taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Tips Memulai Usaha Tiktok Shop

7 Tips Memulai Usaha Tiktok Shop

Tiktok adalah salah satu media sosial yang sudah memiliki banyak pengguna di Indonesia. Setelah Facebook dan Instagram, kini ada media sosial bernama Tiktok yang menjadi ajang untuk menjalin komunikasi, berbagi informasi, berbagi pengetahuan dan juga bisa digunakan untuk berjualan online.
Tips Memulai Usaha
Tiktok dengan beragam fitur yang disediakan seperti FYP atau home, pencarian, profil, dan buat video juga menyediakan fitur yang khusus untuk para pengusaha. Tak mau kalah dengan Instagram yang menyediakan fitur toko, dan Facebook yang menyediakan fitur marketplacenya, Tiktok juga meluncurkan fitur yang serupa dengan nama Tiktok shop. 

Tiktok Shop sangat dianjurkan untuk kamu yang ingin memulai usaha melalui media sosial Tiktok.Ada beberapa tips dan cara yang harus kamu pelajari agar sukses meraup keuntungan puluhan juta per iklan di Tiktok Shop. Berikut ini 7 tips memulai usaha Tiktok. 

Tips Memulai Usaha Tiktok Shop


1. Buatlah Akun Tiktok Bisnis

Tiktok memang merupakan aplikasi media sosial yang gunanya untuk menjalin komunikasi, berbagi informasi dan pengetahuan melalui video pendek. Tetapi buat kamu yang ingin sukses dengan jualan online Tiktok bisa digunakan untuk ajang promosi produk kamu. 

Tips memulai usaha tiktok shop untuk mempermudah kamu dalam promosi adalah dengan membuat akun Tiktok bisnis. 

Keuntungan membuat akun Tiktok bisnis adalah akan mempermudah kamu dalam mengatur katalog. Selain itu juga akan mempermudah dalam proses penjualan di Tiktok Shop.

2. Buat Konten yang Tren

Tiktok adalah aplikasi untuk berbagi informasi, pengetahuan dan untuk mengekspresikan diri. Di Tiktok terkadang suka ada tren baru setiap minggunya. 

Misalnya beberapa hari lalu ada tren film layangan putus. Banyak konten kreator membuat video dengan tema salah satu scene film layangan putus. Agar postinganmu muncul di FYP ribuan orang, kuncinya adalah membuat konten video dengan tema yang lagi tren di Tiktok. 

Konten video yang muncul di FYP akan berpengaruh terhadap peningkatan jumlah follower baru. Follower ini merupakan target market kamu. Dengan begitu kamu akan mudah menemukan calon pembeli dan pembeli pun akan mudah menemukan produk kamu. 

3. Buatlah Konten Video Tiktok yang Menarik

Tiktok tidak akan mudah menjadikan konten kamu muncul di FYP orang lain. Selain pengaruh dari video yang sesuai dengan tren juga pengaruh dari isi konten video yang ditayangkan. 

Jika tema yang diambilnya itu sesuai dengan tren Tiktok, tetapi isi kontennya tidak menarik, jangan harap konten video kamu muncul di beranda atau FYP ribuan orang. 

Perhatikan bahwa video yang akan kamu posting di Tiktok itu hasilnya jernih, tidak ada mengalami lag tidak buram, dan isi kontennya tidak membosankan. 

Dengan memperhatikan hal di atas, dijamin konten kamu akan muncul di FYP ribuan pengguna Tiktok. Untuk membuat isi konten yang menarik berdasarkan Tips dari seorang pengusaha sukses Kang Dewa Eka Prayoga, kamu bisa menggunakan strategi ATM. Strategi ATM adalah singkatan dari Amati, Tiru dan Modifikasi. 

Maksud dari amati adalah mengamati konten orang lain, sedangkan tiru dan modifikasi maksudnya adalah meniru tema dan beberapa isi kontennya yang kemudian kamu modifikasi konten tersebut. Tetapi jangan sampai kamu meniru persis seperti konten orang tersebut namun modifikasilah konten tersebut.
 
4. Memaksimalkan Fitur-fitur Tiktok

Tiktok adalah media sosial yang kontenya berupa video. Fitur yang disediakan ketika membuat video diantaranya adalah musik, filter sulih suara, dan editing

Fitur ini bisa kamu gunakan ketika membuat konten video di Tiktok. dengan menambahkan fitur-fitur yang disediakan oleh Tiktok bisa membuat konten video kamu lebih menarik. 

5. Tambahkan Hashtag yang Lagi Tren

Membuat konten di media sosial seperti Facebook, Instagram dan Tiktok agar mudah konten kamu ditemukan oleh target market adalah dengan menambahkan hashtag di setiap konten yang kamu posting. Hal ini karena dengan penggunaan hastag pengguna lain akan mencari informasi dari media sosial tersebut yang ditampilkannya. 

Aplikasi tersebut akan menampilkan hasil pencarian sesuai dengan hashtag dan isi konten yang sesuai dengan kata kunci yang dituliskan pengguna.
 
Penggunaan hashtag bisa disesuaikan dengan tren yang ada di Tiktok pada saat kamu membuat konten video. Misalnya lagi tren Layangan Putus, kamu bisa menggunakan hastag #layanganputus #wetv. Dengan penggunaan hashtag seperti ini konten kamu akan mudah untuk muncul di FYP ribuan orang. 

6. Memanfaatkan Fitur Iklan Konten Tiktok

Tiktok menyediakan fitur iklan yang gunanya untuk membuat postingan kamu bisa muncul di FYP ribuan orang. Hanya dengan modal 15 ribuan saja konten kamu akan muncul di minimal 2.000 pengguna Tiktok. Jika konten kamu menarik akan menambah follower baru, dan meningkatkan jumlah penjualan produk.

Jadi jika kamu ingin meningkatkan jumlah tonton, follower dan jumlah penjualan produk maka kuncinya adalah harus menggunakan fitur iklan yang disediakan oleh Tiktok. 

Tiktok hanya akan memunculkan konten kamu ke follower kamu dan beberapa pengguna lain yang hitungannya tidak sampai 100 pengguna, maka menggunakan fitur iklan adalah solusi agar postingan kamu muncul di FYP ribuan orang. 

7. Jangan Pernah Menyerah

Berjualan baik melalui online ataupun offline, sifat tidak mudah menyerah dan terus belajar harus kamu miliki. Utamanya dalam berjualan di media sosial, banyak yang harus kamu pelajari agar sukses meraup keuntungan hingga puluhan juta per hari. Salah satu yang harus kamu pelajari adalah waktu yang tepat untuk posting konten video.

Waktu postingan bisa berpengaruh terhadap jumlah tonton sehingga akan berpengaruh juga terhadap peningkatan jumlah follower baru dan jumlah penjualan. 

Hal ini tentu harus kamu pelajari. Selain itu masih banyak lagi yang harus kamu pelajari dalam membuat konten yang menarik di Tiktok. Maka kuncinya adalah jangan pernah menyerah. 

Terdapat informasi lainnya yang bisa didapatkan tepat di bawah ini.

Baca juga:





Di atas adalah 7 tips memulai usaha Tiktok Shop. Semoga tips di atas bisa membuat usaha kamu di media sosial meningkat drastis dan meraup keuntungan puluhan juta per hari. Semangat ya!
Related Posts