taupasar.com

we read, we create and we share it.

5 Ide Bisnis di Bidang Perikanan Ini Bisa Jadi Pemasukan yang Menguntungkan

5 Ide Bisnis di Bidang Perikanan Ini Bisa Jadi Pemasukan yang Menguntungkan


Peluang bisnis dibidang perikanan terbilang cukup menjanjikan di Indonesia, hal ini dipengaruhi oleh Indonesia yang merupakan negara maritim terbesar. 
ide bisnis
Indonesia negara yang memiliki potensi nomor satu penghasil komoditas kelautan. Dengan demikian, membuka mata untuk melihat kesempatan bisnis dibidang perikanan bisa mendatangkan keuntungan yang cukup menjanjikan. 

Buat kamu yang mau mengambil peluang bisnis dibidang perikanan, berikut 5 ide bisnis dibidang perikanan.

Ide Bisnis di Bidang Perikanan 

1. Budidaya Ikan Nila

Ikan nila adalah ikan yang bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan. Ikan nila bisa diolah menjadi ikan nila bakar, goreng, atau bisa juga ditambahi dengan bumbu asam manis. Peluang usaha budidaya ikan nila cukup menjanjikan. Banyak orang mencari santapan ikan nila sebagai lauk atau pelengkap santapan mereka. 

Cara budidaya ikan nila pun cukup mudah dan murah. Kamu bisa memulai usaha ikan nila dengan memilih lokasi yang cocok untuk membudidayakannya. Modal untuk membeli bibit, penebaran bibit, pemeliharaan, panen hingga menjual hanya membutuhkan sekitar 7 juta rupiah saja. Pengelolaan dan promosi yang tepat usaha budidaya ikan nila dalam waktu kurang dari 6 bulan bisa balik modal.

Usaha dibidang budidaya ikan nila meskipun memiliki banyak pesaing, namun kebutuhan pasar terhadap ikan ini cukup besar. Sehingga kamu tidak perlu khawatir terhadap perkembangan usaha yang dijalani. Yuk segera mulai usaha budidaya ikan nila, semoga bisa menjadi ladang untuk menghasilkan pendapatan hingga puluhan juta rupiah per bulan.

Untuk kamu yang berminat menjalankan ide usaha ikan nila, simak analisa usaha ikan nila 1000 ekor yang telah merangkum informasi penting dan tentunya bisa membantu kamu membudidayakannya.

2. Budidaya Ikan Gurame

Selain dengan ikan nila ide bisnis dibidang budidaya ikan juga bisa dengan ikan gurame. Sama dengan ikan nila, gurame juga merupakan ikan yang bisa diolah sebagai makanan yang lezat. Ikan gurame bisa digoreng, bakar, asam manis, rica-rica, hingga dengan saus mentega. 

Cara budidaya ikan gurame pun cukup mudah dan modalnya relatif kecil, sedangkan harga jual ikan gurame cukup tinggi sehingga kamu tidak perlu khawatir akan tekor ketika membuka usaha ikan gurame.

Ada banyak jenis ikan olahan yang bisa dijadikan ide bisnis dibidang perikanan. 

Selain ikan gurame dan ikan nila kamu juga bisa menggunakan ikan gabus dan ikan bandeng. Empat jenis ikan yang pasarnya sangat luas ini bisa kamu pilih salah satunya atau bisa membudidayakan semuanya. Pastinya setiap jenis ikan memilliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing untuk dijadikan ide usaha.

3. Budidaya Ikan Hias

Orang-orang biasanya akan membeli barang-barang sebagai hiasan dirumahnya, atau hanya sebagai pajangan. Salah satu yang dijadikan hiasan dirumah adalah akuarium yang biasa diisi dengan ikan hias. Semenjak pandemi Covid-19 permintaan ikan hias semakin meningkat.

Meningkatnya permintaan ikan hias menjadi usaha ikan hias semakin diminati banyak orang, dan menghasilkan omzet hingga jutaan rupiah per bulan. 

Kamu bisa mengambil peluang usaha budidaya ikan hias ini untuk menambah penghasilan, dari modal hingga pasar budidaya ikan hias cukup menjanjikan dan mudah untuk dijalankan. Kamu hanya perlu merawat dan memperhatikan makanan ikan agar terus terawat hingga ada konsumen yang berminat.

Jika ingin membuat jenis ikan baru, kamu bisa mengawinkan ikan hias yang tersedia hingga muncul jenis warna ikan hias yang baru.

Ikan hias yang sering dicari konsumen diantaranya ikan cupang, koi, arwana, diskus, manfish, dan ikan hias lainnya. Kamu bisa membudidayakan semua jenis ikan hias tersebut sebagai pilihan kepada konsumen, atau kamu bisa mengawinkan semua jenis ikan tersebut. 

Kamu bisa mempromosikan usaha budidaya ikan hias di marketplace atau media sosial, untuk proses pengelolaan hingga pengiriman pastikan kamu sudah menyiapkan alat-alat penunjangnya, seperti pompa air, filter, jaring, dan lainnya. 

Ketika promosi di media sosial atau marketplace sertakan informasi mengenai jenis ikan, warna, sejarah, harga dan cara pengelolaannya. Buatlah postingan disertai dengan foto dan caption yang menarik calon pembeli. 

4. Kudapan Ikan

Ada banyak jenis ikan di dunia ini yang bisa dijadikan peluang usaha, selain membudidayakan ikan olahan dan ikan hias kamu juga bisa membuat kudapan dengan berbahan ikan untuk dijadikan bisnis ikan.  Misalnya ikan tuna yang dibungkus dengan kulit pangsit. 

Di Pacitan pangsit ikan tuna biasa dijadikan sebagai oleh-oleh, kamu bisa memanfaatkan ide usaha dari kudapan berbahan ikan. 

Banyak ide usaha kudapan ikan yang bisa kamu jalankan, dari ikan tuna saja kamu sudah bisa membuat dua jenis kudapan, selain pangsit tuna kamu bisa menjual tahu tuna. Resep membuatnya bisa kamu cari di google, ada banyak website yang memberikan resep dan cara membuat kudapan dengan berbahan ikan.

5. Abon Bahan Ikan

Kamu mungkin sudah biasa dengan abon sapi dan abon ayam, namun abon dari bahan ikan masih sedikit yang tahu dan belum banyak yang merasakannya. Padahal abon dari bahan ikan juga enak dan memiliki banyak peminatnya. Peluang usaha dari bahan ikan ini sangat luas, dan sangat menjanjikan.

Membuat abon dari bahan ikan bisa dari ikan segar juga dari tulang ikan, sehingga kamu bisa menjual varian abon ikan segar dengan abon tulang ikan yang dapat menarik calon pembeli untuk memilih jualan kamu. 

Cara membuat abon dari bahan ikan pun cukup mudah. Pertama kamu harus mengukus ikan segar atau tulang ikannya terlebih dahulu dengan menggunakan panci presto, pastikan bahan ikannya hingga lunak. Setelah bahannya lunak tinggal campurkan dengan bumbu lalu dihaluskan. Setelah tercampur rata selanjutnya disangrai hingga menjadi abon ikan segar atau abon tulang ikan. 

Promosi abon sangat mudah, di zaman serba digital bisa memanfaatkan media sosial dan marketplace untuk mempromosikan bisnis abon dari bahan ikan. Silakan dicoba! Semoga sukses meraup keuntungan hingga ratusan juta rupiah.

Untuk bisa melengkapi informasi kamu terkait sejumlah pilihan ide bisnis di atas, simaklah tambahan beberapa informasi pada artikel berikut ini.

Baca juga:





Ide bisnis dibidang perikanan di atas bisa kamu pilih sesuai dengan modal dan kemampuan kamu, atau kamu bisa memilih semua ide usaha ikan di atas, semoga usaha kamu bisa sukses ya.
Related Posts