taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Memulai Usaha Tanpa Jaminan yang Terbukti Mudah

Cara Memulai Usaha Tanpa Jaminan yang Terbukti Mudah

Dalam membangun sebuah bisnis, ada banyak proses detail yang harus dilakukan secara bertahap. Selain tahap perencanaan dan analisa pasar, pendanaan pun menjadi salah satu hal penting yang harus dipersiapkan.
Cara Memulai Usaha
Bahkan kebanyakan calon pebisnis merasa kendala paling berarti umumnya berada pada modal. Jika pun meminta bantuan dari lembaga pendanaan usaha, biasanya harus ada jaminan dan lain halnya. Namun kini ada banyak cara memulai usaha tanpa jaminan yang dapat Anda pilih.

10 Ide dan Cara Memulai Usaha Tanpa Jaminan


1. Menggunakan Tabungan Pribadi

Untuk menghindari modal usaha yang menggunakan jaminan, Anda bisa mengandalkan tabungan pribadi. Uang dari hasil menabung tentunya dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan di masa mendatang. Ketika Anda sudah terbiasa menyisihkan sebagian uang untuk ditabung, maka hasilnya dapat membantu banyak hal.

Jika jumlah tabungan yang tersimpan sudah banyak, maka dapat Anda gunakan sebagiannya untuk keperluan usaha. Modal bisnis yang berasal dari dana pribadi memang akan membuat pebisnisnya tenang. Dan yang terpenting tidak ada hal berarti yang harus menjadi jaminannya.

2. Pinjaman dari Orang-orang Terdekat

Apabila memungkinkan, Anda juga bisa meminjam dana usaha dari kerabat, teman, atau saudara. Ini merupakan salah satu cara memulai usaha tanpa jaminan yang efektif untuk dilakukan. Namun sebelumnya pastikan ada kesepakatan formal antara kedua belah pihak. Karena meskipun kesepakatan dijalin bersama orang terdekat, semuanya harus melalui proses deal dan benar.

Tentukan perjanjian peminjaman dana, sehingga ke depannya proses pengembalian dilakukan dengan sistematis. Misalnya dengan menyepakati jumlah uang yang akan dipinjam, tenggat waktu pengembalian, insentif, dan hal-hal lainnya.

3. Menjual Aset Pribadi

Selain itu, jika Anda masih memiliki kekurangan dalam mengumpulkan modal bisnis, maka bisa menjual aset pribadi. Tentunya hanya aset bernilai jual tinggi lah yang dapat membantu memenuhi modal usaha menjanjikan. Misalnya barang elektronik seperti televisi hingga gadget, kendaraan, termasuk perhiasan.

Maka dari itu penting untuk diketahui, memiliki aset yang dapat dijual kembali memang sangat membantu dikala mendesak. Jatuhnya hal ini bisa digunakan untuk investasi, mengumpulkan dana bisnis. Anda pun harus memahami untung dan rugi dari penjualan aset tersebut. Uang yang terkumpul bisa jadi tidak setinggi ketika Anda membeli barang tersebut pertama kali.

4. Menggadaikan Aset

Apabila Anda hanya ingin memanfaatkan sementara aset untuk mengumpulkan dana, maka bisa memilih jalan gadai barang. Kini banyak lembaga legal yang berdiri secara resmi, dan menerima segala jenis penggadaian barang. Dan dengan begini, cara memulai usaha tanpa jaminan pun sebetulnya menjadi lebih mudah.

Pada umumnya aset berharga yang dapat digadaikan bisa berupa perhiasan emas, hingga barang elektronik. Setelah disetujui, dana akan cair sementara barang akan tersimpan hingga Anda mengembalikan lagi uang yang dipinjam.

5. Pilih Ide Bisnis Mudah

Sebetulnya cara mendirikan usaha tanpa jaminan masih dapat diwujudkan tergantung pilihan dan pemikiran masing-masing. Rencana bisnis besar biasanya memang membutuhkan modal yang tidak sedikit, sehingga mengharuskan pemilik berusaha lebih.

Berbeda jika Anda memilih ide bisnis sederhana yang dimulai dari skala kecil, sangat mungkin modal yang dibutuhkan pun lebih kecil. Dengan begini lebih menghindarkan kita pada niat melakukan pinjaman berlebih yang mengharuskan adanya jaminan atau agunan.

6. Cari Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Cara memulai usaha tanpa jaminan yang efektif juga dapat dilakukan dengan memilih layanan perbankan mengenai Kredit Tanpa Agunan (KTA). Dari namanya pun sudah dapat diketahui oleh Anda bahwa program pinjaman tersebut dapat dilakukan tanpa jaminan sekalipun.

Jika ingin menggunakan bantuan jenis ini, maka sebelumnya Anda dapat memastikan terlebih dahulu bank mana yang menyediakan layanan tersebut. Di samping itu perlu dipahami pula suku bunga dari sejumlah uang yang ingin dipinjam tersebut, serta pembayaran angsuran dilakukan berapa kali.

7. Mencari Partner Bisnis

Mencari modal usaha secara mandiri memang cukup sulit, karena membutuhkan waktu dan proses yang maksimal. Berbeda jika Anda mencari partner bisnis, maka tanggung jawab dibawa bersama. Dengan begitu tuntutan mengumpulkan modal menjadi tanggungan bersama partner.

Anda bisa patungan modal usaha, ataupun mencari dana bersama-sama. Pencarian dana pun bisa dilakukan dengan lebih mudah, cepat, dan ringan bebannya. Untuk mencari partner bisnis yang tepat, carilah yang sama-sama memiliki passion dalam jenis usaha serupa.

Dengan begini maka tidak akan susah dalam menentukan arah tujuan bisnis ke depannya. Karena jika berbeda, tujuan usaha akan sulit dicapai karena ada perbedaan pendapat yang besar dan saling bersinggungan.

8. Regulasi Modal dari Konsumen

Cara memulai usaha tanpa jaminan lainnya juga dapat dilakukan dengan cara mengandalkan hasil atau keuntungan bisnis dari konsumen. Jadi, Anda dapat memulai usaha secara sederhana agar tidak mengeluarkan modal lebih besar dan yang penting bisnis berjalan.

Meskipun perlahan, akan ada hasil yang bisa dipetik dan nantinya dapat digunakan sebagai modal tambahan untuk mengembangkan usaha menjadi lebih besar dan maju.

Akan tetapi sering kali cara seperti ini masih terdapat kendala karena pebisnis yang mungkin bingung menyisihkan penghasilannya. Namun semuanya dapat dilakukan dengan apik jika ada pencatatan dan pembagian yang pas, mana hasil yang digunakan untuk kebutuhan, dan mana yang akan digunakan untuk regulasi kegiatan berbisnis hingga pengembangannya.

9. Mengikuti Program Pendanaan UMKM

Di zaman ini, orang-orang semakin melek dengan sektor bisnis. Semakin banyak yang orang yang menaruh perhatian dalam dunia usaha, maka ini menjadi salah satu pemicu banyaknya program pendanaan UMKM yang terbukti sangat membantu. Ada banyak program peminjaman dana untuk bisnis skala mikro, terlebih lagi tidak perlu menggunakan jaminan.

10. Aktif Ikut Workshop Bisnis

Tak ketinggalan, dengan aktif mengikuti berbagai seminar atau workshop bisnis pun ternyata bisa menyumbang manfaat untuk Anda. Diantaranya Anda bisa menambah relasi dan memiliki kesempatan mendapatkan membangun koneksi dengan sesama.

Hal baiknya, relasi bisnis yang berhasil dibangun bisa menjadi sumber bantuan dana usaha. Sehingga memiliki sokongan dari mereka yang tertarik dan akan berperan sebagai investor. Namun tentunya potensi, rencana, dan tujuan Anda harus menjanjikan sehingga membuat pemberi dana tertarik serta memiliki harapan nyata.

Jangan lewatkan sejumlah informasi berikut ini yang tak kalah menarik dari yang di atas.

Baca juga:





Demikian cara memulai usaha tanpa jaminan yang terbukti efektif dan dapat Anda terapkan saat ini juga. Dengan begitu bisnis dapat berjalan tanpa hambatan biaya.
Related Posts