taupasar.com

we read, we create and we share it.

9 Contoh Ide Bisnis Technopreneurship 2023

9 Contoh Ide Bisnis Technopreneurship 2023

Contoh ide bisnis technopreneurship menjadi topik yang banyak dicari oleh enterpreneur masa kini. Apalagi kalangan milenial hingga gen z sudah tidak asing dengan eksistensi teknologi yang terus bermutasi menjadi lebih canggih.
Contoh Ide Bisnis


Tentunya hal tersebut menantang kita untuk dapat menyesuaikan diri dengan momen. Kemajuan teknologi, membuka jalan baru bagi orang-orang untuk mendapatkan keuntungan. Kamu bisa memanfaatkan skill atau passion di bidang IT, dan menjadikannya sumber pendapatan utama maupun usaha sampingan saja.

Peluang bisnis bidang teknologi semakin beragam dan terbuka luas untuk siapa saja yang memiliki minat terhadapnya. Bagi kamu yang masih beranggapan bahwa peluang usaha bidang IT cukup sempit, maka harus memahami ulasan di bawah ini hingga tuntas.

Contoh Ide Bisnis Technopreneurship Menjanjikan

Jika kamu masih stuck dalam menentukan bisnis bidang teknologi yang cocok, bisa juga memilih melalui rekomendasi berikut.

1. Mobile App Development

Sebagai mobile user, kita sudah tidak asing dengan yang namanya Play Store atau App Store. Banyaknya aplikasi yang dapat diunduh, merupakan hasil karya para pengembang aplikasi. Nah, jika kamu punya keahlian khusus dalam membuat dan mengembangkan aplikasi mobile, maka menjadi App Developer adalah jawabannya.

Indonesia sendiri termasuk sebagai negara pengguna mobile terbsesar, yaitu berkisar 350 juta user. Privilage ini menjadi salah satu alasan mengapa kamu perlu mencoba bidang tersebut sebagai pekerjaan.

Dengan potensi pasar yang begitu besar, kamu bisa mengembangkan imajinasi menjadi sesuatu yang bermanfaat dan nyata. Produk aplikasi memang sudah banyak tersedia, namun tidak memungkiri kenyataan bahwa peluangnya masih besar.

Ditambah lagi saat ini kian banyak bisnis start up bermunculan, menjadikan lahan baru untuk para pengembang aplikasi unjuk bakat dengan berkolaborasi bersama owner bisnis tersebut.

Contoh aplikasi yang berkembang pesat seiring nama bisnis start up-nya yang juga kian melambung, sebut saja aplikasi layanan ojek online yang berwarna hijau. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai referensi dalam menggarap project aplikasi penuh inovasi selanjutnya.

2. Web Development

Bisnis berbau teknologi selanjutnya adalah menjadi web developer. Apabila kamu familiar dengan behasa pemrograman atau coding, menawarkan jasa pembuatan website seharusnya menjadi salah satu keahlianmu, bukan?

Pembuatan situs atau halaman web dengan katergori user friendly, bahkan tidak bisa digarap oleh sembarang orang. Setidaknya jasa pembuat website sudah familiar dengan berbagai fitur pengaturannya.

Kini, banyak enterpreneur yang berkecimpung di salah satu sektor bisnis digital ini, mengandalkan kemampuannya. Apalagi penggunaan website menjadi peluang yang hampir tidak akan padam. Sebab, berbagai instansi besar hingga kecil saja kini mengandalkan web sebagai media informasi resmi untuk masing-masing institusi mereka.

Belum lagi saat ini banyak bermunculan technopreneurship yang memiliki kebutuhan penggunaan website untuk menjalankan bisnisnya. Di tambah lagi dengan adanya blogger yang secara personal ingin memiliki halaman situs pribadi dengan berbagai tujuan.

3. UI UX Designer

Keberadaan UI UX designer juga selalu beriringan dalam penyempurnaan website, disamping mengandalkan developer web. 

Seseorang dengan kemampuan pemrograman atau pengalaman sebagai UI UX desainer, maka bisa mulai menjalankan ide bisnis satu ini. Kamu juga bisa menawarkan jasa pengoptimalan halaman web agar tampilannya menarik dan ramah untuk pengguna.

4. Digital Marketing Agency

Bergerak dalam digital marketing agency juga menjadi salah satu contoh ide bisnis technopreneurship yang tepat. Kamu bisa bersinergi menjalankan bisnis ini bersama berbagai SDM lain yang berpengalaman dalam bidang pengerjaan produk pemasaran.

Perlu diketahui, produk pemasaran banyak sekali macam dan bentuknya. Misalnya sebuah bisnis kecil atau besar memerlukan jasa pembuatan konten untuk iklan atau branding dalam bentuk video, desain grafis, copywriting, atau bahkan SEO. 

Adapun pengerjaan dilakukan sesuai dengan kebutuhan platform yang akan digunakan, misalnya iklan untuk media sosial, website, atau marketplace.

5. Social Media Consultant/Strateghist

Hampir segala jenis bidang usaha masa kini menggunakan efektifitas media sosial sebagai upaya pemasaran digital, baik untuk branding ataupun iklan. Namun semuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu menciptakan brand awareness sehingga akhirnya orang tertarik menggunakan produk yang dijual tersebut.

Terkadang seseorang memiliki kesulitan dalam menciptakan konten strategis yang tepat dan menghasilkan insight sesuai ekspektasi. Pembuatan konten untuk media sosial memang perlu perencanaan yang baik. Oleh karenanya, keberadaan jasa Social Media Consultant menjadi sangat dicari.

Ketika kamu memiliki pengalaman dan jam terbang tinggi dalam mengelola konten pemasaran di media sosial, maka bisa coba andalkan kemampuan tersebut untuk membantu bisnis orang lain.

6. Content Writer

Orang-orang dengan kemampuan dan hobi menulis, juga dapat memanfaatkan hal tersebut untuk sesuatu yang menjanjikan. menjadi content writer, adalah salah satu contoh ide bisnis technopreneurship menjanjikan di masa modern ini.

Sama seperti kegiatan sales yang mempromosikan suatu produk secara verbal, penulis konten lebih concern pada format promo penulisan. Apalagi dengan teknologi, memungkinkan pertemuan antara pebisnis dan klien terjadi secara virtual. Sehingga tulisan yang persuasif menjadi salah satu jembatannya.

Selain bergabung di perusahaan atau agency periklanan, penulis konten juga bisa berdiri sendiri menawarkan jasa secara personal. Baik menjadi jasa content writer full time, part time, atau freelancer. Kamu juga bisa menawarkan jasa penulisan tertentu, misalnya pembuatan konten SEO, copywriting, caption sosmed, atau lainnya.

7. Online Shop

Sempat disinggung sebelumnya, ternyata menjalankan online shop juga termasuk salah satu ide bisnis yang memanfaatkan teknologi masa kini. Bisnis seperti ini dapat dilakukan oleh orang-orang dari berbagai kalangan atau background.

Menariknya, kini hampir banyak pemula yang awalnya tidak menahu soal penggunaan teknologi, namun akhirnya paham strategi penjualan online. Karean semua berawal dari minat, proses belajar, serta ketekunan.

Online shop bisa dijalankan di berbagai lini masa, seperti marketplace, media sosial, serta website. Bentuk promosinya inilah yang menjadikan kegiatan belanja daring sebagai bisnis bidang teknologi.

8. Membuat Sistem Chatbot

Beberapa jenis usaha mengharuskan pemiliknya standby 24 jam untuk menjawab setiap pertanyaan dari calon pelanggan, seperti yang sering terjadi dalam bisnis online shop. Bahkan kecepatan dan ketepatan penjual dalam membalas pesan klien menjadi penilaian.

Chatbot juga sering kita temui di berbagai aplikasi, sebagai fitur chat otomatis yang akan membantu menjawab setiap pertanyaan terkait. Mungkin sistem seperti ini mirip dengan FAQ yang dibuat lebih modern.

Untuk membantu mengoptimalkan hal tersebut, kamu bisa menawarkan jasa pembuatan chatbot yang inovatif dan efektif. Owner bisnis pasti akan sangat tertarik untuk menggunakan jasamu, apalagi jika kamu mampu menampilkan skill untuk meyakinkan.

9. Service Perangkat Teknologi

Penggunaan perangkat teknologi seperti PC, CPU, hingga mobile, menjadi sangat tinggi. Adanya servicer, sangat dibutuhkan bagi mereka yang ingin melakukan pemeliharaan atau perbaikan.

Tanpa adanya yang mengerti cara memperbaiki masalah pada alat teknologi, maka akan menjadi masalah yang cukup serius. Pekerjaan mungkin jadi tertunda karena gangguan yang dialami.

Simak informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Itulah 9 contoh ide bisnis technopreneurship paling banyak dibutuhkan, baik untuk saat ini maupun seterusnya. Bukan hanya omongan semata, namun rekomendasi bisnis ini telah terbukti menjanjikan ketika diandalkan sebagai sumber pendapatan utama atau sampingan.
Related Posts