taupasar.com

we read, we create and we share it.

Meraup Untung Besar! Berikut 7 Cara Mempertahankan Bisnis Online

Meraup Untung Besar! Berikut 7 Cara Mempertahankan Bisnis Online

Di era pertempuran teknologi di zaman ini, membuat gaya hidup kita juga ikut berubah karena mengikuti era globalisasi. Dari teknologi yang canggih itu membuat dunia bisnis yang awalnya hanya bisa dilakukan secara empat mata, kini berubah menjadi online.
cara mempertahankan bisnis
Apalagi saat masa pandemi Covid 19, saat inilah bisnis online semakin marak karena masyarakat bisa berbelanja hanya dari rumah saja. Hal ini juga membuat banyaknya persaingan dimana-mana, maka dari itu sangat diperlukan untuk mengetahui cara mempertahankan bisnis online.

Perlu diketahui bahwa peluang selalu muncul di setiap harinya, dan pastinya peluang tersebut akan berbeda dengan peluang sebelumnya. Maka dari itu kamu harus pandai mengamati dan memahami peluang tersebut sebelum kehilangan momen dari peluang tersebut.

Bagaimana cara agar tidak kehilangan momen tersebut? Caranya dengan mengamati perkembangan pasar atau Tren yang ada. Selain itu, cobalah untuk selalu update dengan keadaan sekitar konsumen sehingga bisnis kamu akan tetap berkembang. 

Ketika ada peluang baru yang muncul, umumnya kebutuhan dari konsumen cenderung mengikuti perkembangan zaman. Berikut ini ada 7 cara mempertahankan bisnis online yang bisa kamu terapkan dalam menjalankan usaha.

7 Cara Mempertahankan Bisnis Online

1. Memaksimalkan Media Sosial

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk cara mempertahankan bisnis online adalah dengan memaksimalkan media sosial. Jika kamu sudah memiliki toko online di beberapa marketplace, hal itu sudah menjadi langkah yang sangat bagus. 

Karena tidak dapat dipungkiri, bahwa masyarakat Indonesia memiliki marketplace tertentu yang difavoritkan. Cara mempertahankan bisnis online ini yang tidak boleh kamu lupakan adalah promosi dengan media sosial.

Dengan media sosial kamu lebih mudah berinteraksi dengan konsumen dan calon konsumen. Dengan begitu, mereka akan bisa lebih mudah untuk menemukan toko online kamu di marketplace. Bisa diibaratkan bahwa media sosial itu merupakan sebuah jembatan untuk menuju ke toko kamu yang sedang dijalani.

2. Harus Hemat

Di saat usaha kamu sedang dalam kondisi krisis, tentunya kamu harus bisa lebih berhemat terhadap pengeluaran agar likuiditas tidak anjlok. Misalnya dengan menekan tagihan listrik dan internet. Cobalah untuk menghindari  berbelanja stok produk toko yang menguras dana dalam jumlah besar. 

Lebih baik kamu habiskan dulu persediaan barang yang sudah ada, baru berbelanja lagi dalam jumlah kecil saja. Untuk pengiriman barang, cobalah untuk mencari ekspedisi yang memang mematok harga lebih murah. Kalau harganya masih terjangkau, tidak ada salahnya untuk kamu ambil sendiri supaya tidak memerlukan biaya tambahan kurir.

3. Meningkatkan Penjualan dengan Cara Termurah

Cara mempertahankan bisnis online agar bisa meningkatkan penjualan sesuai target, yaitu dengan biaya yang paling murah. Caranya bisa kamu lakukan dengan memberikan promo, voucher, atau diskon terhadap produk yang dijual. Kamu tidak perlu mengambil keuntungan yang besar, karena yang terpenting kamu bisa memperoleh pemasukan tetap. 

Kamu juga perlu melakukan pemasaran lebih gencar lagi melalui media sosial, website, atau aplikasi chat yang tidak membutuhkan biaya alias gratis. Semakin sering kamu mengiklankan produk-produk yang dijual, maka semakin sering pula masyarakat melihatnya dan tertarik untuk membeli.

4. Selalu Jaga Loyalitas Pelanggan

Ketika membuka suatu bisnis pastinya kamu menjual sesuatu, baik itu produk maupun jasa. Dari bisnis tersebut, pastinya kamu memiliki customer atau pelanggan yang benar-benar setia menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Maka dari itu, menjaga kepercayaan pelanggan itu sangatlah penting. Kamu wajib memastikan bahwa pelanggan merasa puas.

Mampu mempertahankan loyalitas pelanggan, akan membuat pertumbuhan bisnis kamu akan naik satu tingkat. Hal ini dikarenakan tanpa perlu kamu meminta, mereka pasti terus kembali dan memberikan kamu keuntungan. Menjalani bisnis online pastinya akan selalu ada pelanggan baru, yang mana  membutuhkan usaha untuk mengedukasi bisnis kamu ke mereka. 

Maka dari itu menjaga loyalitas tidak hanya bisa menekan biaya saja, akan tetapi juga bisa mengembangkan bisnis kamu. Memiliki pelanggan yang loyal, pasti mereka tidak segan membantu bisnis kamu untuk mendapatkan pelanggan baru. Secara sukarela dan tidak ragu mereka merekomendasikan bisnis kamu, disini kamu manfaatkan peluang loyalitas pelanggan untuk mempertahankan bisnis.

5. Memperluas Relasi Bisnis

Memperluas relasi bisnis tentu saja juga menjadi salah satu cara mempertahankan bisnis online kamu agar tetap berkembang. Relasi atau koneksi sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis. Bisa berbagi informasi seputar pengembangan sebuah usaha, cara mengatasi masalah, serta informasi lainnya yang diberikan sebagai cara mempertahankan bisnis online tetap berkembang. 

Melalui ilmu yang diterima dari relasi, kamu bisa mempelajari hal-hal positif dan menerapkannya pada pengelolaan bisnis. Sehingga, hal tersebut dapat membantu mempertahankan bisnis online kamu dan akan terus berkembang.

Luasnya jaringan relasi ini juga bisa membantu kamu untuk melakukan promosi dan menyebarkan informasi produk. Hal ini pastinya sangat membantu sebagai cara mempertahankan bisnis online, dengan menjadikan usaha lebih besar dan bisa diketahui lebih banyak masyarakat.

6. Memiliki Website E-Commerce

Apabila kamu ingin ingin dipandang sebagai bisnis yang serius dan mapan, maka sebaiknya memiliki website e-Commerce sendiri. Kamu bisa membuat website e-Commerce ini dengan desain sesuai keinginan atau identitas dari bisnis online kamu.  Selain itu, website e-Commerce ini juga akan lebih memudahkan kamu dalam mengatur arah bisnis online yang dimiliki.

7. Persiapkan Diri Menghadapi Hal Buruk

Cara mempertahankan bisnis online kamu agar terus berkembang dengan mempersiapkan diri untuk menghadapi hal-hal buruk yang bisa terjadi. Seperti pasar yang tiba-tiba saja mengalami penurunan, pembatalan permintaan, atau gangguan pada supply chain.

Sebaiknya kamu membuat rancangan bisnis yang memuat forecast atau proyeksi atas kelangsungan bisnis setidaknya sampai setahun ke depan. Beberapa poin yang perlu kamu sertakan dalam rancangan ini yaitu kelanjutan permodalan, tingkat pengeluaran, pendapatan usaha, dan lain sebagainya.

Apa Saja Penyebab Bisnis Tidak Berkembang?

1. Selalu Berada di Zona Nyaman Tanpa Berani Mengambil Resiko

Cara mempertahankan bisnis online agar tetap berkembang, memberanikan diri menetapkan tujuan meski berdampingan dengan risiko. Selain itu, pastikan juga selalu menjalankan proses serta usaha yang matang sehingga kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Komunikasi Kurang Efektif

Selalu buka akses komunikasi baik itu dengan pekerja, rekan bisnis, maupun pelanggan kamu. Karena ini menjadi salah satu hal yang tak kalah penting dan harus dilakukan.

3. Kesalahan Memilih Rekan Bisnis

Memang sangat penting dalam memilih rekan bisnis bertanggung jawab dan terbuka agar bisa bertukar pikiran. Karena nantinya akan dijalankan oleh dua orang yang berkompeten untuk mempertahankan usaha tetap berkembang.

Demikian pembahasan mengenai cara mempertahankan bisnis online agar tetap berkembang dan bisa meraup untung yang besar.

Simak juga informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa kamu jadikan sebagai referensi sehingga bisa menjalankan bisnis dengan baik.
Related Posts