taupasar.com

we read, we create and we share it.

11 Tips Memulai Usaha Baru Berikut Ini Penting untuk Dilakukan

11 Tips Memulai Usaha Baru Berikut Ini Penting untuk Dilakukan


Menjalankan usaha tidak cukup hanya mengandalkan niat dan modal saja, agar usaha semakin berkembang perlu adanya strategi dalam menjalankannya. Banyak pengusaha akhirnya mundur karena strateginya kurang tepat dan meyakinkan.
tips memulai usaha
Strategi usaha juga diperlukan dalam menjalankan usaha baru. Baik pengusaha pemula ataupun pengusaha yang sudah berpengalaman dan sedang memulai usaha baru perlu adanya strategi dalam memulai usaha baru. Di bawah ini tips memulai usaha baru yang sangat penting untuk kamu terapkan.

Tips Memulai Usaha Baru

1. Menganalisis Besarnya Peluang Usaha

Menjalankan usaha perlu adanya analisis seberapa besar peluang suatu usaha baru, kamu bisa memperhatikan usaha-usaha baru yang sedang berkembang untuk kemudian dimodifikasi. Cara ini bisa memberikan ide bisnis dengan cepat agar tetap bertahan ditengah banyaknya usaha baru yang bermunculan. 

Produk usaha bisa ditemukan dengan mudah, hanya dengan memodifikasi usaha orang lain. Namun sebelum benar-benar memulai usaha, perlu adanya analisis apakah produk jualan akan laku di pasaran ataukah tidak.

2. Pilihlah Lokasi Usaha yang Strategis

Tingkat pengunjung toko hingga tingkat penjualan produk sangat dipengaruhi oleh lokasi usaha. Tips memulai usaha baru agar penjualan setiap bulan kedepannya tetap stabil bahkan meningkat adalah dengan memilih lokasi usaha yang strategis.

Pilihlah lokasi usaha yang tingkat pengunjung setiap harinya banyak, seperti toko di pinggir jalan. Lokasi ini sangat strategis untuk dijadikan tempat usaha. Jika kamu ada modal lebih banyak kamu bisa langsung membeli toko yang cocok. Tapi jika modalnya tidak cukup kamu bisa memilih untuk menyewa lokasi toko yang strategis. 

3. Tentukan Nama Perusahaan

Nama perusahaan sangat penting untuk terus meningkatkan bisnis kamu. Nama perusahaan inilah yang akan menghubungkan perusahaan kamu dengan pembeli. Buatlah nama perusahaan yang unik, menarik, bagus dan enak didengar. 

Memiliki nama perusahaan yang unik, menarik, bagus dan enak didengar akan mudah diingat oleh pembeli. Jadi mereka akan senang bila merekomendasikan produk kamu ke teman, keluarga, tetangga dan karyawan mereka. Semakin banyak yang mengenal produk dan perusahaan kamu maka akan semakin menambah tingkat penjualan dan omzet setiap  bulannya. 

4. Menentukan Visi Misi

Menjalankan usaha juga perlu adanya visi misi sebagai acuan untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan memiliki visi misi membuat kamu dan karyawan semakin semangat dan terus meningkatkan kualitas dikarenakan memiliki tujuan yang jelas dalam menjalankan usaha. Kamu bisa mencontoh visi misi di bawah ini:

Visi
  • Menjadi perusahaan yang bermanfaat dan berperan aktif dalam mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia
Misi
  • Membuka cabang usaha sebanyak-banyaknya agar banyak menerima lowongan pekerjaan.
  • Mencapai target penjualan setiap harinya
  • Meningkatkan kualitas produk
  • Kreatif
  • Terus menambah cabang setiap bulannya

5. Membuat Rencana Bisnis dengan Baik

Membangun bisnis perlu adanya rencana, tidak inginkan jika bisnis kamu malah menurun bahkan bangkrut. Maka itu perlu adanya perencanaan bisnis yang baik. Dalam perencanaan bisnis ini kamu tidak hanya harus mencantumkan target laba bersih saja per bulannya. 

Perencanaan bisnis selain laba bersih melainkan dalam perencanaan bisnis ini kamu juga harus mencantumkan latar belakang membangun usaha, target market, kompetitor dan lainnya. 

6. Yakinkan Diri 

Memiliki keyakinan yang kuat dan pantang menyerah adalah kunci agar bisnis terus berjalan. Hilangkan lah pikiran-pikiran negatif dalam pikiran kamu mengenai bisnis. Yakinkan diri kamu bahwa kamu bisa memulai dan yakin dapat membangun kerajaan bisnis yang luas. 

Jika keyakinan dalam membangun bisnis saja masih setengah-setengah maka jangan harap bisnis kamu akan semakin berkembang. 

7. Buat Target Usaha

Membangun bisnis haruslah menentukan target-target yang ingin dicapai terlebih dahulu. Target usaha bisa dijadikan sebagai acun ketika kamu malas untuk berjualan produk kamu. 

Target usaha ini berbeda dengan visi misi, target usaha hanya berfokus pada jumlah cabang yang ingin dibangun dan jumlah profit yang ingin dicapai setiap bulannya. Misalnya kamu bisa membuat target usaha untuk memiliki puluhan cabang bisnis.

8. Tentukan Keunikan Usaha

Dalam dunia bisnis kreatifitas adalah satu hal yang sangat penting, banyak orang akan merasa bosan terhadap suatu produk dikarenakan produk tersebut tidak memiliki keunikan tertentu. Sehingga  pembeli pun semakin menurun yang mengakibatkan bangkrutnya perusahaan. 

9. Belajar dari Pengusaha Sukses

Tips memulai usaha baru selanjutnya adalah dengan terus belajar mengenai dunia bisnis dari kisah-kisah pengusaha sukses. Misalnya KFC usaha ayam tepung yang sebelum dikenal di seluruh dunia, produk ini banyak ditolak oleh orang-orang. 

Dengan membaca kisah-kisah pengusaha sukses kamu bisa belajar bisnis dari kisahnya, kisah mereka juga bisa dijadikan ide dalam membuat sebuah keputusan bisnis dikemudian hari.

10. Membuat Catatan Pengelolaan Keuangan 

Banyak pengusaha baru akhirnya menyerah dikarenakan tidak dapat mengontrol keuangan perusahaan. Mereka kerap kali tercampur antara uang perusahaan dengan uang pribadi mereka. Maka penting sekali untuk membuat catatan pengelolaan keuangan perusahaan. Dalam catatan tersebut minimalnya memuat seputar pembelian, penjualan, pengeluaran uang kas dan penerimaan uang kas.  

Ada banyak sekali keuntungan ketika kamu mencatat semua kegiatan transaksi. Selain dapat mengontrol keuangan perusahaan juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan bisnis kedepannya. 

11. Rencanakan Strategi Promosi yang Baik

Dalam dunia bisnis kegiatan promosi adalah paling penting, karena kegiatan ini untuk mengenalkan produk yang dihasilkan perusahaan ke masyarakat. Buatlah perencanaan promosi yang baik, unik dan menarik. 

Biasanya promosi yang unik akan dapat berpengaruh terhadap tingkat pembelian nantinya. Untuk promosi kamu bisa memanfaatkan semua aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram dan Tiktok. 3 akun media sosial ini lebih banyak dibuka oleh orang-orang dibandingkan dengan aplikasi lainnya. 

Untuk bisa menambah informasi, kamu bisa menyimak sejumlah tambahan informasi pada sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:






11 tips memulai usaha baru di atas sangat penting bagi kamu pengusaha pemula sebagai bahan pertimbangan untuk mengembangkan usaha kamu kedepannya.  Lakukan hal yang sama juga kepada bisnis kamu yang lain, semoga kerajaan bisnis kamu semakin sukses ya.
Related Posts