taupasar.com

we read, we create and we share it.

Tips Memasarkan Produk Makanan di Media Sosial

Tips Memasarkan Produk Makanan di Media Sosial

Produk makanan adalah produk yang terbilang cepat laku dan dicari banyak orang. Produk makanan adalah barang yang menjadi kebutuhan semua orang hampir setiap harinya. Jadi sudah tidak heran jika banyak pengusaha sukses dengan berbisnis menjual produk makanan. 
Tips Memasarkan Produk
Meskipun makanan adalah barang yang menjadi kebutuhan semua orang, namun usaha makanan belum tentu bisa mencapai kesuksesan. 

Ketidaksuksesan berbisnis dibidang makanan salah satunya dipengaruhi oleh cara memasarkan produk makanan yang dijual. Maka jika kamu ingin membuka usaha menjual produk makanan, maka kamu perlu tahu terlebih dahulu seputar cara memasarkan produknya. 

Berikut ini tips memasarkan produk makanan di media sosial yang harus kamu pelajari agar mencapai kesuksesan menghasilkan profit hingga puluhan juta rupiah per bulan. 

Tips Memasarkan Produk Makanan


1. Buatlah Kemasan Produk Makanan yang Menarik

Kemasan produk sangat mempengaruhi daya tarik dari produk yang dijual, sehingga sangat penting sekali untuk membuat kemasan produk yang menarik. Begitu pun dengan berjualan produk makanan harus dibuat kemasan yang menarik. Buatlah kemasan produk yang bisa menghipnotis pelanggan agar mereka tertarik membeli produk kamu. 

Buatlah kemasan produk yang disesuaikan dengan jenis produk makanan yang kamu jual. Misalnya berjualan burger, kamu bisa meniru kemasan produk usaha burger lain dengan menggunakan karton, atau lainnya. Berbeda jika kamu akan menjual makanan keripik pisang, kemasan yang pas untuk produk keripik adalah dengan plastik. 

2. Buatlah Logo dan label Usaha yang Keren

Membuka usaha makanan juga harus membuat logo usaha yang keren, logo ini nantinya dipasangkan di label kemasan produk yang kamu jual. Membuat logo dan label produk dalam menjual produk makanan bisa menggunakan aplikasi desain yang bisa digunakan dengan gratis oleh kamu. 

Aplikasi desain yang bisa kamu gunakan untuk membuat logo dan kemasan usaha diantaranya Canva, Photoshop, dan lain-lain. Aplikasi desain ini bisa kamu gunakan untuk membuat dan mengedit logo dan label usaha kamu. Selain itu kamu juga bisa menggunakannya untuk mengedit foto yang akan di posting di media sosial usaha milikmu. 

3. Memanfaatkan Media Sosial 

Saat ini berjualan produk makanan bisa mengandalkan media sosial, ada banyak media sosial yang bisa kamu gunakan untuk promosi barang jualan kamu. Ada banyak pengusaha makanan yang menjual produk makanan dengan mempromosikannya di media sosial. Media sosial yang sangat direkomendasikan adalah Facebook, Instagram, Twitter dan Tiktok. 

4 media sosial di atas saat ini tercatat memiliki ratusan juta pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Banyak kisah pengusaha sukses hanya berjualan melalui media sosial. Salah satu pengusaha sukses yang berjualan produk makanan hanya melalui media sosial adalah Kang Dewa Eka Prayoga. Kamu bisa mempelajari cara dia berjualan di media sosial dengan menonton channel YouTubenya.

4. Menggunakan Foto yang Menarik

Memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk makanan sangat diharuskan untuk menggunakan foto yang menarik. Agar promosi makanan kamu muncul di beranda Instagram orang tertarget adalah dengan menggunakan foto produk jualan semenarik mungkin. 

Agar mendapatkan foto yang menarik kamu bisa mempelajari ilmu fotografer secara gratis di Youtube. Ada banyak chanel Youtube yang isi kontennya seputar fotografer. Setelah mempelajari kamu bisa mengaplikasikannya untuk mempromosikan produk makanan kamu di media sosial khususnya di Instagram. 

5. Membuat Video Promosi Makanan yang Unik

Tips memasarkan produk makanan di media sosial adalah dengan membuat video promosi makanan yang unik. Pertama yang harus kamu lakukan dalam membuat video pemasaran produk adalah dengan menentukan tema videonya terlebih dahulu, tentukan tema video promosi yang sedang viral. 

Misal sedang viral film layangan putus, kamu bisa menggunakan tema dari salah satu scene film layangan putus. 

Setelah menentukan tema video promosi, selanjutnya buatlah skrip video yang menarik dan detail. Selain apa yang harus diucapkan oleh pemain juga detail seputar tempat, ekspresi dan lainnya. Setelah video di ambil, lakukanlah editing video dengan menggunakan aplikasi edit video seperti Inshot, Filmora dan lainnya. Aplikasi edit video tersebut bisa kamu gunakan dengan gratis.

6. Membuat Website Usaha Produk Makanan

Calon pelanggan kamu pasti membutuhkan banyak informasi seputar produk yang kamu jual. Untuk menampung semua informasi seputar bisnis makanan kamu, pastinya kamu akan membutuhkan website usaha. Membuat website usaha akan mendukung proses pemasaran produk makanan kamu. 

Memiliki wadah untuk calon pembeli mendapatkan informasi seputar menu, katalog dan informasi lainnya seperti website adalah salah satu tips memasarkan produk makanan dalam menggunakan media sosial. 

Link website usaha kamu nantinya bisa kamu pajang di bio akun media sosial kamu, khususnya di bio Instagram. dengan begitu ketika pembeli mengunjungi Instagram usaha produk makanan kamu, mereka akan mudah mengunjungi website kamu.
 
Buatlah website produk makanan kamu sesuai dengan nama usaha produk makanan yang akan dipasarkan di website tersebut. Buatlah halaman website semenarik mungkin. Kamu bisa mempelajari cara membuat website yang menarik dari website usaha orang lain, dan video-video cara membuat website yang menarik. 

7. Membuat Giveaway

Tantangan jualan produk makanan di media sosial salah satunya adalah membuat orang berkunjung dan memfollow akun media sosial usaha makanan milikmu. Ada banyak cara untuk membuat orang berkunjung ke akun media sosial usahamu, salah satunya dengan mengadakan giveaway produk usaha kamu. 

Contohnya membuat giveaway di media sosial produk makanan adalah dengan membuat pertanyaan seputar usaha kamu atau produk yang akan diluncurkan, kemudian diberikan beberapa syarat seperti menshare informasi giveaway dan lainnya. Lalu jika ada yang benar jawabannya dan melakukan semua syaratnya serta mengirimkan buktinya, akan dikirim beberapa pcs dari produk baru tersebut. 

Tips melakukan giveaway ini dipastikan berhasil akan menambah jumlah pengunjung profil akun media sosial usaha produk makanan kamu. Dengan banyaknya pengunjung dan follower usaha kamu, bisa meningkatkan penjualan usaha produk makanan kamu. 

8. Membuka Pendaftaran Reseller

Usaha produk makanan untuk mempermudah dalam melakukan pemasaran produknya tipsnya adalah dengan membuka pendaftaran untuk reseller semua produk makanan yang dijual. Sebelum membukanya kamu bisa membuat persyaratan untuk menjadi resellernya terlebih dahulu. Misalnya dengan membeli minimal 12 pcs produk makanan yang dijual.

Kamu juga bisa mendapatkan sejumlah informasi tambahan lainnya pada artikel berikut ini.

Baca juga:





Di atas adalah informasi seputar 8 tips memasarkan produk makanan di media sosial, semoga tips di atas bisa membantu usaha produk makanan kamu. Sehingga bisa meningkatkan penjualan produk makanan kamu. 
Related Posts