taupasar.com

we read, we create and we share it.

Ubah Hobi Jadi Cuan! Berikut 7 Ide Bisnis Buatan Tangan yang Menguntungkan

Ubah Hobi Jadi Cuan! Berikut 7 Ide Bisnis Buatan Tangan yang Menguntungkan

Membuat karya kerajinan tangan atau handmade di zaman sekarang memang dinilai tinggi oleh masyarakat. Selain karena pembuatannya rumit, ide bisnis buatan tangan juga memiliki ciri khas tersendiri yang sangat berbeda dengan buatan mesin.
Ide Bisnis Buatan Tangan
Maka tak heran, jika produk kerajinan tangan ada yang dibanderol dengan harga yang tinggi.
Perlu diketahui bahwa ide bisnis buatan tangan menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat laku di pasaran.

Biasanya, produk buatan tangan ini juga diproduksi terbatas dan original, hal inilah yang membuat calon pelanggan menjadi pecinta produk karya buatan tangan. Pasar utama dari produk buatan tangan ini, selain cagar budaya, adalah media pemasaran online. 

Tahukah kamu, ada banyak konsumen luar negeri mencari-cari produk handmade di negara Asia karena dianggap unik. Baik itu ukiran, lukisan, mainan, gucci, dan kerajinan tangan lainnya yang memiliki nilai jual yang mahal karena keterbatasan kuantitasnya.

Buat kamu yang tertarik atau memiliki hobi membuat kerajinan tangan, berikut ini ada 7 ide bisnis buatan tangan yang bisa kamu jajal dan memberikan keuntungan.

7 Ide Bisnis Buatan Tangan

1. Lilin Aromaterapi

Ide bisnis buatan tangan yang memiliki nilai jual tinggi dan bisa memberikan keuntungan adalah dengan membuka bisnis lilin aromaterapi. Apalagi jika kamu memang suka bereksperimen, bisnis lilin aromaterapi bisa menjadi pilihan tepat untuk ladang cuan.

Lilin aromaterapi juga banyak peminatnya misalnya untuk souvenir pernikahan, yang membuat peluang bisnis yang bagus untuk kamu. Namun perlu diperhatikan sebelum membuatnya, pastikan jenis bahan lilin apa yang akan kamu gunakan.

Alangkah lebih baik jika kamu menggunakan bahan lilin yang alami seperti palm wax, soy wax, dan beeswax. Dalam memilih aromanya, kamu harus pintar meracik aroma yang bisa menenangkan sekaligus menyegarkan. 

Jangan lupa dalam segi pengemasan juga berpengaruh dalam bisnis ini, kamu bisa menggunakan gelas lilin. Dan pilihlah gelas-gelas kecil khusus lilin ini dengan bentuk menarik, dan desain yang menggambarkan aroma dari lilin yang kamu produksi.

2. Camilan Unik

Selain benda, jual makanan juga termasuk dalam ide bisnis buatan tangan menjanjikan dan menguntungkan salah satunya jualan camilan yang unik. Di pasaran camilan memang menjadi bisnis yang umum, namun dengan kreativitas dan inovasi yang dimiliki bisa membentuk ciri khas tersendiri.

Maka dari itu, tidak ada salahnya kamu membuat camilan yang unik kalau bisa yang belum ada yang jual di pasaran. Salah satu contoh camilan yang populer tahu crispy, padahal bahan dasarnya hanya tahu saja.

Tapi karena diolah dengan berbagai macam bumbu membuat tahu crispy tidak pernah sepi peminat di pasaran. Jika kamu tertarik dengan bisnis ini sebenarnya tidak terlalu memusingkan
menciptakan ide bisnis beda dari yang lainnya.

Kamu bisa membuat camilan unik dari hasil inovasi dari makanan lain yang sudah ada.
Selain mudah dilakukan, ide bisnis ini pastinya bisa dilakukan siapa saja tanpa mengganggu aktivitas utama.  Oleh karenanya , bisnis camilan unik ini bisa kamu jadikan sebagai usaha sampingan untuk karyawan.

3. Jasa Melukis

Memiliki hobi melukis? Sudah dipastikan kerajinan tangan sangat laku keras dipasaran. Apalagi jika lukisan kamu bisa dijadikan hadiah kepada orang tua, kepada teman yang berulang tahun, ataupun pasangan.

Mengenai harga, kamu bisa patokkan setiap lukisannya dengan harga berbeda sesuai dengan tingkat kesulitan pembuatannya. Pasarkan lukisan kamu lewat media online, sehingga bisa menjangkau pemasarannya semakin luas hingga mendunia.

Nama kamu pun semakin terkenal dan bisa saja ada beberapa pihak akan mengontrak untuk kolaborasi dengan hasil karya kamu.

4. Pekebun

Kamu menyukai tanaman? Jika iya, kamu bisa manfaatkan ini sebagai ide bisnis buatan tangan dengan menempatkan mereka dalam wadah cantik. Menciptakan pekebun yang unik pastinya untuk selera yang berbeda dan gaya yang bisa membantu pembeli mencapai tampilan mereka untuk di rumah dan di tempat kerja.

Sering kali kamu dapat membangun mereka dengan bahan baku biaya rendah dan masih membuatnya masih terlihat chic. Dengan memasukkan desain yang berbeda dari kontemporer atau modern untuk Victoria atau Craftsman.

5. Aksesori Wanita

Membuat perhiasan wanita juga termasuk dalam ide bisnis buatan tangan yang menguntungkan dan selalu menarik. Pasarnya bisnis ini juga sangatlah luas karena kreativitas yang tak terbatas. Kamu bisa berbisnis material untuk membuat perhiasan seperti bros, gelang, kalung, ataupun cincin.

Bahan-bahan untuk menjalankan bisnis ini bisa memanfaatkan liontin, batu-batu kecil, benang, kawat, kancing, senar, dan material lainnya.  Kamu juga bisa mengkreasikannya dengan membuat bentuk-bentuk unik sesuai dengan tema yang diinginkan.

Jika kamu berhasil membuat produk yang unik dan berbeda dengan pesaing, hal ini bisa meraup untung besar dalam waktu singkat. Modal yang dibutuhkan pun bisa terbilang terjangkau, hanya kurang lebih Rp 500 ribu, kamu bisa mulai merintis bisnis aksesoris handmade ini.

6. Souvenir Pernikahan Custom

Zaman sekarang memberikan souvenir yang unik dan kreatif menjadi incaran para calon pengantin. Hal ini pastinya bisa kamu jadikan inspirasi untuk memulai bisnis souvenir pernikahan yang tidak biasa. Kamu bisa membuatnya seperti Biebiegift.

Selain itu menyediakan berbagai jenis cinderamata unik seperti pouch earphone dan bingkai foto, produsen tersebut juga bisa menerima jasa kustomisasi souvenir pernikahan. Tentunya mengenai kisaran harga per produk sesuai dengan batas minimal pesanan yang telah ditentukan.

7. Kerajinan Kayu

Ide bisnis buatan tangan selanjutnya adalah kerajinan kayu, misalnya bisnis lukisan 3 dimensi, miniatur, ataupun barang-barang kecil dengan kreasi unik lainnya. Biasanya nilai jual bisnis ini lebih mahal dan dihargai tinggi oleh para penggemarnya di pasaran.

Jika kamu tidak punya keahlian memahat, kamu bisa menyewa tenaga profesional untuk membantu menjalankan bisnis ini. Dengan desain yang unik dan kualitas yang tinggi, kamu bisa dengan mudah meraup untung dari bisnis kecil kecilan. Tahukah kamu, ide bisnis buatan tangan ini berfokus pada salah satu atau kedua fungsi dari kerajinan tangan itu sendiri.
  • Sebagai fungsi keindahan. Karya buatan tangan umumnya produk lebih mengutamakan keindahan bentuknya dan bisa dinikmati secara visual daripada mementingkan kegunaannya. Misalnya seperti lukisan, patung, buket bunga kertas, hiasan rumah, dan masih banyak lagi.
  • Sebagai fungsi kegunaan. Handmade yang produknya lebih mengutamakan fungsi dan bisa digunakan daripada keindahannya. Misalnya seperti tas belanja dari plastik kemasan kopi, cangkir dari tanah liat, dan lainnya.
Simak juga sejumlah informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian pembahasan mengenai 7 ide bisnis buatan tangan yang bisa kamu jadikan sebagai referensi dalam menjalankan suatu bisnis. Semoga adanya informasi ini bisa bermanfaat dan membantu, bulatkan niat dan jangan menyerah serta konsisten dalam menjalankan bisnis buatan tangan ini. 
Related Posts