taupasar.com

we read, we create and we share it.

Tahap Dan Modal Usaha/Rincian Biaya Budidaya Ikan Cupang Untuk Pemula

Tahap Dan Modal Usaha/Rincian Biaya Usaha Budidaya Ikan Cupang Untuk Pemula

Penjabaran tentang modal usaha/rincian biaya usaha budidaya ikan cupang berikut ini akan sangat bermanfaat. Terutama bagi Anda yang berencana atau sedang belajar untuk ternak ikan cupang. Belakangan, keberadaan ikan cupang kembali naik daun. 

rincian modal budidaya ikan cupang

Tak hanya disukai anak-anak, ikan hias dengan ukuran kecil ini juga digemari oleh orang tua. Selain beragam warna yang terdapat pada tubuh ikan, daya tarik cupang juga berada pada ekor dan siripnya. Jika kedua bagian tersebut dapat mengembang sempurna, maka ikan cupang bisa dikatakan berkualitas.

Tahapan Budidaya Ikan Cupang

Perlu diketahui, bahwa ikan cupang adalah salah satu jenis ikan yang cukup sensitif terhadap kadar keasaman air. Oleh karena itu, penting untuk membekali diri dengan pengetahuan tentang budidaya, terutama modal usaha/rincian biaya usaha budidaya ikan cupang. Berikut beberapa tahapan yang bisa kamu terapkan untuk mulai berbisnis ikan cupang:

1. Pemilihan Indukan

Indukan memiliki peran yang sangat penting dalam budidaya cupang. Oleh karena itu, modal usaha/rincian biaya usaha budidaya ikan cupang untuk indukan terbilang besar. Hal ini bertujuan untuk memastikan, bahwa indukan yang dibeli benar-benar berkualitas tinggi.

Jika ingin menghemat biaya, maka belilah cupang yang masih bahan, karena harganya terbilang masih terjangkau. Namun, butuh waktu dan perawatan untuk mengeluarkan warna, serta mempersiapkan keduanya sampai ke masa perkawinan atau gonad. 

Jika modal usaha/rincian biaya usaha budidaya ikan cupang yang disiapkan mencukupi, maka membeli indukan yang sudah siap jauh lebih baik. Dengan begitu, kamu tidak perlu takut dengan kualitas anakan yang akan dihasilkan. Berikut beberapa tips untuk memilih indukan yang sehat dan berkualitas:

a. Cupang Jantan

Harga indukan jantan terbilang lebih murah daripada cupang betina. Meski demikian, kualitas pejantan pun tetap harus diperhatikan, agar anakannya nanti punya nilai jual tinggi. Untuk mendapat indukan jantan yang bagus, ada beberapa trik yang bisa kamu terapkan, seperti:

• Pilihlah cupang yang sudah berumur antara 4-8 bulan.

• Postur tubuhnya memanjang.

• Warna tubuh terang, menarik, dan siripnya berbentuk panjang.

• Memiliki gerakan yang lincah dan agresif.

b. Cupang Betina

Indukan yang berkualitas bisa menghasilkan telur dalam jumlah banyak dan sehat. Oleh karena itu, jangan sayang uang untuk mencari indukan yang benar-benar bisa diandalkan. Untuk mendapat indukan betina yang bagus, ada beberapa trik yang bisa kamu terapkan, seperti:

• Pilihlah cupang yang sudah berumur antara 3-4 bulan.

• Postur tubuhnya membulat, sementara bagian perut agak buncit.

• Warna tubuh kusam, tidak menarik, dan siripnya pendek.

• Memiliki gerakan yang lambat.

Sementara untuk modal usaha/rincian biaya usaha budidaya ikan cupang indukan yang perlu disiapkan cukup bervariasi. Untuk cupang jantan, berkisar antara 50-100ribuan untuk kualitas standard. Sementara untuk cupang betina, berkisar antara 100-300ribuan untuk kualitas yang sama. 

2. Pemijahan

Pemijahan adalah sebutan untuk proses pengawinan cupang jantan dan betina. Dalam proses ini, induk betina akan mengeluarkan telur, sementara induk jantan mengeluarkan sperma. Di dalam dunia percupangan, pemijahan ini juga biasa dikenal dengan istilah breeding. 

Jika kamu masih pemula, maka cukup sediakan dua pasang indukan terlebih dahulu. Selain untuk proses latihan, hal ini juga bisa menghemat modal usaha/rincian biaya usaha budidaya ikan cupang. Jika breeding kedua pasang tersebut berjalan dengan lancar, maka indukan bisa ditambah.

Untuk melancarkan proses pemijahan, kamu perlu menyediakan wadah khusus dengan ukuran sekitar 20x20x20cm. Jika dana terbatas, kamu bisa menggunakan wadah lain yang bisa menampung ketinggian air kurang lebih15cm. Tak berbeda seperti mempelai perempuan, hiasi wadah tersebut dengan tanaman air, seperti kiambang. 

Waktu yang paling baik untuk melakukan pengawinan, yaitu sekitar jam 7-10pagi atau 4-6sore dan pastikan aman dari hilir mudik orang atau keramaian. Perlu kamu ketahui, dalam satu kali masa pemijahan cupang betina bisa menghasilkan telur hingga seribuan. Namun, harapan hidup telur cupang justru sangat kecil, paling berkisar 50an telur saja yang bisa tumbuh. 

3. Pakan dan Perawatan

Saat telur ikan sudah keluar semua, segera angkat cupang betina. Sebab, indukan betina berpotensi memakan telur yang sudah ia keluarkan. Sementara untuk menjaga dan membesarkan telur adalah tugas indukan jantan. Ia akan senantiasa memastikan telur ikan tetap berada di atas, yaitu pada gelembung yang sudah disiapkannya.

Oleh karena itu, sebelum memasukkan betina ke kolam pemijahan, pastikan sudah ada gelembung-gelembung yang mengambang di permukaan. Sebab, gelembung ini yang akan melindungi anakan ikan cupang dari kematian. Telur-telur tersebut akan menetas dalam kurun waktu 24jam. 

Selanjutnya, pemberian pakan dan perawatan adalah kunci penting dalam proses budidaya ikan cupang. Meski tergolong ikan yang mudah dipelihara, tetapi cupang tetap memerlukan perawatan khusus, agar corak warna pada tubuhnya bisa keluar. Tak hanya itu, perkembangan sirip pun perlu kamu perhatikan.

Anakan cupang atau yang biasa disebut burayak tidak membutuhkan pakan sampai usia 3 hari. Sebab, burayak masih memiliki bekal nutrisi dari telur-telurnya. Setelah itu, berikan pakan berupa kutu air secukupnya. Jangan terlalu banyak, karena pakan tersebut bisa mengotori air dan menyebabkan kematian burayak.

Begitupun saat benih cupang sudah mulai besar, kamu tidak perlu menawarkan terlalu banyak makanan. Oleh karena itu, modal usaha/rincian biaya usaha budidaya ikan cupang untuk pengadaan pakan dan obat-obatan sebenarnya tidak terlalu banyak.

Modal Usaha/Rincian Biaya Usaha Budidaya Ikan Cupang Untuk Pemula

Dari sedikit penjabaran di atas, maka bisa disimpulkan bahwa budidaya ikan cupang termasuk bisnis yang menjanjikan. Dengan modal minim, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar. Berikut perkiraan modal usaha/rincian biaya usaha budidaya ikan cupang bagi pemula berikut keuntungannya:

1. Modal Awal

a. Biaya beli indukan: Rp 600.000.

b. Biaya soltare: Rp 400.000.

c. Biaya lain-lain: Rp 100.000.

Total biaya awal: Rp 1.100.000

2. Modal Bulanan

a. Pengadaan bibit: Rp 300.000.

b. Pakan ikan: Rp 200.000.

c. Vitamin, dll: Rp 300.000.

d. Biaya listrik dan air: Rp 100.000.

e. Biaya lain-lain: Rp 100.000.

Total pengeluaran setiap bulan Rp 1.000.000.

3. Potensi Keuntungan

Bisnis atau budidaya apapun itu, asalkan dilakoni dengan serius pasti akan memberikan hasil yang maksimal, begitu juga dengan ikan cupang. Untuk mempermudah proses penghitungan, berikut kita akan membuat perkiraan keuntungan dengan membuat pemisalan.

baca juga:

1. kata kata promosi jualan ikan hias

2. analisa usaha ikan nila

3. kata kata promosi online

Contoh:

• Setiap hari kamu bisa menjual 10 ekor ikan dengan harga @Rp 10.000.

• Maka omzet yang bisa kamu peroleh per hari: 10 x Rp 10.000 = Rp 100.000.

• Omzet per bulan: Rp 100.000 x 30 hari = Rp 3.000.000

• Laba per bulan: Rp 3.000.00 – Rp 1.000.000 = Rp 2.000.000

Perlu diketahui, bahwa masa pembiakan atau pembesaran ikan cupang sampai siap jual berlangsung kurang lebih 3 bulan. Di sinilah peran adanya anggaran untuk pengadaan bibit, karena indukan betina tidak bisa dikawinkan berulang kali. Lain hal dengan indukan jantan yang siap dikawinkan lagi dalam jarak 2-3 minggu. 

Demikian sedikit gambaran mengenai modal usaha/rincian biaya budidaya ikan cupang. Untuk informasi lebih jelas, tidak ada salahnya belajar langsung dari komunitas atau farm-farm yang sudah jadi. Biasanya, mereka akan berbagi dengan suka hati, termasuk memberikan tips-tips untuk menghemat budget. 


Penulis: Narendra Devi

Related Posts