taupasar.com

we read, we create and we share it.

Bagaimana Cara Meningkatkan Pelayanan Kepada Pelanggan?

Bagaimana Cara Meningkatkan Pelayanan Kepada Pelanggan?

Dalam hal berbisnis, pelanggan merupakan pihak yang harus bisa dilayani dengan baik. Entah itu oleh perusahaan penjual jasa maupun juga barang, memberikan pelayanan yang baik dan bermutu kepada pelanggan menjadi sebuah keharusan.
Cara Meningkatkan Pelayanan
Dengan memberikan pelayanan yang baik, kepuasan dalam berbelanja atau menggunakan jasa yang ditawarkan pasti akan dirasakan oleh pelanggan. Biasanya seorang customer akan dengan senang hati menjadi pelanggan pada bisnis tertentu, dengan catatan dirinya merasa puas dengan apa yang diberikan oleh penjual.

Tidak hanya berkaitan dari kualitas barang dan jasa yang diberikan, tetapi memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan mencakup aspek yang cukup luas. Jika Anda tidak ingin kehilangan satu pun pelanggan yang Anda miliki dalam bisnis, maka jaga dan tingkatkan kualitas pelayanan tersebut.

Tepat sekali, dalam informasi kali ini akan diberikan sejumlah cara meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Tentunya dengan sejumlah cara berikut ini, Anda bisa memiliki referensi yang baik sehingga menghasilkan kualitas mutu pelayanan yang diberikan.

Cara Meningkatkan Pelayanan Kepada Pelanggan

1. Selalu Bantu Pelanggan Untuk Dapatkan Kebutuhannya

Membantu pelanggan untuk mendapatkan apa yang dicari dan dibutuhkannya pada bisnis yang Anda jalani menjadi poin yang penting untuk digaris bawahi. Bukan tidak mungkin seorang pelanggan dating dan mengunjungi usaha yang Anda miliki, jika tidak tengah mencari barang atau hal lain yang diperlukannya.

Oleh karena itulah, salah satu cara meningkatkan pelayanan kepada pelanggan yang harus dilakukan adalah dengan memenuhi apa yang menjadi kebutuhannya. Dengan kemampuan Anda membantu pelanggan mendapatkan kebutuhannya, bukan tidak mungkin ia akan menjadi pelanggan setia dan merasa puas dengan kinjerja pelayanan bisnis yang diberikan kepadanya.

Bagaimana contohnya? Sederhana saja, jika Anda seorang designer, maka cobalah untuk memberikan design terbaik sesuai keinginan dan kebutuhan dari pelanggan Anda. Untuk bisa mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan customer, Anda bisa melakukan runding, dan bicarakan apa saja yang harus dibicarakan sebelum memulai membuat designnya.

2. Jaga Kesopanan Anda

Sebagai pihak yang menjual atau menawarkan barang maupun jasa, menjaga kesopanan kepada setiap pelanggan yang datang berkunjung menjadi sebuah keharusan. Jangan sampai Anda bersikap kurang sopan bahkan tidak mampu memberikan pelayanan yang prima. Dengan menjaga sopan santun, maka pelanggan akan merasa senang karena otomatis mereka akan merasa dihargai.

3. Jadilah Pendengar yang Baik Untuk Pelanggan

Menjadi seorang pendengar yang baik untuk pelanggan menjadi cara meningkatkan pelayan an kepada pelanggan selanjutnya yang perlu Anda ingat. 

Meski mendengar disebut-sebut sebagai salah satu kegiatan yang cukup sulit untuk dilakukan, tetapi dalam hal berbisnis dan memberikan pelayanan kepada pelanggan, jelas akan mengharuskan Anda untuk mendengar setiap kebutuhan dan keinginan dari pelanggan.

Tak sedikit pelanggan yang dating akan banyak berbicara, bukan tanpa alasan hal ini terjadi biasanya karena mereka bingung mencari atau mendapatkan apa yang diinginkan. Oleh karena itulah,solusi terbaiknya adalah dengarkan setiap pelanggan Anda dan jangan lupa berikan solusi Ketika pelanggan selesai mengutarakan apa yang diinginkannya.

4. Jangan Lelet

Siapapun tentu tidak akan menyukai aktifitas yang membuang-buang waktu, begitu juga dengan pelanggan. Bagi kebanyakan orang waktu yang terbuang sia-sia meski hanya satu menit saja akan menjadi sangat berharga. 

Terlebih jika pelanggan yang datang ke tempat bisnis Anda adalah orang yang sibuk dan memiliki aktifitas segudang. Meluangkan waktunya untuk datang bertandang pasti bukanlah hal yang mudah.

Sebagai timbal balik yang baik, cobalah untuk tidak lelet dalam memberikan pelayanan kepada mereka. Berusahalah untuk menjadi gesit, cepat danjuga tanggap kepada setiap pelanggan. Dengan pelayanan yang demikian, customer akan merasa sangat dihargai dan tidak akan membuat mereka menunggu lama.

5. Gunakan Cara Berkomunikasi yang Terbaik

Komunikasi yang baik menjadi poin yang harus bisa diterapkan oleh siapapun kepada siapaoun. Dalam hal ini, Anda sebagai pemilik bisnis harus bisa memiliki kemampuan komunikasi yang baik kepada setiap pelanggan. Cara Anda berbicara dan menyampaikan setiap tanggapan tentu harus bisa enak di dengar oleh mereka.

Dengan menggunakan cara komunikasi yang baik, bukan tidak mungkin pelanggan akan merasa senang dan juga bisa melakukan repeat order kepada Anda karena merasa telah dilayani dan dihormati dengan baik.

6. Terima Complain dan Akui Kesalahan

Kesalahan tidak akan bisa dihindari oleh siapapun, begitu juga dalam dunia bisnis, adanya kesalahan bisa menjadi batu pijakan yang lebih kuat bagi Anda untuk bisa mengembangkan bisnis dan mutu pelayanannya. Jika terjadi kesalahan dalam pelayanan atau penjualan baik barang maupun jasa, maka jangan sungkan untuk menerima setiap complain yang diajukan oleh pelanggan Anda.

Dengan menerima setiap keluhan pelanggan, Anda bisa mengetahui apa sja akesalahan yang telah diperbuat baik sengaja maupun tidak. Setelah itu, Anda dan tim bisa menjadikan hal tersebut sebagai bahan evaluasi untuk bisa memberikan pelayanan dan melakukan penjualan dengan lebih baik lagi kedepannya.

Tidak hanya itu, menerima complain yang diajukan juga bisa mengurangi rasa kecewa yang dirasakan oleh setiap pelanggan Anda. Hasilnya, pelanggan tidak akan kehilangan kepercayaannya 100%kepada usaha atau bisnis yang Anda miliki.

7. Terimalah Setiap Masukan dari Pelanggan

Bisnis yang sukses adalah bisnis yang selalu mendengarkan setiap masukan atau kritik dan saran dari setiap pelanggannya. Mendengarkan setiap masukan bisa membuat bisnis Anda lebih berkembang lagi dari sebelumnya. 

Namun, perlu dicatat tidak semua masukan, kritik dan saran yang diberikan oleh pelanggan bisa langsung Anda gunakan dan terima. Saring Kembali apakah masukan tersebut memang dapat membuat bisnis Anda lebih berkembang atau malah tidak. 

8. Latih Karyawan Agar Mampu Berikan Pelayanan Terbaik

Jika Anda mengelola sebuah bisnis dengan skala menenengah hingga besar, memiliki karyawan pasti akan menjadi sebuah keharusan bukan? Tidak mungkin Anda melakukan semua pekerjaan seorang diri. Oleh karena itulah, jika Anda mempekerjakan karyawan dalam bisnis yang Anda geluti, cobalah untuk memberikan pengertian dan latih mereka agar mampu memberikan pelayanan yang bermutu.

Karena, tidak sedikit juga kasus karyawan yang kurang mampu memberikan service terbaik kepada customernya. Alhasil kekecewaan sudah pasti akan dirasakan oleh pelanggan. 

Untuk bisa menghindari kemungkinan terburuk tersebut, tidak ada salahnya untuk Anda berikan pelatihan kecil-kecilan agar para karyawan mampu memahami dan mengerti apa yang harus dan tak harus dilakukan Ketika menghadapi pelanggan.

Dengan mengikuti sejumlah cara meningkatkan pelayanan kepada pelanggan di atas tadi, bisnis yang Anda geluti bisa lebih berkembang. Bukan tidak mungkin juga jumlah pelanggan bisnis Anda bisa lebih bertambah banyak. 

Karena pelanggan yang diberikan pelayanan yang baik dan prima, sudah tentu akan menceritakan pengalaman baiknya kepada orang lain. Proses tersebut bisa memberikan keuntungan bagi bisnis yang Anda jalankan.

Dapatkan informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian informasi perihal sejumlah cara meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, baik perusahaan jasa maupun barang bisa menerapkannya, semoga bermanfaat. 
Related Posts