taupasar.com

we read, we create and we share it.

Punya Bisnis Ikan Lele? Ini Cara Pemasaran Ikan Lele Pemula Paling Tepat

Punya Bisnis Ikan Lele? Ini Cara Pemasaran Ikan Lele Pemula Paling Tepat


Cara pemasaran ikan lele pemula – Bisnis ikan lele bisa menjadi salah satu bisnis yang patut kamu coba. Pasalnya, merawat ikan lele lebih mudah ketimbang merawat ikan lainnya, serta banyak orang yang membutuhkan ikan lele, sehingga bisa menjadi peluang untung besar untuk kamu.
pemasaran ikan lele

Sebagai pemula, tentu kamu masih belum mengerti cara memasarkan ikan lele agar laku dan banyak yang menyukainya. Untuk itu, kamu bisa mencoba beberapa cara berikut, dijamin ampuh dan membuat bisnismu semakin besar.


5+ Cara Pemasaran Ikan Lele Pemula Dijamin Untung Besar


1. Kamu Bisa Menawarkan Ikan Lele ke Warung dan Pedagang Pecel Lele

Salah satu makanan favorit di Indonesia, khususnya pulau Jawa adalah pecel lele. Banyak sekali pedagang yang membuka warung pecel lele di pinggir-pinggir jalan, apalagi saat malam hari. Nah, hal ini bisa menjadi suatu peluang untukmu memasarkan ikan lele kepada para pedagang tersebut.

Kamu bisa menawarkan kerjasama dengan mereka, yang mana kamu akan menyediakan ikan lele yang berkualitas dengan harga terjangkau. Jika para pedagang atau pemilik warung pecel lele setuju, maka kamu harus menyediakan kolam ikan lele dan merawatnya dengan baik agar bisa menghasilkan ikan lele sesuai permintaan.

2. Kamu Bisa Jadi Seorang Supplier Pasar

Persaingan ikan lele di pasar memang cukup tinggi, dikarenakan permintaan banyak bukan hanya dari para pemilik warung pecel lele saja, melainkan para ibu rumah tangga pun selalu ingin membelinya.

Kamu bisa ikut dalam pasar itu dan menjadi seorang penyuplai atau supplier pasar bersama yang lainnya. Ikutlah dalam persaingan tersebut, lalu buktikan bahwa ikan lele darimu lebih berkualitas dengan harga yang terjangkau. Agar bisa melakukan hal itu, tentu kamu harus membuat strategi khusus agar bisa mendapatkan banyak konsumen, hingga pelanggan tetap.

3. Kamu Bisa Mencari Produsen Makanan yang Menggunakan Bahan Dasar Ikan Lele

Banyak sekali pengusaha yang menjalankan bisnis makanan dari bahan dasar ikan lele seperti, kerupuk kulit lele, abon lele, nugget lele, dendeng lele, dan masih banyak lagi. Hal ini bisa menjadi peluang untukmu agar mencari para produsen atau pengusaha bisnis makanan untuk bekerjasama.

Dalam hal ini, para produsen yang bergerak di bisnis makanan berbahan dasar ikan lele pasti membutuhkan banyak sekali lele untuk usahanya. Kamu bisa membuat hubungan yang baik dan bekerjasama dengan mereka sebagai penyedia ikan lele berkualitas dengan harga yang terjangkau. Dijamin para produsen akan berlangganan saat ini juga.

4. Lakukan Kerjasama dengan Para Pengepul

Ada banyak cara untuk bertemu dengan para pengepul dan bekerjasama bersama mereka secara praktis. Bahkan, seringkali pengepul datang langsung menemuimu karena sudah tahu bahwa kamu menawarkan ikan lele dengan kualitas tinggi dan harga terjangkau.

Untuk bisa bekerjasama dengan para pengepul, kamu harus memperhatikan harga yang ditawarkan oleh pengepul itu terlebih dahulu. Pastikan harganya sesuai dengan apa yang kamu inginkan dan bisa memberikan keuntungan diantara dua belah pihak. Jika sudah sepakat dengan harganya, kamu bisa langsung melakukan kerjasama saat itu juga.

Selain itu, kamu dapat bekerjasama dengan beberapa pengepul agar mampu meraup keuntungan yang lebih besar, serta bisnis ikan lele kamu bisa lebih terkenal dengan luas lagi.

5. Lakukan Kerjasama dengan Beberapa Restoran

Selain bekerjasama dengan para pedagang atau pemilik warung pecel lele, cara pemasaran ikan lele pemula juga bisa dilakukan dengan bekerjasama ke beberapa restoran Indonesia. Tentu saja, untuk bisa masuk ke tahap ini, kamu harus bisa menguji sendiri bahwa ikan lele hasil budidayamu sudah pasti terbaik, berkualitas tinggi, dan kelebihan lainnya.

Restoran Indonesia seringkali memberikan menu berbahan dasar ikan lele yang enak dan bergizi. Kamu bisa menawarkannya sekarang juga ke beberapa restoran yang ada di daerahmu terlebih dahulu.

Soal harga, kamu tidak perlu khawatir karena restoran siap membayar berapapun harganya yang penting ikan lele itu memiliki kualitas dan ukuran yang diinginkan oleh mereka.

6. Lakukan Kerjasama dengan Beberapa Supermarket

Tawaran kerjasama kepada beberapa supermarket sama halnya ketika kamu menawarkan kerjasama ke pasar tradisional, pemilik usaha, dan lainnya. Bedanya, disini kamu akan melalui proses yang cukup ketat karena pihak supermarket selalu menimbang ukuran dan kualitas dari ikan lele yang ditawarkan.

Apabila ikan lele kamu memiliki kualitas serta ukuran yang baik, maka pihak supermarket akan menjadikanmu sebagai mitranya dan menerima kerjasama dalam waktu panjang. Menariknya, akan banyak supermarket yang mendatangimu dan mengajukan kerjasama pula. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang super besar setiap bulannya.

7. Kamu Dapat Buka Usaha Sendiri dengan Bahan Dasar Ikan Lele

Kalau ternyata panenmu melebihi kapasitas maksimum atau masih tersisa ikan lele yang belum terpasarkan, kamu bisa membuka usaha sendiri untuk menambah penghasilan, lho. Seperti membuka usaha makanan lele geprek, pecel lele, abon lele, kerupuk lele dan masih banyak lagi.

Usaha-usaha itu masih bisa di distribusikan ke warung-warung di daerah tempat tinggalmu. Saat permintaanya naik, tentu hal ini akan menguntungkan dan membuatmu bisa mendapatkan penghasilan tambahan selain menjual ikan lele secara utuh.

8. Lakukan Iklan di Media Sosial maupun Marketplace

Memasang iklan atau promosi di media sosial maupun marketplace merupakan suatu strategi yang bisa kamu coba. Saat ini, banyak orang yang menggunakan internet dan senang berada disana dalam waktu lama.

Hal itu bisa menjadi peluang untukmu memperkenalkan bisnis yang sedang kamu jalani, yaitu bisnis ikan lele. Buatlah iklan di berbagai media sosial yang kamu miliki dan beritahukan kepada orang-orang bahwa kamu menjual ikan lele. Selain itu, kamu bisa bergabung dengan beragam marketplace sesuai dengan bisnis yang kamu jalankan.

Sebagai seorang pemula, penting sekali kamu memasarkan atau membuat iklan setiap hari di media sosial dan marketplace setiap rutin. Sehingga, banyak orang yang melihatnya dan tertarik untuk membeli ikan lele di tempat kamu sendiri.

Jangan lupa untuk membuat website khusus penjualan ikan lele agar bisnismu bisa dikenal dengan luas oleh banyak orang di seluruh Indonesia. Tentu saja, hasil penjualan ikan lele di media sosial serta marketplace pasti memberikan keuntungan besar melebihi pemasaran secara offline.

Baca juga:



Itulah beberapa cara pemasaran ikan lele pemula yang bisa kamu ketahui dan dicoba satu-satu oleh kamu. Jadikan bisnis lele sebagai bisnis besar yang bisa memberikan kamu keuntungan atau omzet besar setiap bulannya. Perlu diingat, ketika melakukan bisnis ini, pastikan kamu tidak mudah menyerah dan selalu menciptakan ide-ide menarik, ya.

Penulis: Yuliawanti Dewi

Related Posts