taupasar.com

we read, we create and we share it.

Tips Memulai Usaha Otak-Otak Crispy yang Mudah Dilakukan

Tips Memulai Usaha Otak-Otak Crispy yang Mudah Dilakukan

Dunia bisnis kini kian dilirik banyak orang karena peluang dan kesempatan yang luas serta terbuka bagi siapa pun. 
Tips Memulai Usaha
Pebisnis yang kreatif dan bermotivasi besar, pasti akan memutar otak untuk memilih jenis usaha yang tepat. Jika Anda sedang mencari ide bisnis kuliner, maka berjualan otak-otak crispy dapat dicoba.

Meskipun terdengar mudah dilakukan, namun tetap ada prosedur yang lebih baik jangan dilewatkan. Sehingga berbagai tips memulai usaha otak-otak crispy harus diketahui sejak awal, agar bisnis dapat berjalan sesuai keinginan. 

Tips berikut ini pun merupakan langkah tepat untuk mengawali bisnis, dengan harapan Anda dapat unggul diantara kompetitor.

10 Tips Memulai Usaha Otak-Otak Crispy


1. Lihat Peluang dan Targetnya

Tindakan pertama yang perlu dilakukan pada rencana bisnis Anda adalah dengan analisis pasar. Tentunya bisnis tidak serta merta didirikan begitu saja tanpa arah dan tujuan. Jika pebisnis memiliki tujuan yang ingin dicapai maka ia pasti mempersiapkan segala sesuatunya dengan sangat apik.

Analisis pasar ini dilakukan dengan melihat seberapa besar peluang usaha otak-otak crispy yang akan dijalankan. Karena kuliner satu ini termasuk kekinian, maka peluangnya lebih jelas. Tentukan pula siapa yang menjadi target konsumennya, karena ini berpengaruh pada proses penjualannya.

Selain itu memilih tempat usaha yang tepat. Misalnya dengan menyewa tempat yang strategis dan banyak dilalui oleh orang-orang, terutama anak sekolah.

2. Kumpulkan Info Bisnis Otak-otak

Tips berikutnya yaitu, Anda perlu mengumpulkan informasi selengkapnya mengenai bisnis makanan ringan otak-otak ini. 

Misalnya mencari tahu apakah ada franchise yang bisa dijadikan mitra bisnis atau tidak. Atau jika ingin menjalankan dengan konsep home made, maka ketahui cara pembuatannya dengan baik.

3. Pilih Supplier Otak-otak Terpercaya

Lalu banyak pula pedagang yang memilih menyediakan stok dari supplier terpercaya. Jika memilih cara ini, pastikan penyuplai membuat produk dengan kualitas terjamin serta aman dikonsumsi. Misalnya memastikan bahwa produk dibuat dari ikan tenggiri asli.

Tips memulai usaha otak-otak crispy patut diterapkan, karena ke depannya akan menentukan bagaimana citra bisnis Anda bagi para konsumen. 

Pemilihan produk berkualitas pun sekaligus menjadi branding yang penting. Untuk memastikan kredibilitas penyuplai makanan, Anda dapat memilih supplier otak-otak tangan pertama yang telah bermitra dengan banyak penjual.

4. Persiapkan Modal yang Diperlukan

Tak kalah penting, pembuatan anggaran dan persiapan modal pun harus sudah dimulai. Bahkan jika sudah yakin dari jauh hari, persiapan dana bisnis harus sudah tersedia sesuai dengan rencana. Pertama-tama Anda dapat menuliskan anggaran biaya yang diperlukan.

Dan tenang saja, berjualan otak-otak crispy sangat ramah bagi Anda yang ingin membangun usaha sederhana. 

Sehingga pebisnis bisa menggunakan tabungannya untuk mulai membuka usaha. Ke depannya, usaha ini sangat mungkin untuk dikembangkan lebih besar lagi dengan inovasi yang ingin diterapkan, memanfaatkan keuntungan yang sudah dihasilkan.

5. Menyiapkan Alat dan Bahan

Tips memulai usaha otak-otak crispy berikutnya adalah mempersiapkan kelengkapan alat dan bahan yang dibutuhkan. 

Pada dasarnya Anda hanya perlu menyiapkan alat sederhana dan mudah ditemukan seperti penggorengan, kompor, gas, saringan minyak, hingga kemasan yang bisa dikreasikan semenarik mungkin untuk membedakan produk Anda dengan yang lainnya.

6. Menyiapkan Fasilitas untuk Jualan

Selain itu, pemilik usaha juga harus menyiapkan fasilitas atau tempat usah yang mendukung agar penjualan dapat dilakukan dengan maksimal. Penyiapan tempat usaha dilakukan dengan menyesuaikan rencana, budget, serta skala bisnis yang akan dijalankan.

Jika jenis usahanya sederhana atau termasuk UMKM, Anda bisa membeli gerobak yang lebih ramah dalam pengeluaran anggarannya. Jika budget mencukupi untuk sewa atau beli toko, maka tidak masalah untuk melakukannya. Atau bisa juga dengan berjualan secara online, yang mana Anda dapat menggunakan alternatif penjualan tersebut secara gratis.

7. Ketahui Resep Pembuatan dan Cara Penjualan

Otak-otak crispy memiliki keunikan yang membedakannya dengan otak-otak pada umumnya, dan hal inilah yang diincar para food lover

Agar terkesan kekinian dan menarik untuk dicoba, kuliner satu ini memiliki tekstur yang lebih krenyes di bagian luarnya. Karena itu, Anda harus mengetahui teknik pengolahan hingga penggorengannya.

8. Lakukan dengan Sungguh-Sungguh

Tidak sedikit bisnis yang mengalami kemunduran dan salah satunya disebabkan karena pilihan yang tidak konsisten, atau pebisnis kurang yakin dalam mengelolanya. 

Bahkan rasa tidak percaya diri bisa membuat kita tidak bisa sabar menanti hasil. Oleh karenanya tips memulai usaha otak-otak crispy harus dilakukan dengan rasa yakin, dan merupakan pilihan diri sendiri.

9. Promosi yang Maksimal

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat penjualan lebih laris dibeli konsumen. Salah satunya melakukan promosi dengan gencar. Promosi bisa dilakukan secara sederhana dari mulut ke mulut, dengan tata bahasa unik dan menarik perhatian.

Bisa juga membuat iklan brosur hingga spanduk. Yang lebih menarik lagi, Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk beriklan lebih luas, cepat, bahkan gratis. Semuanya dapat dimulai dengan mudah, sejak Anda membuat akun bisnis yang meyakinkan. Lalu menyiapkan konten kreatif seperti foto produk sebagai katalog, hingga video pendek yang menarik.

10. Usung Berbagai Promo Menarik

Untuk menarik pelanggan, dapat disiasati dengan adanya promo menarik. Misalnya menerapkan harga promo khusus awal buka, hingga promo beli sekian gratis sekian. Bahkan jika penjualan dilakukan secara online, Anda dapat mengadakan promo gratis ongkir yang bisa diumumkan melalui akun bisnis tersebut. Lebih luas lagi masih ada ide promo menarik lainnya yang bisa diterapkan.

Anda juga bisa mendapatkan informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Berbagai tips memulai usaha otak-otak crispy di atas dapat Anda terapkan, dan buktikan sendiri hasilnya. Dijamin rencana usaha dapat dijalankan dengan baik sesuai rencana.
Related Posts