taupasar.com

we read, we create and we share it.

Menarik, Inilah Tips Memulai Usaha Jasa Voice Over

Menarik, Inilah Tips Memulai Usaha Jasa Voice Over

Tips memulai usaha jasa voice over sesungguhnya sederhana. Bahkan dengan kemudahan teknologi komunikasi saat ini, kamu bisa menekuni dunia jasa tersebut tanpa harus keluar rumah.
Tips Memulai Usaha Jasa
Kata Voice Over berasal dari Bahasa Inggris yang artinya pengisi suara. Seseorang yang bekerja di dunia Voice Over biasa disebut talent Voice Over.

Jasa Voice Over umumnya dibutuhkan untuk iklan, konten video, animasi, radio, maupun rekaman. Semakin marak kebutuhan terhadap konten visual di media sosial, posisi Voice Over menjadi semakin penting.

Lalu, apakah semua orang bisa menjadi Voice Over?

Jawabannya, tentu saja iya. Saat ini sudah banyak pelatihan maupun komunitas bagi para talent voice over. Dengan rajin berlatih dan tekad untuk mengembangkan diri, semua orang mempunyai potensi sama untuk menjadi pengisi suara.

Mengubah hobi menjadi pendapatan tentu adalah keinginan semua orang. Jika kamu berminat menekuni dunia Voice Over, mengapa tidak memulai usaha jasa Voice Over?

Jika kamu belum pernah mencoba memulainya, jangan khawatir. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas 5 tips memulai usaha jasa voice over. Simak penjelasannya berikut:

Tips Memulai Usaha Jasa Voice Over

1. Modal Skill yang Cukup

Pepatah mengatakan, tidak ada kata ‘selesai belajar’. Belajar adalah kebutuhan seumur hidup, tidak terkecuali mempelajari kemampuan mengasah suara untuk menjadi voice over.

Sebelum membuka sebuah jasa, tentu kamu harus memiliki modal yang layak ditawarkan kepada calon klien. Dalam bidang ini, tentu saja modalnya adalah kemampuan membawakan narasi yang bagus.

Oleh karena itu, sebelum membuka jasa, pastikan kamu sudah berlatih dan mempunyai kemampuan yang cukup. Setelah itu, kamu bisa berlatih sambil menjalankan usaha.

2. Membeli Perekam Suara dan Software Editing

Dalam dunia Voice Over, kejernihan suara adalah kebutuhan wajib. Dukungan peralatan perekaman yang berkualitas akan meningkatkan keindahan suara serta menguatkan karakter yang dibangun.

Tanpa peralatan yang memadai, jasamu akan sulit berkembang karena kalah bersaing dengan jasa-jasa lain yang sudah menggunakan alat mumpuni.

3. Mencari Lowongan Voice Over di Berbagai Portal Lowongan Kerja Online

Jika kedua poin di atas sudah terpenuhi, kini saatnya untuk mencari lowongan pekerjaan sebagai Voice Over. Kamu tidak perlu ke mana-mana, cukup mencarinya ke website atau portal online yang banyak tersedia di internet.

Beberapa website sering mencari talent Voice Over secara freelance antara lain Glints, Indeed, situs Linkedin, hingga pengisisuara.com. Intinya, jangan bosan untuk menemukan lowongan yang sesuai denganmu.

4. Bergabung dengan Komunitas Voice Over

Memiliki jaringan profesi yang luas dapat memberikan kamu banyak keuntungan. Bukan hanya tentang informasi projek yang menghasilkan uang, melainkan juga pengembangan skill.

Komunitas Voice Over bisa kamu temukan secara online maupun langsung di dunia nyata. Biasanya, berskala kota.

5. Siap Menjaga Profesionalitas Kerja

Salah satu tantangan yang dihadapi oleh seorang Voice Over pemula adalah ketekunan untuk menjaga kualitas suara. Dengan demikian, mereka harus senantiasa menjaga pola makan dan pola hidup.

Tentunya, mendisiplinkan diri tidak semudah membicarakannya. Namun ini adalah salah satu kewajiban tidak terpisahkan ketika kamu menjadi seorang Voice Over.

Sebagai seorang pemula di dunia Voice Over, pasti membutuhkan ketekunan dan kesabaran. Kamu tentu tidak bisa langsung mendapatkan job setiap hari.  Namun seiring berjalannya waktu, projek akan semakin sering datang.

Simak juga informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian tips memulai usaha jasa Voice Over. Semoga bermanfaat dan semoga sukses.
Related Posts