taupasar.com

we read, we create and we share it.

Menghitung Modal Usaha Laundry Sepatu dan Prospeknya

Menghitung Modal Usaha Laundry Sepatu dan Prospeknya

Pepatah menyatakan, “dimana ada kemauan disitu ada jalan”

Sama halnya dengan tekad untuk mendirikan bisnis untuk mengembangkan kapasitas diri dan penghasilan. Salah satu bisnis yang saat ini tengah menjadi perbincangan ialah modal usaha jasa laundry sepatu. Jasa satu ini memang belum terlalu familiar di Indonesia terutama di wilayah pedesaan. Namun terkait prospek, tak perlu diragukan lagi.

modal untuk usaha laundry sepatu

Selama ini, jasa laundry identik dengan pakaian atau karpet. Tingginya kebutuhan untuk laundry pakaian disebabkan oleh kehidupan tiap-tiap masyarakat yang juga meningkat. Jika dahulu, seorang ibu rumah tangga bertugas untuk mencuci pakaian, kini banyak dari mereka juga memiliki pekerjaan di luar rumah sehingga tidak sempat mencuci baju.

Dengan alasan yang sama, sepatu juga butuh dicuci dalam jangka waktu tertentu. Kebutuhan terhadap jasa mencuci sepatu ini sering terabaikan. Dengan adanya jasa laundry sepatu, diharapkan memiliki sepatu yang bersih dan wangi tidak akan menjadi sesuatu yang sulit dan menyita waktu lagi. Hanya dengan menyerahkannya kepada ahlinya, sepatu sudah kembali dalam keadaan seperti baru.

Alasan Orang Membutuhkan Jasa Laundry Sepatu

Salah satu aspek yang wajib dipikirkan oleh setiap orang sebelum memulai bisnis adalah, jawaban dari pertanyaan “Apakah bisnis ini akan laku dan sangat menguntungkan?”. Pertanyaan ini tentu tidak lepas dari tujuan membangun bisnis itu sendiri, yaitu mendapatkan laba. Jika Anda memiliki pertanyaan yang sama, berikut jawaban dari mengapa Anda perlu membuka jasa laundry sepatu:

1. Tidak Ada Waktu

Sebagaimana sudah disinggung sebelumnya, struktur dalam rumah tangga masyarakat saat ini sudah berbeda dengan era sebelumnya. Tugas mencuci pakaian sudah tidak lagi sepenuhnya tugas seorang istri atau suami, lebih banyak justru diserahkan kepada jasa laundry yang akan menangani permasalahan tersebut.

Kondisi umum ini memberikan Anda kesempatan untuk membuka jasa laundry sepatu. Prospek laundry sepatu tidak kalah besar dengan laundry pakaian. Justru progress laundry sepatu lebih besar karena orang tidak melakukannya sesering mencuci pakaian. Karena tidak perlu dilakukan terlalu sering, orang akan lebih mudah memutuskan untuk melaundry sepatu.

2. Sepatu Adalah Tempat Bersarangnya Bakteri

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sepatu adalah tempat banyak bakteri bersarang, baik itu dari debu tanah, keringat kaki, cipratan air di musim hujan, atau sumber-sumber lainnya. Oleh karena itu, kebutuhan mencuci sepatu tidak boleh diabaikan karena berdampak langsung terhadap kesehatan kaki dan seluruh badan.

Oleh karena itu, laundry sepatu akan selalu dibutuhkan sampai kapanpun. Hampir setiap orang memiliki minimal satu pasang sepatu untuk dicuci. Dengan teknik promosi dan marketing yang baik, tugas Anda tinggal menarik mereka untuk mencucinya di tempat Anda. 

3. Kebanyakan Tidak Tahu Cara Mencuci Sepatu yang Baik dan Benar

Pada dasarnya, sepatu merupakan perangkat yang sensitif. Terutama jika sepatu tersebut tidak bersifat sintetis sehingga membutuhkan penanganan khusus. Namun sayangnya, pengetahuan masyarakat awam terhadap hal ini terkadang belum cukup. Masih banyak yang menganggap mencuci sepatu sama saja, yakni menggunakan sabun detergent dan sikat sepatu.

Padahal tindakan seperti itu rawan sekali merusak sepatu atau minimal membuatnya menjadi jelek. Bagi mereka yang menyadari hal ini, biasanya memilih untuk menyerahkannya kepada jasa laundry sepatu yang sudah ahli dan berpengalaman menangani berbagai jenis sepatu.

4. Umumnya Satu Orang Mempunyai Sepatu Lebih dari Dua

Kita mengenal ada banyak jenis sepatu, sebut saja berdasarkan kepada fungsinya. Ada sepatu hitam untuk sekolah, sepatu sepak bola untuk ekstrakurikuler, dan sepatu olahraga untuk jogging. Begitu pula dengan orang dewasa. Biasanya mereka memiliki sepatu pantofel untuk bekerja,  sepatu khusus untuk nongkrong dengan teman, sepatu untuk acara formal, dll.

Memiliki lebih dari satu pasang sepatu merupakan hall umrah bagi anak-anak muda maupun dewasa. Masing-masing sepasang sepatu tersebut tentunya juga butuh dicuci setelah digunakan. Semakin besar kebutuhan terhadap sepatu, semakin besar pula peluang jasa laundry Anda.

5. Malas

Entah mengapa, faktanya banyak orang kurang rajin mencuci sepatu mereka. Mungkin, salah satu alasannya karena sifat sepatu umumnya bertambah berat ketika dibasahi dengan air. Selain itu, membutuhkan waktu lama untuk menjemur sepatu jika dilakukan secara manual. Oleh karena itu, banyak orang akan memilih alternatif lain daripada mencuci sepatu sendiri.

Keluhan seperti ini tidak dialami oleh para penyedia jasa laundry sepatu yang memang memiliki alat khusus untuk membuat cuci sepatu menjadi lebih ringan dan pengering khusus sehingga sepatu lebih cepat kering.  

Menghitung Modal dan Keuntungan Membuka Jasa Laundry Sepatu

Setelah membicarakan peluang, kini saatnya kita membahas tentang berapa modal dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika mengembangkan bisnis laundry sepatu? Langsung saja, berikut rinciannya. (perhitungan bersifat kisaran karena harga setiap sewa atau peralatan mungkin berbeda-beda):

1. Sewa Tempat Usaha

Anggaran ini diperlukan ketika Anda perlu menyewa lahan atau toko untuk membuka usaha. Tidak berlaku ketika Anda sudah memiliki lahan pribadi yang cukup strategis untuk membuka jasa ini. Berbeda dengan jenis usaha lain yang dapat menerapkan sistem online saja, mau tak mau Anda harus memiliki kios ketika membuka jasa laundry sepatu.

Selain memudahkan kinerja, hal ini juga berkaitan dengan kredibilitas usaha Anda di depan customer. Oleh karena itu, anggaran kebutuhan satu ini tidak boleh sampai diabaikan begitu saja.

2. Peralatan Laundry Sepatu

  • Mesin cuci: Rp3.500.000
  • Rak sepatu: Rp200.000
  • Mesin kasir: Rp400.000
  • Mesin pengering sepatu: Rp1.000.000 
  • Alat-alat membersihkan sepatu: Rp500.000
  • Meja dan kursi: Rp500.000
  • Sabun, busa pembersih, dll: Rp500.000
  • Biaya lain-lain: Rp500.000
  • TOTAL: Rp7.100.000

3. Biaya Operasional

  • Sewa tempat: Rp250.000/bulan
  • Listrik: Rp200.000/bulan
  • Gai karyawan: Rp1.200.000/bulan
  • Biaya penanganan: Rp200.000
  • Servis peralatan: Rp100.000/bulan
  • Hiaya lain-lain: Rp1.000.000
  • TOTAl: Rp2.950.000

4. Keuntungan Bisnis Laundry Sepatu

Dari perincian modal yang dibutuhkan seperti diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa untuk membuka jasa laundry sepatu, Anda membutuhkan biaya kurang lebih 10.050.000,-. Nominal ini terhitung sedikit untuk ukuran merintis sebuah badan usaha. Dengan teknik penjualan dan pemasaran yang baik, tak membutuhkan waktu lama Anda bisa mengembalikan modal tersebut hanya dalam waktu beberapa tahun saja.

Adapun rincian keuntungan kurang lebih sebagai berikut:

  • Cuci sepatu fast cleaning (5x35.000x30): Rp5.250.000
  • Cuci sepatu regular (5x25.000x30): Rp3.750.000
  • Cuci sepatu spesial treatment (5x45.000x30): Rp6.750.000
  • Cuci sendal (10x20.000x30): Rp6.000.000
  • Jual alat kebersihan dan perawatan sandal dan sepatu: Rp1.000.000
  • TOTAL: Rp22.750.000

Adapun untuk menghitung jumlah keuntungan selama satu bulan, caranya yakni = pendapatan-pengeluaran = 22.750.000-10.050.000= 12.700.000. Jika konsumsi jasa bisa sesuai dengan perhitungan diatas, dalam waktu satu bulan saja, Anda sudah bisa balik modal, bahkan mendapatkan keuntungan.

Berikut ini terdapat sejumlah pilihan atikel yang masih berkaitan, bisa menambah wawasan Anda semua.

Baca juga:

1. Rincian Modal Usaha Laundry Kiloan

2. Kata-kata Promosi Laundry

3. Modal Usaha Sabun Cuci Piring

4. Modal Usaha Barbershop

Demikian uraian terkait modal usaha laundry sepatu yang kini mulai banyak diminati. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai berkiprah dalam dunia usaha tersebut. jangan lupa mengikuti artikel-artikel informatif lainnya di website ini.


Related Posts