taupasar.com

we read, we create and we share it.

Begini Cara Memulai Usaha Sewa Kebaya yang Menguntungkan

Begini Cara Memulai Usaha Sewa Kebaya yang Menguntungkan

Pakaian adat atau tradisional bernama kebaya kini banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Ini menandakan busana tersebut tidak pernah padam dipakai dari generasi ke generasi. Hal tersebut tidak salah, lantaran tren fashion kebaya pun kian berkembang sehingga menambah ketertarikan kalangan masa kini.
Cara Memulai Usaha
Dari fenomena tersebut, bagi seorang pebisnis mungkin hal itu dipandang sebagai peluang bisnis yang cemerlang. Maka dari itu Anda pun dapat mendirikan butik penyewaan kebaya. Melalui berbagai cara memulai usaha sewa kebaya berikut ini, Anda dapat segera mengelola bisnis tersebut dengan baik.

10 Cara Memulai Usaha Sewa Kebaya


1. Menyiapkan Modal Bisnis

Sebelum meyakinkan diri memulai usaha, para pebisnis pasti sudah mempertimbangkan dengan matang setiap rencana yang ingin dilakukannya untuk berbisnis. Maka hal penting yang perlu dipersiapkan selanjutnya adalah menyiapkan modal usaha.

Bisnis sewa kebaya tidak akan berjalan jika kita tidak memiliki modal sepeser pun untuk mengawalinya. Modal mewujudkan usaha sewa kebaya bisa berbeda-beda dan lebih fleksibel, tergantung skala bisnis yang ingin dijalankan.

Jika bisnis sewa busana skalanya besar, maka bisa membutuhkan modal lebih banyak. Sebaliknya, jika Anda ingin memulai dengan bisnis sewa kebaya sederhana terlebih dahulu maka modal mungkin lebih terjangkau.

2. Beli atau Buat Produk

Selanjutnya jika modal sudah benar-benar siap, maka pemikiran produk harus dipertimbangkan. Jika Anda memiliki keahlian membuat pakaian atau menjahit, mungkin bisa saja memproduksi kebaya sendiri. Untuk meringankan dan mempercepat proses produksi, Anda juga bisa merekrut beberapa pegawai sesuai kriteria. Sehingga bisnis bergerak secara tim.

Akan tetapi ini bukan sekadar cara memulai usaha sewa kebaya asal-asalan. Jika Anda tidak memiliki background atau keahlian membuat pakaian, maka lebih baik mencari supplier kebaya terpercaya. Pilihlah sumber pemasok produk dengan sebaik-baiknya, yaitu agen produksi kebaya modern terkemuka, profesional, dan ternama di wilayah Anda.

3. Memajang Sample Kebaya

Jika berbagai produk kebaya yang akan disewa telah dipersiapkan, jangan lupa gunakan beberapa sample untuk dipajang. Karena biasanya calon customer akan mulai tertarik setelah melihat bagaimana model kebaya yang Anda sewakan. Semakin menarik sample kebaya yang dipajang, maka semakin besar kemungkinan konsumen menggunakan jasa bisnis Anda.

Tidak hanya berlaku bagi butik, jika Anda menggunakan platform online untuk promosi, maka bisa memajang sample foto produk kebaya yang ready untuk disewa.

4. Miliki Butik Penyewaan Kebaya

Cara memulai usaha sewa kebaya berikutnya adalah menyewa atau membeli tempat usaha sebagai butik penyewaan, agar customer semakin mudah menghubungi jasa Anda jika sedang membutuhkan.

Tempat usaha memang diperlukan, karena ia dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan menyangkut bisnis.

Misalnya untuk menyimpan pasokan produk kebaya mulai dari model terlama hingga paling baru. Selain itu memberikan keleluasaan ketika ada klien yang ingin berdiskusi dan ingin bekerjasama. Lalu bisa dimanfaatkan untuk memajang kebaya menggunakan manekin.

5. Penyediaan Produk Beragam dan Menarik

Semakin lengkap penyediaan produk kebaya, semakin tinggi minat klien untuk menyewa busana dari tempat Anda. Dengan banyaknya pilihan, konsumen tidak akan kebingungan mencari dan memilah model mana yang paling cocok dengannya, sehingga penyediaan Anda tidak monoton.

6. Mengikuti Tren Fashion Kebaya

Agar tidak kebingungan dalam menyediakan keberagaman penyewaan produk, Anda bisa membuat diri lebih up to date dengan mengikuti tren fashion kebaya. Sehingga yang disediakan di butik Anda sangat beragam, mulai dari kebaya tradisional sederhana, hingga kebaya modern yang dapat digunakan untuk berbagai acara besar.

Makanya ini menjadi salah satu cara memulai usaha sewa kebaya yang paling penting. Karena jika tidak, bisnis beresiko tidak dilirik oleh target pasar. Dan seperti yang diketahui bahwa kini pemakaian kebaya sangat fleksibel, mulai dari acara pernikahan, wisuda, tunangan, festival, pameran fashion adat, dan berbagai event lainnya.

7. Menyesuaikan Harga Sewa

Tak kalah penting, proses berikutnya bisa Anda pakai untuk menyesuaikan harga sewa yang pas dan bersaing. Inilah tugas seorang pebisnis yang mudah tapi sulit, pasalnya Anda harus mampu menentukan kisaran harga sewa yang sesuai dengan target pasar.

Jika harga terlalu tinggi, konsumen bisa beralih kepada kompetitor lain. Dan jika terlalu rendah, keuntungan yang didapatkan pun rendah bahkan sulit untuk menutupi modal. Maka kuncinya, pebisnis melakukan riset dan mengetahui tren pasar mengenai rata-rata harga sewa kebaya. Dengan begitu penetapan harga pun menjadi lebih aman dan menjanjikan.

8. Perkuat Branding dan Promosi

Sejauh strategi di atas, cara memulai usaha sewa kebaya sudah hampir sempurna. Namun bisnis tidak hanya cukup sampai memulainya saja. Pemilik masih memerlukan usaha lebih untuk menciptakan kesuksesan darinya. Maka hal selanjutnya adalah memperkuat bisnis dengan branding dan promosi.

Pengelolaan usaha yang baik tergantung dari proses dan manajemen yang baik pula. Jika branding dialkukan dengan maksimal, maka nama bisnis sewa kebaya Anda dapat dikenal lebih luas dan mendatangkan klien lebih banyak. Selain itu promosi atau iklan dilakukan sebagai upaya lebih dalam menawarkan keunggulan produk Anda kepada konsumen.

9. Tawarkan Kepada Konsumen Sesuai Momen

Pebisnis yang baik harus memiliki insting serta pengetahuan luas mengenai kapan waktu yang tepat untuk menawarkan produknya. Penawaran yang baik dan efektif dilakukan pada timing yang tepat.

Anda bisa menawarkan sewa kebaya pada saat mendekati momen-momen tertentu. Misalnya saat musim wisuda yang sebentar lagi akan digelar di beberapa kampus, Anda harus sudah gencar menyasar mahasiswa atau target pasar yang berpotensi membutuhkan produk.

10. Membangun Koneksi dan Kerjasama

Tak hanya itu, membangun koneksi atau relasi dengan para pebisnis terkait juga diperlukan. Semakin luas relasi bisnis Anda maka semakin cerah prediksi kelancaran usaha Anda hingga di masa mendatang.

Bagaimana Prospek Usaha Sewa Kebaya?

Cara memulai usaha sewa kebaya sudah Anda ketahui seperti penjelasan di atas. Namun Anda juga perlu mengetahui sedikitnya prospek bisnis sewa kebaya, agar yakin dan sungguh-sungguh dalam mendirikan usaha tersebut.

1. Modal Usaha Sekali, Untung Berkali-Kali

Pertama, sewa kebaya termasuk dalam sewa yang tidak tingkat kerugiannya kecil. Anda hanya harus memiliki modal usaha di awal saja untuk mempersiapkan produk, tempat kerja, dan lain-lainnya. Selanjutnya pemilik bisa menikmati hasil keuntungan yang dihasilkan.

2. Target Pasar yang Luas

Kedua, peluang bisnis sewa kebaya cukup cerah karena pebisnis dapat menyasar target pasar yang sangat luas. Dengan begitu Anda bisa menggaet lebih banyak customer dari berbagai wilayah dan berbagai kalangan.

Prediksi permintaan pasarnya pun tak kalah tinggi, mengingat kebutuhan kebaya kini sangat marak. Kebaya kini sangat multifungsi, ia bisa dipakai untuk berbagai keperluan seperti acara pernikahan, wisuda, pertunangan, festival, dan berbagai pesta baju adat lainnya.

Simak juga sejumlah tambahan informasi lainnya pada beberapa artikel di bawah ini.

Baca juga:





Begitulah 10 cara memulai usaha sewa kebaya yang sangat lengkap dan efektif untuk Anda terapkan. Juga tak lupa pembahasan singkat mengenai peluang bisnisnya, sehingga Anda memiliki kepercayaan diri lebih untuk mendirikan bisnis tersebut.
Related Posts