taupasar.com

we read, we create and we share it.

11 Ide Bisnis di Bidang Pertanian Ini Bisa Datangkan Pemasukan yang Menjanjikan

11 Ide Bisnis di Bidang Pertanian Ini Bisa Datangkan Pemasukan yang Menjanjikan


Kebutuhan masyarakat akan hasil pertanian setiap harinya semakin meningkat, hal ini bisa dijadikan peluang usaha untuk kamu yang suka bercocok tanam. Tidak semua bisnis harus dimulai dengan modal yang besar, beberapa ide bisnis dibidang pertanian bisa kamu mulai dengan modal yang relatif kecil.
ide bisnis
Ide bisnis pertanian mengikuti perkembangan zaman yang terus berubah agar tetap bertahan. Saat ini kamu bisa menjalankan bisnis dibidang pertanian hanya dari rumah saja tanpa perlu memiliki tanah yang berhektar-hektar. Buat kamu yang mau memulai usaha dibidang pertanian berikut di bawah ini 11 ide bisnis dibidang pertanian.

Ide Bisnis Dibidang Pertanian

1. Bisnis di Bidang Tanaman Hidroponik

Bercocok tanam kini bisa dilakukan dengan cara hidroponik. Hasil tanaman hidroponik pun cukup bagus dan semakin dicari oleh banyak orang, sehingga ide bisnis dibidang pertanian yang satu ini dibilang cukup menjanjikan. 

Ide bisnis hidroponik tidak membutuhkan modal yang besar, dan kamu bisa menjalankannya hanya dari rumah saja tanpa menyewa tanah yang luas. Peluang bisnis ini semakin populer semenjak pandemi Covid-19. Orang-orang untuk menjaga imunitas dan kesehatannya akhirnya memilih tanaman hidroponik untuk dikonsumsi setiap harinya. 

Harga tanaman hasil hidroponik  cukup mahal namun melihat pasarnya yang luas kamu tidak perlu khawatir akan tidak lakunya produk dan persaingan bisnis.

2. Menjual Padi

Nasi adalah makanan utama bagi masyarkat Indonesia, maka tidak heran jika kebutuhan pasar terhadap padi cukup besar. Hal ini bisa dijadikan peluang bisnis yang sangat menguntungkan. 

Bisnis padi saat ini tidak harus memulainya dengan menanam sendiri, kamu bisa membelinya dari petani yang ada di desa untuk kemudian dijual ke kota tempat kamu tinggal. Cara ini lebih praktis dan dapat membantu para petani agar cepat laku hasil panennya.

3. Menjual Tanaman Hias

Kamu yang suka koleksi tanaman hias bisa dijadikan ide bisnis yang sangat menjanjikan. Kamu bisa memanfaatkan hobi kamu untuk mendapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah per bulan. Ide bisnis tanaman hias semakin hari semakin meningkat, ditambah dengan adanya pandemi yang membuat orang-orang akhirnya mencari kesibukan baru dari rumah.

Harga tanaman hias sangat beragam bahkan ada yang bisa dijual hingga jutaan rupiah, contohnya tanaman hias janda bolong yang tahun 2020 lalu viral dan banyak dicari. Tanaman janda bolong tahun 2020 berada dikisaran 500ribu hingga puluhan juta rupiah. Bisnis ini terbilang menguntungkan, kamu bisa memulainya dengan mengoleksi beberapa bunga saja.

4. Menjual Bibit Tanaman

Ada banyak tanaman yang bibitnya dicari oleh banyak orang, kamu bisa menjadikan ini peluang usaha dibidang pertanian. Contohnya bibit kangkung dan bayam yang sayurannya banyak diborong oleh ibu-ibu. 

Pilihlah bibit tanaman yang berkualitas, agar  pembeli memiliki kepercayaan dan kembali membeli bibit yang kamu jual. 

5. Menjual Olahan Hasil dari Tanaman

Di dunia ini ada banyak tanaman yang bisa diolah menjadi beragam makanan yang lezat dan banyak dicari oleh orang-orang. Misalnya buah-buahan kamu bisa mengolahnya menjadi jus buah, sop buah, keripik buah, dan lainnya. 

Selain buah-buahan kamu bisa menjual tepung dari beras, gandum dan jagung. Sayuran sendiri ada banyak jenis makanan yang dihasilkan dari sayuran misalnya tauco, makanan vegetarian, gado-gado dan lainnya. Ide usaha menjual olahan hasil tanaman juga bisa berupa minyak kelapa yang pasarnya cukup luas dan sangat menguntungkan. 

6. Menjual Alat Pertanian

Kamu yang tidak bisa bercocok tanam namun mau membuka bisnis dibidang pertanian. Kamu bisa memilih ide bisnis menjual alat pertanian. Ide bisnis ini sangat cocok untuk kamu yang tinggal di daerah lahan pertaniannya yang luas. 

7. Menjual Tanaman Obat dan Rempah-rempah

Obat dan rempah-rempah banyak sekali yang merupakan hasil dari tanaman, misalnya sambiloto. Tanaman obat ini banyak dicari orang-orang, karena dipercaya mengobati banyak penyakit. Selain tanaman obat, kamu bisa menjual rempah-rempah yang jelas dibutuhkan oleh semua orang. 

Ide bisnis jual tanaman obat dan rempah-rempah bisa dijalankan dengan modal yang relatif kecil dan melihat pasarnya luas bisnis tanaman obat dan rempah-rempah akan menghasilkan omzet dan profit yang sangat menjanjikan. Yuk segera ambil kesempatan ini.

8. Menjadi Penulis Dibidang Pertanian

Saat ini ada banyak orang membutuhkan informasi seputar pertanian, dari mulai mengelola tanaman yang benar hingga cara berbisnis dibidang pertanian. Kamu yang biasa nulis, bisa mengambil peluang bisnis menjadi penulis dibidang pertanian.

Tulislah artikel atau buku mengenai pertanian, setelah selesai kamu bisa menjualnya ke website atau penerbit yang berhubungan dengan pertanian. Jika tulisanmu terbit dan banyak yang membeli kamu akan menikmati hasil dari tulisan kamu.

9. Budidaya Rumput Laut 

Kamu yang tinggal di daerah pantai dan ingin membuka usaha dibidang pertanian namun bingung ide bisnisnya, kamu bisa membuka bisnis rumput laut. Bisnis budidaya rumput laut terbilang menjanjikan, melihat banyak sekali yang dapat diolah dari rumput laut.

Rumput laut biasa dijadikan agar-agar, keripik nori, bahan campuran untuk es batu dan juga sebagai bahan tambahan untuk pembuatan kosmetik. Dilihat dari kegunaannya ide bisnis rumput laut ini cukup menjanjikan. Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan yang besar ini.

10. Budidaya Jamur

Jamur memiliki banyak jenisnya, ada jamur yang beracun ada juga jamur yang bisa diolah menjadi makanan seperti tumis jamur, keripik jamur dan lainnya. Jamur adalah sayuran yang banyak diminati oleh orang-orang. Peluang bisnis budidaya jamur semakin besar, bisnis ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin memulai usaha dengan mudah dan modal yang relatif kecil.

11. Ekspor Hasil Panen

Hasil panen dari tanaman yang kamu kelola, selain bisa dijual di Indonesia, kamu bisa menjualnya keluar negeri dengan cara ekspor barang jualan kamu ke negara yang membutuhkan. Pastikan kamu menjalin kerja sama dengan perusahaan di negara tersebut. 

Kamu juga bisa mendapatkan sejumlah tambahan informasi lainnya pada beberapa artikel berikut ini:

Baca juga:





11 ide bisnis dibidang pertanian di atas bisa kamu pilih sesuai dengan modal dan kebutuhan kamu. Semoga bisnis kamu dibidang pertanian sukses ya.
Related Posts