taupasar.com

we read, we create and we share it.

Teknik Ampuh Cara Mencari Supplier Tangan Pertama untuk Usaha

Teknik Ampuh Cara Mencari Supplier Tangan Pertama untuk Usaha

Yang namanya menjalankan sebuah usaha pasti harus ada produk yang harus ditawarkan kepada konsumen. Maka kehadiran supplier memang sangat penting, karena menjadi salah satu pendukung dalam bisnis. Karenanya, Anda harus mulai memikirkan cara mencari supplier tangan pertama untuk usaha, agar semua rencana berjalan sesuai rencana.
Cara Mencari Supplier
Jika reseller menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan penyuplai, maka bisnis yang dimiliki bisa lebih terjamin keberlanjutannya. Makanya hal ini menjadi kunci utama meraih kesuksesan dalam berbisnis. Bisnis dengan berbagai jenis produk apapun, pada umumnya selalu memiliki penyuplai andalan di belakang mereka.

5 Cara Mencari Supplier Tangan Pertama untuk Usaha

Mencari produsen produk yang akan kita jual bisa menjadi lebih mudah, jika Anda mencarinya tanpa menyesuaikan kriteria yang dibutuhkan. Namun untuk mendapatkan penyuplai yang tepat, beberapa tips berikut ini bisa menjadi acuan yang lebih efektif.

1. Mengunjungi Produsen Secara Langsung

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengunjungi secara langsung produsen atau pabrik yang membuat produk yang akan Anda jual kembali. Penyuplai barang tangan pertama yang paling baik dipilih adalah dari pabriknya langsung.

Karena biasanya di sana penyuplai memproduksi barang dalam jumlah yang banyak untuk didistribusikan kepada para penjual atau reseller untuk kembali dipasarkan kepada konsumen.

2. Pilih Supplier Ternama di Wilayah Anda

Selain itu pilih juga penyuplai yang sudah dikenal baik, terutama di wilayah Anda dan sesuai dengan bidang bisnis yang Anda jalankan. Apapun usaha yang dijalankan, pastinya Anda menginginkan sistem re-stock produk dilakukan melalui kerjasama dengan penyuplai terbaik.

Pebisnis bisa memilih produsen tangan pertama paling dekat dengan wilayah bisnisnya. Namun kriteria untuk memilih yang memiliki kredibilitas terbaik harus selalu diprioritaskan.

3. Mengunjungi Pasar Grosiran

Cara mencari supplier tangan pertama untuk usaha berikutnya bisa dilakukan dengan mengunjungi pasar grosiran. Umumnya, para penyuplai tangan pertama banyak berlalu lalang dan memiliki kepentingan bisnis dengan pennjual grosiran.

Penyuplai membutuhkan penjual yang bisa membeli dan menjajakan produk mereka dalam jumlah yang tidak sedikit. Begitu pula bagi pedagang di pasar grosiran, membutuhkan penyuplai untuk memastikan stok produk dagangan tetap tersedia dengan aman.

Penyuplai bisa memberikan stok produk yang banyak dengan harga eceran yang sesuai tren pasar atau lebih terjangkau.

4. Mencari Supplier Secara Online

Tak melulu secara langsung, kini mencari supplier dapat dilakuakn dengan cara yang lebih praktis. Adanya website, aplikasi, atau media sosial, bisa menjadi alternatif untuk Anda mencari apa yang dibutuhkan.

Melalui marketplace misalnya, Anda bisa menemukan supplier produk dengan kriteria tertentu yang dibutuhkan. Dengan adanya fitur filter, user bisa menentukan kriteria penjual seperti apa yang diinginkan. Atau melalui media sosial, pebisnis bisa memanfaatkan fitur yang ada secara tak terbatas, termasuk dalam menginformasikan pencarian supplier produk tertentu.

5. Tergabung dalam Forum atau Event Bisnis

Cara mencari supplier tangan pertama untuk usaha yang ampuh dan umumnya dilakukan adalah dengan mengikuti forum hingga event yang berhubungan dengan sentra bisnis. Forum sangat berguna sebagai media sharing dan menambah wawasan satu sama lain.

Dan tentunya yang tergabung dalam forum bisnis pun tidak sembarangan, hanya orang-orang dengan kepentingan dalam ruang lingkup bisnis yang akan berkumpul. Begitu juga dengan event atau bazar bisnis.

5 Kriteria Supplier Tangan Pertama Pilihan Terbaik


Menentukan kriteria supplier bisnis terbaik juga dapat dijelaskan dengan lebih spesifik, agar pebisnis memilih secara mudah dan tepat.

1. Produksi dalam Jumlah Besar

Dalam menentukan kriteria penyuplai produk bisnis terbaik, Anda bisa memilih produsen terpercaya. Yaitu mereka yang selalu memproduksi atau menyediakan produk dalam jumlah yang tak tanggung-tanggung, karena memang pada umumnya seperti demikian.

Jika penyuplai kurang meyakinkan dengan jumlah produksi yang tanggung, dikhawatirkan ia memiliki kendala internal yang bisa berakibat fatal pada bisnis yang Anda rintis.

2. Kualitas Produk Unggulan

Memerhatikan kriteria tertentu bisa menjadi acuan dalam cara mencari supplier tangan pertama untuk usaha. Salah satu hal yang berarti adalah memastikan bahwa supplier yang dipilih selalu menghasilkan produk dengan kualitas terbaik, sesuai dengan yang diminta. Dari sini, Anda perlu menyesuaikan kualitas barang dengan yang dibutuhkan target pasar.

3. Berpengalaman dalam Menyuplai Barang

Banyak pebisnis yang memilih penyuplai terkemuka atau sudah banyak dipilih. Karena semakin tinggi pengalaman kerjasamanya dengan para customer, ini bisa menjadi gambaran bahwa supplier tersebut profesional dan kooperatif. Jika melalui marketplace, Anda bisa melihat profil penjual dan menganalisa kredibilitasnya.

4. Komunikasi dan Kerjasama Baik

Kerjasama yang ideal biasanya ditandai dengan komunikasi yang baik antar pihak yang berkaitan. Dalam hal ini baik supplier atau penjual harus memiliki kesepakatan kerja yang baik.

Jika proses kerjasama terjalin dengan apik, maka ke depannya akan ada kelanjutan yang baik. Sebaliknya, jika komunikasi bisnis tidak berjalan lancar maka bisa menyebabkan kesalah pahaman atau tujuan yang bertolak belakang.

5. Penawaran Harga Sesuai Tren

Terakhir, kriteria terbaik supplier adalah yang memahami pasar bisnis dengan baik. Artinya ia memang profesional, dan tidak akan merugikan orang-orang yang berbisnis dengannya. Misalnya penerapan harga beli suplai barang sesuai dengan tren pasarnya, sehingga Anda bisa membeli dan menjualnya kembali dengan harga yang kompetitif kepada konsumen.

Simak juga sejumlah informasi tambahan lainnya berikut ini.

Baca juga:





Begitulah beberapa cara mencari supplier tangan pertama untuk usaha, yang terbukti ampuh untuk diterapkan oleh pebisnis. Apapun jenis usahanya, memilih penyuplai tangan pertama yang baik adalah kuncinya.
Related Posts