taupasar.com

we read, we create and we share it.

10 Cara Promosi Souvenir Pernikahan Terbaik

10 Cara Promosi Souvenir Pernikahan Terbaik

Bisnis menjual souvenir pernikahan dapat menjadi ide usaha dalam bidang kebutuhan wedding. Dalam pernikahan, adanya souvenir menjadi kebutuhan penting yang hampir tidak pernah terlewatkan, meskipun posisinya masih sering dikesampingkan. Oleh karenanya, cara promosi souvenir pernikahan sangat perlu didongkrak demi pesatnya penjualan.

promosi souvenir pernikahan

Souvenir hampir selalu ada dalam setiap pesta pernikahan, maka kita selaku penjual dapat terus memegang keyakinan untuk mengembangkannya. Karena pada dasarnya berbagai jenis bisnis baik berupa barang maupun jasa, memerlukan strategi pemasaran yang tepat.

10 Cara Promosi Souvenir Pernikahan Terbaik

1. Memasang Iklan Baris di Koran

Sebuah media cetak seperti koran atau majalah biasanya menyediakan space bagi para pebisnis yang ingin memasang iklan. Banyak pengusaha yang memanfaatkan kolom iklan baris pada media cetak, sebagai salah satu taktik promosi yang digunakan. Anda hanya perlu menghubungi pihak media cetak dan menyiapkan biaya pemasangan iklan yang mungkin dibutuhkan.

Tidak dipungkiri memang, penggunaan media seperti koran dapat menyebarkan informasi yang luas, khususnya pembaca media cetak. Cenderamata dalam suatu pernikahan dapat menjadi kebutuhan setiap orang, terutama bagi mereka yang akan menylenggarakannya. Dan ada kemungkinan besar pembaca koran tersebut juga menjadi konsumen potensial.

2. Merancang Brosur Tentang Keuntungan Produk

Brosur juga dapat menjadi media promosi terbaik dan mudah yang dapat dipilih. Dengan proses merancang, membuat, mencetak, hingga menyebarkan brosur saja, informasinya sudah bisa tersebar dengan luas.

Brosur biasanya akan memuat berbagai keuntungan souvnir yang dijual, sehingga tujuan perusahaan terpenuhi. Menyebarkan brosur pada konsumen potensial adalah kuncinya. Namun, Anda juga bisa menyebarkan brosur kepada sebanyak-banyaknya orang.

3. Membuat dan Menyebarkan Katalog Produk

Masih mengandalkan percetakan, membuat katalog produk pun sangat efektif sebagai media promosi. Dalam katalog, konsumen dapat melihat kumpulan jenis souvenir yang dapat ia pesan untuk hari pernikahan.

Dengan adanya katalog pun memiliki keunngulan lainnya. Ketika penjual sedang promosi di luar dan tidak berada di toko, maka dapat menggunakan katalog untuk memperlihatkan seluruh produk. Bagi pembeli pun sama, selain dapat melihat jenis dan bentuknya, berbagai harga pun harusnya tertera di sana. 

4. Mendatangi dan Promosi Langsung Kepada Konsumen Potensial

Cara promosi souvenir pernikahan selanjutnya adalah dengan mendatangi langsung konsumen potensial, yang diprediksi memiliki kebutuhan serta keinginan pada produk yang dijual. Promosi langsung seperti ini harus dipertahankan oleh penjual, karena strategi ini memiliki efektifitas cukup tinggi. 

Dengan aktif dan interaktif, penjual pun dapat mendekati calon pembeli agar tertarik. Namun, sebelumnya penjual perlu memprediksi calon konsumen mana saja yang berpotensi memiliki kebutuhan terhadap souvenir pernikahan. Hal ini agar promosi efektif. Jika pun akan menyasar masyarakat seluas-luasnya, maka kuncinya harus bisa memikat pembeli.

5. Membuat Branding dan Membangun Citra Perusahaan

Promosi tujuannya untuk mengenalkan produk, dan agar dapat menarik pembeli lebih banyak, citra bisnis biasanya akan sangat menentukan selain dari kualitas produknya. Langkah ini akan mempengaruhi cara pandang konsumen terhadap penjual. Maka Anda dapat memperhitungkan untuk membuat branding yang menarik dan membangun citra perusahaan yang baik. 

Misalnya bisnis yang dijalankan memprioritaskan kualitas produk, maka itulah citra yang harus tetap dipertahankan, agar mendapat kepercayaan dari pelanggan. Membuat branding yang menarik, bisa dilakukan dengan cara membuat logo, stiker, hingga slogan perusahaan sesuai citra yang akan dibangun.

6. Membuat Profil Perusahaan

Company profile atau profil perusahaan juga efektif untuk digunakan sebagai trik promosi. Ini masih berkaitan dengan usaha membangun citra perusahaan. Penjual dapat memasukkan setiap informasi terkait, mulai dari profil, jenis produk, keunggulan, hingga berbagai pengalaman kerjasama dengan klien yang pernah custom dan order souvenir darinya.

Company profile tersebut dapat dibuat dalam berbagai bentuk, misalnya video untuk diposting di kanal YouTube, berbentuk tulisan untuk diposting di website, dan lainnya.

7. Memberikan Promo Menarik 

Cara promosi souvenir pernikahan terbaik adalah dengan memberikan nuansa menarik bagi pembeli. Dengan mengadakan beberapa promo menarik meskipun tidak terlalu besar, jika ini dapat menguntungkan pembeli maka klien pun dapat tertarik. 

Contohnya dengan mengadakan promo semakin banyak jumlah souvenir yang dipesan, maka penurunan harga pun semakin besar. Lalu adanya promo diskon besar jika klien melakukan pemesanan pada waktu yang ditentukan.

8. Mengadakan Give Away Bersyarat

Promosi sebuah produk jualan selain dilakukan secara offline, juga banyak dilakukan secara online. Dengan memanfaatkan digital marketing dan media sosial, biasanya banyak penjual yang akan mengadakan give away untuk memeriahkan momen serta mendapat perhatian konsumen. 

Dengan memanfaatkan ketertarikan calon konsumen akan give away, maka akun bisnis akan semakin banyak dikenal. Semakin aktif akun bisnis digunakan pun akan berdampak bagus pada perkembangannya.

9. Bergabung Dengan Jasa Wedding Organizer Terbaik

Selain bergerak secara individu atau dengan tim sendiri, bergabung dengan jasa wedding organizer dipandang sangat efektif bagi penjual souvenir pernikahan. WO biasanya sudah memiliki banyak pengalaman dan kenalan yang luas, sehingga klien yang akan berdatangan di masa depan pun lebih menjanjikan.

Anda dapat membangun kerjasa yang baik dengan jasa penyedia WO, dengan begitu ketika ada klien yang akan menyelenggarakan pernikahan dan membutuhkan cenderamata untuk para tamu undangan, maka dapat menggunakan produk Anda. Bahkan sekarang ini lebih banyak pelanggan yang memilih WO dengan paket lengkap, termasuk penyediaan souvenir pernikahan.

10. Menyiapkan Contoh Souvenir Terbaik Untuk Dipajang

Jika Anda memiliki toko atau tempat sebagai pusat penjualan souvenir secara langsung, maka dapat mengumpulkan dan menata semua jenis produk yang disediakan. Dengan memajang bentuk-bentuknya, maka dapat diperlihatkan kepada klien yang berkunjung serta dapat menjadi contoh pembuatan selanjutnya.

Tips Agar Promosi Souvenir Pernikahan Berhasil

1. Memperluas Jaringan Kerjasama

Sebaik-baiknya cara promosi souvenir pernikahan untuk memperluas informasi, dapat dilakukan dengan menambah jaringan kerjasama. Baik dengan pebisnis yang bergerak dalam bidang yang sama, atau dengan cara merangkap pada jasa WO terbaik.

2. Memasang Testimoni Terbaik Dari Pelanggan

Penjual juga bisa memanfaatkan berbagai testimoni baik dari para klien yang pernah membeli souvenir padanya, dengan cara meminta penilaian, pandangan, serta saran dari pembeli.

3. Menargetkan Konsumen Potensial

Tips selanjutnya, yaitu dengan menentukan target konsumen potensial. Dengan begitu sasaran pembeli pun lebih terarah, dan promosi yang dilakukan tidak disebarkan asal-asalan.

4. Melihat Kebutuhan dan Keinginan Konsumen

Agar semakin efektif, penjual dalam melakukan seleksi dan prediksi terhadap kalangan target konsumen. Ini dapat dilakukan dengan cara melihat keinginan atau kebutuhan pembeli.

5. Gencar Promosi

Pada dasarnya promosi tidak bisa dilakukan setengah-setengah. Untuk mendapat keberhasilan, maka kuncinya adalah harus konsisten dan gencar dalam mengusahakan berbagai bentuk promosi.

Berikut ini juga tesedia sejumlah pilihan aplikasi, bisa kamu jadikan refernsi, simaklah di bawah ini.

Baca juga:

1. Kata-kata Promosi Jasa Wedding Organizer

2. Promosi Jasa Fotografi

3. Promosi Jasa Make Up

4. Aplikasi Promosi Online Gratis

Itulah 10 cara promosi souvenir pernikahan yang dapat dijadikan sebagai acuan, serta beberapa tips untuk membuat promosi serta pemasarannya berhasil.

Penulis: Ratih Pratiwi


Related Posts