taupasar.com

we read, we create and we share it.

Berikut Tips Memasarkan Produk Kopi, Nomor 2 Wajib Kamu Ketahui!

Berikut Tips Memasarkan Produk Kopi, Nomor 2 Wajib Kamu Ketahui!

Berikut tips memasarkan produk kopi, nomor 2 wajib kamu ketahui. Kopi merupakan sebuah minuman yang berasal dari biji kopi kemudian melalui proses roasting sampai menjadi bubuk. 
Tips Memasarkan
Kopi ditemukan sekitar 3000 tahun yang lalu oleh bangsa Etiopia yang berasal dari Benua Afrika. Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor kopi ke berbagai negara, diantaranya Mesir.

Buat kamu yang ingin memasarkan kopi dan masih bingung gimana caranya. Berikut tips memasarkan produk kopi yang wajib kamu ketahui.

Tips Memasarkan Produk Kopi

1. Menentukan Produk Kopi yang Akan Dijual

Kopi saat ini menjadi pilihan terbaik untuk dipasarkan, hal ini karena banyak sekali yang menyukai kopi. Mulai dari orang tua, anak-anak dan remaja, menentukan produk kopi yang akan dijual harus kamu pahami. 

Jangan asal menentukan produk kopi apa yang akan dijual, dan lihatlah peluang untuk beberapa tahun kedepan. Mulai dari jenis kopi yang tersedia dan apakah konsumen masih terus menyukai kopi tersebut atau tidak. Untuk itu pilihlah produk kopi terbaik sebgai peluang di masa mendatang.

2. Lihatlah Riset Pasar untuk Memasarkan Produk

Tips memasarkan produk kopi yang kedua ini sangat wajib kamu ketahui, karena riset pasar berpengaruh besar terhadap produk kopi yang akan dijual. Tujuan untuk melihat riset pasar ini, agar kamu dapat mengkategorikan jenis kopi yang akan dibutuhkan oleh pasar.

Karena disuatu bisnis akan ada yang namanya persaingan, maka kamu harus tau apa yang diinginkan oleh pasar. Contohnya, kamu ingin memasarkan kopi yang berbentuk biji kopi atau kopi yang telah melewati berbagai proses dan menjualnya menjadi kopi bubuk.

3. Membuat Rencana Bisnis Sebelum Memasarkan Produk

Saat kamu ingin membuat usaha apapun, rencana bisnis harus diketahui. Karena perencanaan bisnis ini dapat meliputi ketersediaan tempat untuk bisa menyimpan produk, lalu biaya untuk distribusi pengiriman, kontrak kerjasama pun harus direncanakan dan sasaran ataupun target pasar yang akan kamu tuju.

Rencana bisnis ini harus kamu persiapkan dengan matang, karena saat perencanaan yang dibuat jelas akan memudahkan kamu saat berbisnis.

4. Membuat Target Pasar yang Akan Dituju

Sekarang banyak bisnis yang mengira jika target pasar ini tidak penting. Padahal saat memulai bisnis, banyak biaya yang dikeluarkan secara percuma, hal ini karena produk yang dipasarkan tidak masuk di kalangan konsumen yang sesuai. 

Untuk itu tips memasarkan produk kopi yang keempat ini harus kamu ketahui, yang harus kamu lakukan pertama yaitu membuat daftar pelanggan yang sangat berpengaruh besar terhadap penjualan. Untuk itu buatlah daftar pelanggan yang akan membeli dalam jumlah besar dan kontrak yang berkelanjutan. 

Contohnya, jika kamu ingin mendiskusikan biji kopi, maka sangat disarankan untuk melihat target pasar yang membutuhkan barang yang kamu jual. Misalnya seperti kedai kopi, gerobak kopi, dan lainnya, dimana kamu bisa menjalin kerjasama bisnis. 

Dan jika kopi yang akan kamu jual ini berbentuk bubuk, maka kamu akan lebih mudah jika memasarkannya ke toko oleh-oleh, supermarket, bahkan ke sebuah komunitas yang terdiri dari pencinta kopi. 

5. Mencari Pemasok dari Kopi yang Dijual

Tips memasarkan produk kopi yang terakhir ini yaitu mencapai pemasok kopi yang akan dijual. Hal ini wajib kamu ketahui, karena saat akan menjual kopi kamu tentunya harus memilih para petani kopi atau sebuah industri kopi yang besar. 

Sebuah petani atau industri kopi yang besar akan menyediakan produk kopi dengan kualitas yang bagus dengan harga yang cocok. Saat kamu memulai bisnis pastikan membeli produk kopi dengan harga yang rendah, maka kamu bisa menjual dengan harga yang tinggi tentunya dalam jumlah yang banyak.

Jangan lupa simak sejumlah artikel yang tak kalah menarik berikut ini.

Baca juga:





Itulah beberapa tips memasarkan produk kopi yang wajib kamu ketahui. Karena jika kamu asal menjual kopi, kerugian dipastikan ada di depan mata. 

Penulis: Nining
Related Posts