taupasar.com

we read, we create and we share it.

Ternyata Begini Cara Daftar TikTok Shop Seller yang Mudah

Ternyata Begini Cara Daftar TikTok Shop Seller yang Mudah

Saat ini aplikasi TikTok menyuguhkan kemajuan yang memudahkan pengguna untuk menjual ataupun belanja secara online
Cara Daftar TikTok Shop
TikTok Shop Seller merupakan salah satu fitur terbaru yang dapat Anda manfaatkan untuk kebutuhan tersebut. Karenanya kini pengguna dapat membuat konten dengan manfaat tinggi untuk meraih keuntungan.

Sebagai dasarnya, tentu saja Anda perlu memahami cara daftar TikTok Shop Seller agar rencana terwujud dengan baik. Meskipun begitu langkah pendaftarannya dapat dilakukan dengan mudah jika dipahami dan dilakukan dengan cermat. Namun sebelumnya ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

Persiapan Cara Daftar TikTok Shop Seller


1. Jenis Bisnis

Persiapan utama jika Anda ingin membuka promosi usaha melalui fitur di TikTok, tentunya harus menentukan atau memiliki bisnis yang diinginkan. 

Akan lebih mudah jika pendaftar sudah memiliki jenis usaha yang akan dijalankan melalui platform tersebut, karena hal tersebut akan menjadi data saat mengisi formulir pendaftaran.

Dan memang kebanyakan pebisnis yang mendaftar adalah mereka yang ingin mencoba strategi marketing ini sebagai alternatif tambahan. Sehingga setidaknya sebelumnya bisnis memang telah berjalan.

2. Kartu Identitas

Hal yang paling penting, cara daftar TikTok Shop Seller akan diproses ketika pemohon menyertakan kartu identitas atau KTP. Penyertaan KTP menjadi sesuatu yang familiar dilakukan sebagai tanda bahwa data diri pemohon memang valid. Dengan begitu pula proses pendaftaran akan dikonfirmasi dengan mudah dan cepat.

3. Terbiasa dan Siap Berkonten

Kebanyakan pengguna TikTik Shop adalah mereka yang terbiasa atau familiar akan penggunaan teknologi terbaru. 

Kebanyakan pebisnis yang menjajal fitur bisnis dari TikTok adalah kalangan anak muda yang mudah memahami penggunaan medianya. Karenanya, pebisnis dituntut harus bisa dan terbiasa membuat konten produk menarik untuk diunggah.

Tata Cara Daftar TikTok Shop Seller


1. Buka Halaman Website

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka link yang mengarah pada halaman pendaftaran TikTok Shop Seller Center, yaitu seller-id.tiktok.com. 

Website tersebut ini akan menyediakan fitur pendaftaran untuk berbisnis seperti yang diperlukan. Buat akun dan masukkan syarat awal yang diminta seperti nomor telepon dan email.

2. Verifikasi

Jika proses di atas telah dikirim, maka permohonan akan dipertimbangkan oleh pihak TikTok Shop. Namun belum berhenti sampai disana, cara daftar TikTok Shop Seller agar diterima ini membutuhkan kode verfikasi. 

Anda harus memantau email atau nomor telepon untuk memastikan bahwa kode verifikasi telah diberikan, sehingga selanjutnya bisa dimasukkan pada kolom yang diminta.

3. Profil Bisnis

Setelah itu Anda bisa login dan dapat mengubah atau set up detail profil bisnis, seperti menambahkan nama toko penjualan, jenis produk, alamat bisnis, hingga nomor telepon yang dapat dihubungi.
Unggah pula KTP pemilik untuk memastikan kebenaran dan kredibilitas bisnis. 

Setelahnya, tunggu beberapa saat hingga pemilik bisa menambahkan foto produk. Untuk mengunggahnya maka tekan tombol submit terlebih dahulu. Jika belum dapat diklik, maka pastikan Anda memenuhi syarat administrasi lainnya sesuai dengan yang diminta.

4. Tautkan Akun dengan Rekening Bank

Dalam cara daftar TikTok Shop Seller jangan lupakan pula memikirkan hal lain secara menyeluruh, termasuk mengenai pendapatannya. Jika Anda memperoleh penghasilan dari TikTok Shop maka uang perlu dicairkan. Karenanya, akun bisnis tersebut harus dihubungkan ke rekening bank yang digunakan.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu kembali ke homepage dan klik ‘Link Bank Account’ lalu ‘Link Account’. Tuntaskan proses selanjutnya hingga penghasilan nantinya dapat dimasukkan ke rekening pribadi.

Cara Mengelola Akun Bisnis TikTok Shop Seller


1. Membuat Katalog Menarik

Fitur dari TikTok Shop dirancang sedemikian rupa menyesuaikan dengan kebutuhan usaha. Sehingga Anda bisa memaksimalkan penjualan darinya. Salah satu cara terbaik mengelola akun bisnis ini dapat dilakukan dengan membuat katalog produk semenarik mungkin.

Untuk meningkatkan pengalaman berbelanja terbaik bagi konsumen, pemilik atau admin bisa mengoptimasi katalog produk pada fitur etalase yang telah disediakan. Yaitu dengan memuat foto produk yang berfariasi, dilengkapi dengan informasi harganya. 

Lebih bagus apabila katalog lebih interaktif dan responsif. Sehingga konsumen bisa langsung membeli dengan mudah.

2. Bekerjasama dengan Influencer

Setelah cara daftar TikTok Shop Seller diterapkan, tentunya akun tersebut harus dikelola sebaik mungkin. Tips lainnya yaitu dengan berkerjasama menggunakan jasa influencer atau kreator TikTok yang memiliki banyak followers, sehingga berdampak pada penjualan. Hal baiknya, akan semakin banyak target pasar yang diarahkan ke akun bisnis Anda.

Sudah banyak pemilik bisnis yang memilih bermitra dengan influencer, alasannya agar iklan atau promosi produk dapat meraih banyak perhatian dari user secara luas. Pastikan saja kerjasama bisnis ini dilakukan sesuai prosedurnya agar lebih tertib dan ada feedback saling menguntungkan.

3. Promosi Akun TikTok Shop Secara Meluas

Tak hanya membuat katalog atau mengandalkan jasa influencer, Anda juga bisa memaksimalkan promosi dengan membuat konten video kreatif yang berkaitan dengan produk ataupun akun TikTok Shop. Buatlah target pasar lebih mengenal brand bisnis atau akunmu. Maka ada kemungkinan besar lapak bisnis Anda dikunjungi banyak calon pembeli.

Selain itu, Anda bisa mencoba teknik soft selling untuk memperkuat branding. Yaitu dengan mengadakan giveaway event pada momen-momen tertentu, hingga mengikuti challenge TikTok sesuai tren. Intinya admin pun harus peka dan mengikuti setiap perkembangannya.

Jangan lewatkan juga sejumlah informasi lainnya tepat di bawah ini.

Baca juga:





Itulah pembahasan mengenai cara daftar TikTok Shop Seller yang mudah, lengkap dengan persiapan serta cara mengelolanya yang dapat Anda terapkan, sehingga akun bisnis lebih berkembang dan mencapai target penjualan tinggi.
Related Posts