teknologi web development sangat tepat untuk menjawab kebutuhan ide bisnis di bidang teknologi. Artinya ketika Anda memiliki skill dan pemahaman seputarnya, maka tidak akan sulit untuk mendirikan sebuah bisnis sesuai dengan tren kemajuan teknologi.

Bisnis dalam bidang web development akan membuat Anda lebih banyak berkutik dalam pengelolaan website. Apalagi kini kepemilikan website sudah menjadi hal umum dan wajib bagi perusahaan, karena dapat difungsikan sebagai media promosi, meningkatkan kredibilitas perusahaan, media komunikasi dengan publik atau customer, hingga memperkenalkan profil.

Kini tak jarang pihak yang akan membutuhkan jasa web developer profesional, baik yang bergerak secara individu, kelas bisnis, atau korporat. Semua ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu meningkatkan kredibilitas website mereka.

3. Jasa Desainer Grafis

Ketika Anda mahir dalam seni desain dan teknologi, maka membuka bisnis jasa desain grafis adalah pilihan yang tepat. Bahkan bisnis desain ini memiliki peluang dan potensi yang besar, baik untuk saat ini maupun di masa mendatang. Alasannya, karena kini banyak perusahaan yang memerlukan produk desain grafis untuk memaksimalkan citra bisnis mereka.

Apresiasi untuk jasa desain grafis pun kini dinilai menjanjikan, apalagi ketika skill jasa serta produk desain yang dihasilkan sesuai dengan permintaan klien. Profesi sebagai desainer grafis pun kini cukup mudah dicari karena banyak yang membutuhkan. Anda dapat bergabung dengan perusahaan yang membutuhkan posisi terkait, ataupun membuka jasa sendiri.

4. Jasa Konsultan SEO (Search Engine Optimization)

Membuka bisnis yang bergerak dalam bidang konsultan SEO juga termasuk dalam ide bisnis di bidang teknologi yang dapat Anda coba. Hampir setiap blogger atau pemilik website, menginginkan situsnya mengalami traffic atau kenaikan dengan berada di halaman pertama pencarian Google.

Akan tetapi tidak semua orang mengerti tata cara untuk menaikkan peringkat website dengan tepat.  Oleh karenanya, mereka banyak membutuhkan jasa konsultan SEO berpengalaman dan memiliki pengetahuan baik seputarnya.

Kini konsultan SEO memiliki penghasilan yang menjanjikan, seiring dengan maraknya kebutuhan dalam bidang tersebut. Tak jarang suatu perusahaan pemilik website yang berani membayar mahal apabila hasil yang dilakukan jasa tersebut memang luar biasa. Misalnya website klien menjadi unggul diantara kompetitornya.

5. Menjadi Blogger

Jika Anda memiliki hobi menulis, menjadi blogger dapat dapat dicoba. Berawal dari hobi semata, kemampuan menulis yang baik, seperti membuat konten artikel SEO friendly dapat membawa Anda pada keuntungan yang tinggi.

Dengan proses rintisan website sebaik mungkin serta mendaftarkan situs pada adsense, maka Anda bisa memperoleh penghasilan darinya. Tergantung dari user yang mengklik iklan, serta membuka web atau konten Anda.

6. Jasa Content Writer dan Content Creator

Ide bisnis di bidang teknologi selanjutnya adalah menjadi penyedia di bidang jasa content writer atau content creator. Jika Anda memilih bisnis ini, maka Anda bergerak dalam bidang kreatif dan teknologi. Kedua bidang ini apabila dikuasai maka akan membawa pengaruh yang menjanjikan.

Content writer adalah jasa yang menawarkan konten tulisan yang Anda buat berdasarkan kaidah-kaidah tertentu serta aturan yang diinginkan. Sedangkan sebagai content creator, Anda bertanggung jawab dengan segala hal mengenai penyiapan hingga produksi konten menarik untuk ditempatkan di sebuah platform yang dipakai. Misalnya konten YouTube, TikTok, hingga IG.

7. Aplikasi Seluler

Sebagai programmer handal, Anda juga bisa bergerak dalam proyek pembuatan aplikasi seluler yang mana kini tengah menjamur. Selain pembuatan aplikasi baru, berbagai pengembangannya pun kini banyak dilakukan. Seiring dengan mainstream-nya penggunaan smartphone, tidak heran ada berbagai jenis aplikasi yang dikembangkan.

Melakukan pembuatan aplikasi atau pengembangannya tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, setidaknya ia memiliki pengalaman seputar bidang IT. Sesuai dengan minat pasarnya yang besar, berbagai aplikasi diluncurkan dengan jenis dan fungsi tersendiri. Salah satunya yang tidak pernah padam adalah aplikasi game mobile.

8. Software

Mirip dengan aplikasi gawai, pengembangan software lebih diperuntukkan perangkat komputer atau PC. Pembuatan perangkat lunak biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki skill coding. Jika Anda mempunyai keterampilan tersebut, maka Anda dapat bergabung dengan perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan perangkat lunak.

Ide bisnis di bidang teknologi ini sangat menjanjikan, karena tingkat keterampilan programmer software yang dibutuhkan memang tinggi. Anda dapat mempersiapkan diri dan memoles kemampuan dalam bidang ini, agar di masa mendatang dapat bergabung menjadi tim pengembangan software.

9. Konsultan Media Sosial

Media sosial yang kita tahu, saat ini memiliki fungsi yang lebih luas lagi. Jika dulu lebih sering digunakan untuk berkomunikasi ringan, kini media sosial dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan bisnis yang menguntungkan.

Media sosial saat ini banyak digunakan untuk media promosi atau iklan sebuah bisnis. Tentu penggunaannya tidak sembarang dan ada strategi-strategi tertentu yang harus dilalui. Sehingga kini banyak yang membutuhkan jasa konsultan media sosial.

10. IT Solution

Usaha yang bergerak dalam bidang IT solution pun terbilang sangat menjanjikan. Anda dapat berbisnis dengan menyediakan segala kebutuhan, kelengkapan, atau layanan bidang IT. Misalnya menyediakan perangkat keamanan seperti alarm hingga CCTV.

Atau penjualan perangkat lunak dengan berbagai jenis. Bahkan tidak hanya produknya saja, jasa yang mengerti mengenai IT pun pasti dibutuhkan.

Anda juga bisa mendapatkan sejumlah tambahan informasi lainnya pada sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:





Dari pembahasan tersebut, Anda kini mengetahui bahwa ada begitu banyak ide bisnis di bidang teknologi informasi yang patut dicoba. Dari 10 ide di atas, Anda dapat memilih yang sesuai dengan keterampilan masing-masing.
Related Posts