taupasar.com

we read, we create and we share it.

Menghasilkan Cuan, Inilah Tips Memulai Jasa Pembuatan CV

Menghasilkan Cuan,  Inilah Tips Memulai Jasa Pembuatan CV 

Peluang bisnis bisa apa saja jika ada kemauan dan tekad yang besar, salah satu peluang bisnis tanpa modal adalah menawarkan jasa membuat desain riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV).
Tips Memulai Jasa

Apa Itu CV?


Curriculum Vitae atau yang dikenal sebagai CV adalah dokumen penting yang mencakup tentang riwayat hidup atau riwayat diri seperti data diri, pengalaman profesional, prestasi akademik dan non akademik, hobi, keterampilan dan lain sebagainya.

CV kerap disamakan dengan resume padahal memiliki sisi yang berbeda. Resume sendiri merupakan dokumen yang berisikan pengalaman kerja dan prestasi sesuai dengan pekerjaan yang dilamar biasanya ditulis cukup 1 lembar. Sedangkan CV berisi tentang kronologis selama hidup, pencapaian dan kualitas hidup bisa ditulis dalam 1-2 lembar.

Bagi pelamar pekerjaan, CV merupakan bagian penting karena keberadaannya akan menentukan nilai kemampuan dan kredibilitas si pelamar pekerjaan. Tidak heran banyak orang menggunakan usaha jasa pembuatan CV agar terlihat lebih menarik, menonjol bahkan bisa memberikan kesan tersendiri agar dilirik oleh perekrut pekerjaan.

Nah, bagi kamu yang memiliki skill desain dan ingin membuka usaha bisnis ini. Kali ini kami akan membawa informasi tentang tips memulai usaha jasa pembuatan CV, yang pastinya informasi ini bisa menjadi sumber informasi kamu. Berikut penjelasannya.

Tips Memulai Usaha Jasa Pembuatan CV


1. Siapkan Template Desain

Buat kamu yang menguasai desain grafis, siapkan beberapa template CV yang menarik. Template tersebut kamu gunakan sesuai kebutuhan di tiap permintaan, sehingga kamu bisa menghemat waktu.

Meskipun template desain sudah tersedia di internet, sebisa mungkin kamu mendesain sendiri. Sehingga desain CV yang kamu punya memiliki ciri khas tersendiri dan bisa membedakan dengan desain CV kandidat lainnya.

2. Pelajari Cara Membuatnya

Membuka usaha bisnis ini, tentu kamu harus menguasai keahlian yang dibutuhkan, kamu harus paham bagaimana membuat lamaran kerja yang menarik. Baik itu dalam bentuk Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, tergantung dari permintaan.

3. Promosikan dengan Cara yang Tepat

Menawarkan atau promosi usaha ini kamu bisa memulainya dengan orang-orang terdekat kamu, seperti teman yang belum kerja dan yang baru lulus. Agar usaha kamu lebih dikenal secara luas, tawarkan grup pencari kerja di media sosial seperti Facebook dan Instagram. 

Karena disinilah pasar tempat pengguna usaha jasa kamu yang potensial. Tapi ingat, kamu jangan sembarangan promosi dimana saja karena hal ini membuat waktu kamu terbuang sia-sia.

4. Buat Website

Tips memulai usaha jasa pembuatan CV selanjutnya adalah membuat website. Saat ini sudah banyak website yang menyediakan desain CV, namun untuk para pengunjung perlu melakukan pembayaran untuk mendapatkan template CV yang lebih variatif dan menarik.

Maka dari itu, kamu perlu membuat website sendiri. Selain menawarkan jasa desain CV, kamu juga bisa melengkapinya dengan tips-tips yang berkaitan dengan CV atau tips menghadapi wawancara dan sebagainya.

Kamu bisa juga mengembangkan websitemu sendiri dengan mempelajari website yang sudah ada. Tetapi, memantau sebuah website memerlukan komitmen tinggi agar usaha kamu bisa maju dan berkembang.

5. Utamakan Pelayanan Pelanggan

Menjalani bisnis ini tentu saja berdasarkan pesanan pelanggan, kamu perlu memberikan kesempatan pelanggan untuk memberikan masukan dan perbaikan terhadap desain yang dipesan. 

Usahakan waktu pengerjaannya jangan memakan waktu yang lama, semakin cepat kamu mengerjakannya akan membuat pelanggan kamu semakin senang karena bisa saja pelanggan kamu memang sangat membutuhkan di waktu yang cepat.

Tips Membuat CV Lebih Menarik dan Efektif


1. Penampilan yang Rapi dan Mudah Dibaca

Penampilan CV akan menjadi kesan pertama pembaca untuk melanjutkan membaca atau tidak. Kerapian juga dapat menggambarkan bahwa seseorang itu tertib, teratur, sistematis dalam berkerja sama dengan orang lain.

Maka dari itu, kamu harus menggunakan ukuran huruf normal, spasi jangan terlalu rapat, margin tidak konsisten, atau ejaan yang banyak kesalahan. Gunakanlah format standar, dan ubah format sesuai dengan kebutuhan.

2. Berisi Informasi Lengkap

Menyajikan informasi yang lengkap merupakan salah satu bentu CV yang efektif, kamu harus memaparkan informasi dengan detail dan relevan terhadap perkerjaan yang dituju dalam 1-2 halaman.

3. Memiliki Konsisten Karir

Salah satu kunci penting yang menentukan agar dihubungi oleh pihak perusahaan adalah memiliki konsistensi dalam karir. Karena perusahaan akan memilih specialis bidang tertentu untuk mengisi posisi yang lowong.

4. Karir yang Progresif

Jika kamu sudah menjadi spesialis di suatu bidang, tahap selanjutnya akan lebih mudah direkrut oleh perusahaan apabila kamu menjalani karir yang progresif. Disinilah indikator nyata apakah kamu mampu memberikan peforma yang baik.

5. Achievement

Cantumkan pencapaian pretasi yang diukir tiap posisi yang ditempati sebelumnya. Ini merupakan kesempatan tebaik kamu untuk membuktikan bahwa mampu dengan kompetensi sesungguhnya terhadap pihak perusahaan yang merekrut.

6. Custome Made

Mengubah dan menyesuaikan CV agar dapat menunjukkan kepada pihak perusahaan yang merekrut untuk mengetahui kemampuan dan kompetensi yang kamu miliki sesuai dengan apa yang dicari oleh pihak perusahaan.

Dapatkan juga sejumlah informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian informasi mengenai tips memulai usaha jasa pembuatan CV. Semoga informasi ini dapat membantu kamu, tetap semangat dalam menjalankan usaha kamu.

Penulis: Putri Geo
Related Posts