taupasar.com

we read, we create and we share it.

Mudah! Ternyata Begini Cara Memulai Usaha Jamu

Mudah! Ternyata Begini Cara Memulai Usaha Jamu 

Minuman tradisional di Indonesia yang turun temurun hingga sekarang ini adalah jamu. Meskipun zaman semakin berkembang namun masih banyak sekali peminat minuman jamu. Kesadaran masyarakat Indonesia untuk hidup sehat dengan minuman jamu masih bertahan hingga saat ini. 
Cara Memulai Usaha
Dulu jualan jamu itu digendong, kemudian ada yang menggunakan sepeda Phoenix atau menggunakan motor. Berbeda dengan saat ini, jualan jamu bisa melalui kafe atau jualan online. 

Minuman herbal yang menjadi andalan masyarakat Indonesia ini jika dijadikan usaha berpotensi besar menghasilkan profit ratusan juta rupiah. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan sukses dengan jualan jamu, untuk cara memulai usahanya, berikut di bawah ini cara memulai usaha jamu dijamin sukses.

Cara Memulai Usaha Jamu 


1. Menentukan Produk Jamu yang Akan Dijual

Jamu memiliki banyak varian, seperti jamu kesehatan, jamu untuk menjaga stamina, jamu untuk kekuatan, jamu untuk obat penyakit, dan lainnya. Cara memulai usaha jamu pertama adalah dengan menentukan jenis produk jamu yang mau kamu jual. 

Sangat penting sekali untuk menentukan jenis jamu, karena akan mempermudah kamu dalam membuat dan menciptakan branding bisnis kamu. 

2. Menyiapkan Modal Usaha Jamu

Memulai usaha jamu cara  yang kedua adalah menyiapkan modal usahanya. Modal usaha jamu setidaknya harus menyediakan modal 12 juta rupiah. Modal ini nantinya untuk dibelanjakan bahan-bahan, peralatan produksi, biaya untuk mendaftarkan bisnis jamu ke BPOM, membuat izin usaha, biaya promosi dan lainnya. 

Modal usaha jamu tergantung dari harga bahan baku dan peralatan produksi yang kamu beli. Biaya mendaftarkan izin usaha dan BPOM pun setiap daerah berbeda-beda, biaya ini diperhitungkan sekitar 1.500 ribu rupiah hingga 2 jutaan. 

3. Tentukan Resep Jamu

Setelah menentukan jenis produk jamu yang akan dijual, selanjutnya tentukan resep jamu yang pas. Buatlah jamu yang enak dan memiliki ciri khas. Membuat jamu yang enak bisa kamu pelajari resep-resep jamu yang dibagikan di google. 

Atau kamu bisa mempelajari langsung dari penjual jamu tradisional. Jamu tradisional sebagaimana kita tahu memiliki ciri khasnya sendiri, sehingga mereka mampu bertahan hingga saat ini. 

4. Menentukan Nama Usaha

Nama usaha dalam memulai bisnis haruslah disiapkan dengan matang dan serius. Hal ini berguna untuk memudahkan kamu dalam mendaftarkan usaha kamu. Dan juga hal ini akan membedakan usaha kamu dengan usaha jamu yang lainnya.  

Tentukan nama usaha jamu yang menarik dan berkesan. Kamu bisa meminta keluarga atau teman kamu untuk memberikan contoh nama usaha jamu yang menarik. Atau jika kamu masih bingung cara menentukan nama bisnis yang menarik dan bagus, kamu bisa baca cara menentukan nama bisnis terlebih dahulu. 

5. Membuat Kemasan Jamu yang Menarik

Kemasan produk dalam dunia usaha sangatlah berpengaruh dalam terhadap calon customer. Buatlah kemasan usaha jamu kamu semenarik mungkin dan ciptakan kemasan yang bisa menghipnotis mereka agar jadi beli produk jamu kamu. 

Membuat kemasan jamu bisa menggunakan editing foto atau jika kamu menginginkan kemasan jamu yang menarik kamu bisa menyewa jasa desain produk yang kompeten.

Kemasan produk jamu saat ini sangat banyak sekali varian yang bisa kamu gunakan. Selain kemasan plastik, kamu juga bisa menjual jamu dengan kemasan botol kaca. Saat ini banyak sekali penjual jamu yang menjual dengan menggunakan kemasan botol kaca. Kamu bisa memodifikasi jualan jamu mereka dalam kemasan jamu yang menarik. 

6. Tentukan Strategi Bisnis

Strategi dalam berbisnis harus dipersiapkan dengan matang, khususnya dalam memulai usaha jamu. Mengingat usaha jamu sangat sulit untuk mengetahui target pasar yang sesuai, maka sebuah keharusan membuat strategi bisnis bagi kamu yang akan memulai usaha jamu. 

Strategi pasar ini mencakup rekruitmen karyawan, penentuan posisi karyawan, pengelolaan keuangan usaha jamu dan lainnya. 

7. Menggunakan Bahan-bahan yang Segar dan Berkualitas Bagus

Produk minuman yang menggunakan bahan yang segar dan berkualitas bagus akan mempengaruhi hasil jamu yang akan kamu jual. Produk jamu yang berkualitas bagus akan memiliki konsumen yang berlangganan produk minuman jamu kamu. Semakin banyak yang berlangganan minuman jamu kamu, maka semakin banyak pula keuntungan kamu dari jualan kamu.

8. Membangun Komunitas

Pengusaha jamu sangat penting sekali untuk membangun komunitas penikmat jamu. Hal ini bertujuan untuk menemukan target pasar yang tepat. Selain membuat komunitas penikmat jamu, kamu juga bisa membangun komunitas yang berhubungan dengan jenis jamu yang kamu jual. 

Misalnya kamu menjual jamu menjaga stamina, kamu bisa membangun komunitas anak muda yang selalu menjaga staminanya. 

9. Buatlah Media Sosial Bisnis Jamu 

Jualan saat ini bisa mengandalkan media sosial, dengan media sosial akan mempermudah kamu dalam menemukan target pasar yang sesuai. Minimalnya membuat 4 akun media sosial untuk bisnis jamu kamu. 

Seperti Tiktok, Twitter, Instagram dan Facebook. 4 akun media sosial ini tergolong memiliki ratusan juta pengguna yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

10. Hindari Memiliki Kemiripan dengan Bisnis Jamu Lain

Berbisnis memang akan selalu menemukan kendala dan hambatan. Salah satu hambatan dalam berbisnis jamu adalah menghadapi kompetitor bisnis yang selalu menjaga kualitas dan keunikan produknya. Hal ini tentunya akan mempengaruhi bisnis jamu kamu. Walaupun begitu kamu juga harus menghindari bisnis kamu agar tidak ada kemiripan dengan kompetitor bisnis kamu. 

Hindari kesamaan dalam kemasan, rasa dan cara promosi. Kesamaan dalam hal ini akan mempengaruhi bisnis kamu dicap sebagai plagiat dalam bisnis jamu. Jika branding bisnis kamu sudah tercoreng jangan harap bisnis jamu kamu akan bertahan lebih lama. Maka hindarilah bisnis kamu dari kemiripan dengan kompetitor. 

Tidak hanya itu, sejumlah informasi di  bawah ini juga tak boleh dilewatkan, simaklah.

Baca juga:





Di atas adalah 10 cara memulai usaha jamu yang harus kamu lakukan, agar sukses mencapai keuntungan puluhan juta rupiah per bulan. semoga cara di atas bermanfaat buat kamu yang ingin sukses dari berjualan jamu. 
Related Posts