taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Memulai Usaha Seserahan yang Efektif Bagi Pemula

Cara Memulai Usaha Seserahan yang Efektif Bagi Pemula

Prosesi seserahan atau hantaran memang tidak bisa dipisahkan dari tradisi pernikahan di Indonesia. Budaya tersebut hampir selalu ada dan menjadi bagian penting dalam pesta pernikahan. Makanya pebisnis melihat adanya peluang menarik dari hal tersebut, yaitu dengan membangun jasa penyedia hantaran pernikahan.
Cara Memulai Usaha
Bisnis tersebut bisa Anda bangun secara individu maupun bergabung dengan event organizer ternama. Namun jika ingin merintis usaha sendiri, dapat dilakukan dengan berbagai strategi cara memulai usaha seserahan yang efektif.

10 Cara Memulai Usaha Seserahan Bagi Pemula


1. Mulai dengan Modal dan Resiko Kecil

Agar lebih mudah merintis usaha secara nyata, bisa Anda cari berbagai alternatif yang bisa disanggupi. Bisnis jasa hantaran bisa dilakukan dengan berbagai bentuk, bisa berskala besar maupun kecil. Usaha jenis ini memang terbilang fleksibel karena dapat dijalankan oleh siapa saja, dengan modal berapa pun.

Bagi pemula, akan lebih baik usaha dimulai dari yang sederhana terlebih dahulu. Tak ada salahnya menjalankan usaha kecil-kecilan, namun sudah bisa menghasilkan keuntungan menjanjikan. Apalagi dengan begini bisnis pun dapat berkembang karena pengelolaan yang mudah dan baik.

2. Bekerjasama dengan Pemasok Bahan-bahan Hantaran

Selanjutnya Anda bisa memikirkan bagaimana caranya memasok bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat hantaran. Misalnya mulai dengan menjalin kerjasama baik dengan pengrajin pembuat box hantaran, dekorasi penghias, beserta isian seserahan.

Siklus pemasokan dan persiapan bahan-bahan pembuat seserahan memang harus lancar. Minimal Anda sudah ready ketika ada klien yang akan order barang-barang seserahan. Pemilik jasa seserahan biasanya akan mulai mempersiapkan diri ketika mendekati musim pernikahan.

3. Bisa Memanfaatkan Bahan-bahan Terjangkau atau Bekas

Jika Anda memiliki barang-barang bekas yang masih layak dan bisa dimodifikasi untuk menjadi kotak hantaran, maka dapat dimanfaatkan. Dengan begini pengeluaran modal usaha akan lebih sedikit Jikapun baru, maka bisa memilah barang-barang yang terjangkau sesuai dengan budget yang dimiliki.

4. Mulai Menawarkan Jasa Kepada Orang-orang Terdekat

Lalu, cara memulai usaha seserahan dapat Anda lakukan dengan menawarkan jasa kepada orang-orang terdekat lebih dulu. Promosi bisa dilakukan dari tingkat yang lebih kecil dahulu, sebagai latihan dan penambah pengalaman.

Misalnya menawarkan jasa hantaran kepada keluarga, sanak saudara, tetangga, teman-teman, hingga nantinya informasi meluas. Tak menutup kemungkinan nantinya akan lebih banyak klien dari berbagai wilayah yang tertarik pada jasa Anda.

5. Membuat Produk Seserahan yang Menarik

Agar tidak kalah saing dengan kompetitor, Anda bisa membuat produk seserahan semenarik mungkin. Diantaranya membuat tempat hantaran yang kekinian seperti berbentuk box dengan alas kayu berpenutup transparan dari bahan kaca. Lalu ditambah hiasan bunga di sekelilingnya yang bisa menambah kesan aesthetic.

Biasanya isian seserahan pun dirangkai atau disusun sedemikian rupa di dalamnya agar terkesan rapi, menarik, dan tak biasa. Dari hal ini, tentunya sangat penting bagi pebisnis memiliki skill mumpuni dalam pembuatan box seserahan yang menarik.

6. Perbanyak Referensi dan Wawasan Bisnis Terkait

Bagi pemula yang sebelumnya belum pernah menjalankan bisnis hantaran pernikahan, maka penting baginya memperbanyak referensi dari berbagai informan atau orang-orang yang pernah mengelola bisnis serupa.

Selain itu, bisa lebih aktif mengikuti workshop bisnis. Dengan begini cara memulai usaha seserahan dilakukan dengan lebih apik, apalagi Anda mengetahui strateginya dari orang berpengalaman serta dari pakai bisnis.

7. Menyiapkan Berbagai Pilihan Model

Untuk mengelola bisnis yang terus berkelanjutan dan diinginkan konsumen, Anda bisa menyiapkan berbagai pilihan model hantaran. Misalnya dari segi pengemasan, bisa memilih jenis box, keranjang dari rotan, dan lain sebagainya. Selain itu sediakan pula berbagai pilihan ukuran serta hiasan yang berbeda.

Hal tersebut akan berpengaruh pada penentuan harga yang bermacam-macam pula. Namun dengan begini klien akan merasa disuguhi berbagai macam pilihan yang bisa disesuaikan dengan keinginannya.

8. Penetapan Harga

Langkah atau cara memulai usaha seserahan selanjutnya adalah menentukan kisaran harga pembuatan hantaran. Anda dapat menyesuaikan harga dengan tingkat kesulitannya, model, serta ukurannya. Dan yang paling penting harga dipasang sesuai dengan tren di pasaran.

Sebelumnya Anda dapat melakukan riset sederhana untuk melihat harga beli pada umumnya. Sehingga penetapannya lebih pas, sesuai dengan target pasar dan bisa memberikan keuntungan menjanjikan untuk Anda.

9. Iklan dan Promosi Maksimal

Dalam berbagai jenis bisnis apapun, iklan selalu menjadi alternatif efektif untuk menawarkan produk atau jasa. Anda pun dapat memanfaatkan berbagai alternatif untuk beriklan dan menginformasikan kepada khalayak luas, bahwa Anda menyediakan jasa pembuatan hantaran pernikahan terbaik.

Untuk beriklan secara gratis, ada media sosial yang dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Pemilik usaha dapat membuat akun khusus bagi bisnisnya tersebut, berbagai fitur medsos pun dapat digunakan untuk memasang iklan.

Promosi ini tentu menjadi salah satu bagian terpenting dalam cara memulai usaha seserahan. Tak hanya itu, agar jasa pembuat seserahan Anda menarik maka dapat disiasati dengan penggunaan foto produk terbaik. Nantinya foto produk dapat diunggah di lapak sosmed, dan dapat digunakan sebagai katalog untuk memilih bagi calon customer.

Akun bisnis dapat dikelola sebaik mungkin dengan lebih aktif, sehingga mampu mengumpulkan banyak pengikut yang nantinya berpotensi sebagai konsumen bisnis Anda.

10. Menyasar Target yang Tepat

Promosi yang efektif adalah yang dilakukan pada sasaran yang tepat, artinya target pembeli yang diperkirakan memiliki kebutuhan pada bisnis jasa Anda. Anda dapat memanfaatkan berbagai jenis media sosial seperti Instagram, Facebook, dan yang lainnya. Asalkan promosi yang dilakukan tepat, yaitu pada followers atau pengikut sesuai sasaran target bisnis.

Jadi, Anda atau tim marketing bisa mengikuti berbagai pengguna media sosial dari kalangan yang sesuai. Dari hal ini, memilah dan memilih pengguna medsos juga diperlukan. Agar iklan yang disiarkan dapat berefek pada orang-orang yang membutuhkan bantuan jasa pembuatan seserahan.

Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Memulai Bisnis Seserahan

1. Mengandalkan Skill atau Tim

Rata-rata orang memilih ide bisnis sesuai passion atau kemampuannya. Begitu pula dengan bisnis hantaran pernikahan ini. Dengan begitu cara memulai usaha seserahan dapat dilakukan dengan penuh keyakinan. Pasalnya, jika bisnis akan dijalankan secara individu dan sederhana maka Anda hanya akan mengandalkan skill pribadi dalam bidang tersebut.

Jika tidak memiliki background yang sesuai bidang bisnis, Anda masih bisa merekrut beberapa orang yang memiliki kemampuan membuat hantaran pernikahan. Sehingga nantinya bisnis berjalan secara tim, dan kemampuan masing-masing SDM bisa saling melengkapi dan membantu satu sama lain.

2. Mental dan Modal

Mental yang kuat juga diperlukan dalam usaha memulai bisnis tersebut, sehingga pebisnis dapat mengelolanya dengan penuh percaya diri serta membuahkan hasil yang nyata. Di samping itu, modal pun tak kalah penting. Bahkan jika modal usaha sudah tersedia, rencana bisnis bisa diwujudkan dengan segera.

Anda juga bisa menyimak informasi lainnya yang tak kalah menarik dan penting di bawah ini.

Baca juga:





Begitulah 10 cara memulai usaha seserahan yang efektif diterapkan, khususnya bagi pemula. Selain itu beberapa hal penting dalam memulai usaha pun perlu dipahami agar Anda dapat mengelola segala sesuatunya dengan baik.
Related Posts