taupasar.com

we read, we create and we share it.

Berikut Ini Cara Mengelola Usaha Laundry, Salah Satunya dengan Memilih Lokasi yang Tepat!

Berikut Ini Cara Mengelola Usaha Laundry, Salah Satunya dengan Memilih Lokasi yang Tepat!


Tidak dapat dipungkiri jika usaha laundry saat ini memiliki peluang yang banyak. Hal ini karena makin banyaknya karyawan ataupun buruh pabrik yang memiliki jam kerja padat. 
Cara Mengelola Usaha
Membuka usaha laundry ini sangat menguntungkan, akan tetapi kamu harus bisa mengelolanya.

Cara Mengelola Usaha Laundry


1. Mencari Lokasi yang Tepat dan Strategis

Hal pertama ini sangat penting dan wajib diperhatikan, karena mencari lokasi tersebut berpengaruh terhadap usaha yang akan kamu jalani. 

Pilihlah tempat usaha yang dekat dengan gedung perusahaan, pabrik, dan yang terdapat banyak kosan. Karena lokasi tersebut sangat berpengaruh terhadap usaha yang kamu kelola.

2. Harus Bisa Mengelola Modal 

Kemampuan kamu dalam mengelola modal sangat dibutuhkan, hal ini bertujuan agar dapat meminimalisir terjadinya kerugian besar dan tidak baliknya modal. 

Maka dari itu kamu harus pintar mengelola modal untuk biaya usaha. Jika memiliki modal kecil mulai buka usaha laundry kecil-kecilan, karena hasil yang besar dimulai dari hal kecil.

3. Menentukan Harga yang Sesuai

Untuk menentukan harga, harus sesuai dengan lokasi usaha laundry. Misalnya kamu mendirikan tempat laundry di kawasan kosan orang pabrik yang mayoritas gaji mereka hanya UMR. 

Maka harganya bisa di murahkan, meskipun murah tapi berkualitas. Tujuan kamu disini mencari pelanggan, karena pelanggan justru akan melihat harga yang murah dahulu lalu kualitasnya. 

4. Pahami Siklus Kebutuhan Konsumen

Memahami siklus kebutuhan konsumen ini penting kamu pahami untuk mengelola usaha laundry. Hal ini karena laundry merupakan usaha jasa, dan kebutuhan konsumen menjadi yang utama. 

Contohnya saat konsumen mengomentari hasil pakaian yang di laundry kurang wangi atau bau apek, maka segera mungkin kamu harus memperbaikinya dan jangan menyalahkan konsumen.

5. Memilih Peralatan yang Berkualitas

Memilih peralatan yang berkualitas harus kamu perhatikan, hal ini karena berpengaruh pada hasil laundry. Jika peralatan yang kamu gunakan berkualitas, hasilnya akan berkualitas juga. 

Jangan memilih peralatan contohnya mesin cuci yang murah, pilih yang mahal dan bagus. Karena peralatan sifatnya awet dan harus bisa dipakai untuk waktu yang lama.

6. Mencari Karyawan yang Kompeten

Saat kamu mengelola usaha laundry, sangat tidak mungkin jika dilakukan sendiri apalagi memiliki pelanggan yang banyak. Karena jika hasilnya lama, hal tersebut berpengaruh terhadap pelanggan. 

Maka carilah karyawan yang berkompeten dan jujur untuk kamu kerjakan. Semakin banyak pekerja yang kompeten, maka semakin cepat juga pekerjaan kamu. Dan akan menghasilkan pelanggan yang banyak. 

7. Harus Tepat Waktu

Salah satu cara mengelola usaha laundry yaitu dengan tepat waktu. Biasanya selalu ada konsumen yang menanyakan kapan beresnya, tepat waktu disini saat kamu menjanjikan tanggal berapa selesai.

Maka harus tepat dan tidak boleh lebih dari waktu yang dijanjikan, karena kan berpengaruh pada ketepatan waktu usaha kamu.

8. Melakukan Pemasaran Untuk Mencari Pelanggan

Mencari konsumen sangat susah karena banyak saingan lebih dari satu, untuk itu kamu harus bisa bersaing dengan kompetitor yang lebih dahulu mendirikan usaha laundry. 

Buatlah pemasaran mengenai bisnis kamu dengan menggunakan poster yang menarik, posting ke akun media sosial. Minta bantuan temanmu untuk memasarkan usaha laundry teknik ini sangat bagus  untuk mencari pelanggan melalui referral teman.

Dapatkan juga informasi lainnya pada sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:





Itulah beberapa cara mengelola usaha laundry, hal tersebut harus anda perhatikan untuk kelangsungan usaha yang kamu jalankan. Kunci utama saat menjalankan usaha, jangan pernah bosan dan menyerah.

Penulis: Nining
Related Posts