taupasar.com

we read, we create and we share it.

10 Tips Promosi Jasa Fotografi Praktis dan Menarik

Membuat Kata Kata Promosi Jasa Potografi

Menguasai dunia fotografi merupakan salah satu cita-cita yang paling didambakan oleh generasi millenial saat ini. Dalam era yang serba digital, fotografi memegang peranan penting pada hampir seluruh lini kegiatan berbasis online seperti jual beli, postingan pribadi di media sosial, atribut pendukung dalam tulisan website, dan masih banyak lagi.

kata kata promosi jasa fotografi

Tak mengherankan pula jika prospek profesi penyedia jasa potografi sangat besar. Kepiawaian menghasilkan foto nan estetik serta skill dalam menampilkan sudut terbaik sebuah produk dibutuhkan dimana-mana. Oleh karena itu, beruntunglah mereka yang memiliki kemampuan dan kemauan untuk berkiprah di bidang ini.

Masalahnya, membuka jasa potografi dengan berbekal kemampuan saja tidak cukup. Untuk mensukseskan usaha tersebut, Anda membutuhkan strategi pemasaran yang baik agar jasa yang ditawarkan dapat dikenal oleh sebanyak mungkin orang mampu menarik minat mereka. Aspek ini sangat ditentukan oleh cara promosi Anda.

Trik Promosi Jasa Potografi Paling Efektif


Cara Anda dalam mempromosikan jasa sangat menentukan bagaimana respond para calon konsumen potensial. Selain menyusun konten promosi yang kreatif, penting pula untuk memastikan bahwa iklan promosi tersebut efektif dan dapat menjangkau khalayak secara maksimal.

1. Tampilkan karya-karya fotografi di media sosial

Menawarkan jasa fotografi tidak sama halnya dengan menawarkan jasa pemasangan saluran air, dimana tiap orang berpotensi akan membutuhkannya suatu saat. Sedangkan jasa fotografi memiliki calon konsumen yang tertentu, terutama anak-anak muda yang sedang eksis ber-media sosial atau pengusaha yang membutuhkan publikasi produk.

Untuk menggaet calon konsumen potensial ini, Anda harus tau dimanakah keberadaan mereka. salah satu misalnya, yakni platform instagram dimana setiap orang mengekspresikan perasaan mereka melalui foto. Dengan demikian, buat akun instagram Anda menyerupai katalog yang berisi karya-karya fotografi. Jangan lupa untuk memasang keterangan sedang membuka jasa fotografi di bio ya..   

2. Eksplorasi objek fotografi

Jasa fotografi memiliki cakupan yang sangat luas. Profesi fotografer terbagi dalam banyak fokus objek, misalnya fotografer pernikahan dan pre-wedding, fotografer untuk majalah dan website, fotografer untuk traveling, dan lain sebagainya.

Pastikan Anda sudah menawarkan jasa pada objek yang sudah dikuasai, bisa satu atau bahkan berbagai jenis fotografi. Penting untuk mencantumkan objek Anda agar calon konsumen yakin bahwa Anda lah yang mereka cari.  

3. Ikuti event-event fotografi

Mengikuti pameran atau perlombaan fotografi secara tidak langsung adalah langkah memperkenalkan kemampuan Anda kepada sosok-sosok yang berbakat sama dan juga yang sudah ahli di bidanya. Ada banyak manfaat mengikuti event seperti ini, menambah jaringan relasi, membuat kerjasama, peluang mendapatkan tawaran konsumen, hingga mem-branding diri sendiri.

4. Bekerjasama dengan publik figur

Trik ini sudah banyak sekali digunakan saat ini dan terbukti sangat efektif dalam memperkenalkan keahlian Anda kepada calon konsumen seluas-luasnya. Menggandeng publik figur (notabene memiliki banyak pengikut di media sosial mereka) sebagai model foto Anda menjadi salah satu bentuk promosi yang paling instan, mudah, dan cukup efektif.

5. Menawarkan jasa secara personal kepada konsumen potensial

Selain mencoba trik-trik berbasis online, Anda tidak boleh mengabaikan promosi berbasis offline. Salah satunya ialah dengan menjemput bola, menghubungi calon-calon konsumen potensial untuk menggunakan jasa Anda. Calon konsumen potensial salah satunya ialah produsen barang yang dipasarkan secara online, agensi model, dan lain sejenisnya.

Sebelum mengeksekusi tips ini, pastikan Anda sudah mempersiapkan portofolio dengan karya-karya terbaik. Semoga sukses.

6. Sebar brosur

Keunggulan utama brosur yang tidak dapat digantikan oleh jenis media promosi lain ialah ia dapat dibawa pulang oleh konsumen untuk disimpan. Hal ini sangat memudahkan bagi Mereka apabila suatu saat membutuhkan jasa Anda, mereka tinggal menghubungi nomor yang tertera. Sebar brosur dapat dilakukan di acara-acara berbasis anak muda atau sekira sangat berpotensi melibatkan jasa Anda.  

7. Sesekali buat promo

Terkadang seseorang yang tertarik untuk menggunakan jasa Anda masih terhalang oleh keterbatasan biaya. Beberapa calon konsumen mungkin masih menganggap harga jasa Anda terlalu mahal. Untuk mensiasati hal-hal semacam ini, mengadakan promo adalah trik promosi paling efektif.

Misalkan pada saat pandemi seperti ini, Anda dapat menawarkan jasa spesial edisi pandemi Covid-19. Karena mengharuskan untuk di rumah saja, Anda bisa mengusung tema pemotretan indoor di masing-masing rumah konsumen dengan melibatkan beberapa atribut foto tambahan. Layak dicoba, bukan?

8. Jika sudah memiliki studio, pasang plakat besar

Jika Anda masih mengawali karir dalam bidang jasa fotografi, jadikan bangunan studio foto sebagai prioritas pengembangan usaha Anda. Studio akan sangat menunjang karir jasa sekaligus kemudahan dalam meyakinkan calon konsumen bahwa jasa Anda sudah benar-benar profesional.

Memasang plakat besar di depan studio yang berisi karya-karya terbaik akan memberikan kesan tersendiri bagi pengguna jalan. Selain disuguhi dengan hasil potografi menakjubkan secara gratis, dijamin nama studio Anda akan selalu terkenang di benak mereka.

9. Upayakan konsumen menjadi marketer


Bagaimana caranya konsumen bisa menjadi agen marketing dari jasa Anda?

Caranya ialah dengan terus menjalin komunikasi dengan mereka. misalnya dengan menyimpan nomor mereka dan selalu mengirimkan pesan personal ketika jasa Anda sedang promo, memiliki fasilitas layanan baru dan lain sebagainya.

Dengan begitu, konsumen tidak akan mudah melupakan Anda dan merekomendasikan Anda kepada teman-teman mereka jika ada yang membutuhkan jasa potografi.

10. Berkolaborasi dengan jasa yang linear


Tidak ada salahnya berinisiatif melakukan kolaborasi dengan penyedia jasa lainnya yang sekira linear, misalnya dengan wedding organizer, MUA, agen travel pariwisata, dan lain sejenisnya.

10 cara promosi jasa fotografi ini dijamin akan menunjang usaha Anda dalam dunia fotografi, merubah bakat dan kemampuan menjadi pundi-pundi rupiah. Semoga sukses,

Penulis : Hanifah

Related Posts