taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah Cara Mengembangkan Usaha Rempah-rempah Agar Tembus pasar Internasional

Inilah Cara Mengembangkan Usaha Rempah-rempah Agar Tembus pasar Internasional

Sudah lama Indonesia dikenal dengan negara penghasil rempah-rempah yang berlimpah dan banyak. Hal ini bahkan membuatnya dikenal dengan pulau rempah-rempah oleh Eropa. Ketersediaan rempah-rempah yang berlimpah menjadikan bisnis rempah-rempah salah satu usaha yang menjanjikan dari dulu hingga saat ini. 
Cara Mengembangkan Usaha
Prospek usaha ini terbilang cukup tinggi. Bahkan Anda bisa mengembangkan usaha Anda hingga ke luar negeri. Tetapi jika Anda tertarik untuk memulai bisnis rempah-rempah ada beberapa hal yang perlu Anda pelajari mengenai rempah-rempah. Berikut  ini cara mengembangkan usaha rempah-rempah agar sukses menembus pasar internasional.

Cara Mengembangkan Usaha Rempah-rempah 

Anda yang ingin usahanya menembus pasar Internasional wajib mempelajari beberapa hal. Termasuk ketika ingin menjalankan usaha rempah-rempah. Di bawah ini tips sukses menembus pasar Internasional dan cara mengembangkan usaha rempah-rempah. 

1. Melakukan Survey Kebutuhan Pasar

Cara pertama sebelum Anda menjalankan bisnis rempah-rempah adalah mengenali kebutuhan pasar terlebih dahulu. Ada banyak sekali jenis rempah-rempah yang sangat dibutuhkan pada waktu-waktu tertentu dan tersedia di Indonesia. 

Anda bisa menghasilkan keuntungan yang besar jika Anda melakukan survey kebutuhan pasar dan mengenalinya terlebih dahulu. Dengan begitu Anda bisa menyediakan stok rempah-rempah sesuai dengan kebutuhan pasar. 

Menyimpan rempah dengan stok yang banyak tidak perlu khawatir karena memiliki masa simpan yang panjang. Tetapi terkait dengan ketersediaan stok yang panjang, Anda juga perlu mempelajari cara menyimpan rempah agar masa simpannya lebih panjang.

2. Memperbanyak Koleksi Jenis Rempah-rempah untuk Dijual

Sangat dianjurkan untuk Anda yang ingin sukses dalam bisnis rempah-rempah dengan memperbanyak stok jenis rempah di usaha Anda. Perbanyaklah stok jenis rempah yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

Menyimpan rempah dengan stok yang banyak tidak perlu khawatir karena memiliki masa simpan yang panjang. Tetapi terkait dengan ketersediaan stok yang panjang, Anda juga perlu mempelajari cara menyimpan rempah agar awet dan tidak mudah rusak. 

3. Memanfaatkan Tempat yang Tersedia untuk Usaha Rempah

Anda bisa memanfaatkan tempat yang tersedia untuk membuka usaha rempah-rempah. Misalnya dengan memproduksinya di dalam rumah dengan menyulap area depan untuk menjadikannya sebagai pabrik rempah mini, gudang produksi dan gudang penyimpanan. 

Cara mengembangkan usaha rempah-rempah dengan memanfaatkan tempat yang tersedia akan menghemat waktu dan modal Anda dalam menjalankan usaha rempah. 

Sehingga Anda tidak memerlukan modal yang terlalu besar untuk menyewa tempat. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk mendekorasinya agar dapat digunakan untuk produksi, pengemasan dan penyimpanan.

4. Menggunakan Strategi Pemasaran yang Jitu

Memasarkan produk adalah kegiatan wajib bagi para pengusaha yang ingin sukses di bidangnya. Maka penting sekali untuk Anda yang usaha rempahnya ingin menembus pasar Internasional untuk membuat strategi pemasar yang dapat mempengaruhi orang di luar negeri. 

Saat ini Anda bisa melakukan promosi dengan memanfaatkan berbagai media. Selain media kertas dengan membuat brosur dan menyebarkannya. Saat ini Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan usaha Anda. 

Lebih baik lagi jika Anda menggunakan berbagai cara untuk mempromosikannya, sehingga penjualan dan keuntungan berpotensi besar. 

5. Memperluas Relasi Usaha

Seorang pengusaha jika ingin sukses adalah dengan memperluas relasi usaha. Anda bisa mengajak orang untuk menjadi partner bisnis Anda. Dengan memperluas relasi usaha bisa memberikan potensi dalam memasarkan produk dan tingkat penjualan yang berskala besar pula.
 
Misalnya dengan membuka kesempatan menjadi reseller dan dropshipper produk agar bisnis rempah Anda semakin berkembang. Hal ini mempermudah Anda juga dalam melakukan promosi produk Anda. 

6. Memastikan Pengiriman Rempah Aman

Memastikan pengiriman rempah aman adalah salah satu hal penting bagi pengusaha rempah. Mengingat produk ini mudah rusak. Alternatif untuk mengatasi agar pengiriman aman adalah dengan menggunakan ekspedisi dengan biaya yang murah namun pengirimannya cepat dan aman. 

Mengirim paket rempah ke luar negeri bisa dengan menggunakan ekspedisi diantaranya Tiki, JNE Ekspres, Pos Indonesia, J&T Ekspress, SiCepat, FedEx Indonesia, DHL, RIFEX, Expedito, dan Skynet WorldWide Express. 10 ekspedisi tersebut sangat direkomendasikan untuk pengiriman produk ke luar negeri. 

Tetapi jika pengiriman yang dalam wilayah kota yang sama, sangat dianjurkan untuk menggunakan jasa antar jemput langsung. Bisa dengan menggunakan GoSend dan Grab. Biaya pengiriman bisa dibebankan kepada pembeli. 

7. Memastikan Kualitas Produk Baik

Sebagai pengusaha rempah, memastikan produk yang Anda jual merupakan produk yang berkualitas baik ketika diterima pelanggan adalah hal yang penting. Pastikan bahwa produk Anda akan diterima dalam kondisi yang masih fresh dan bagus ketika sampai ke tempat pembeli dengan menggunakan alat dan teknik pengemasan yang bagus. 

Di bawah ini juga bisa Anda simak sejumlah informasi menarik lainnya.

Baca juga:





Di atas adalah cara mengembangkan usaha rempah-rempah untuk Anda yang ingin sukses menembus pasar Internasional. Cara di atas sangat dianjurkan untuk Anda yang ingin sukses meraup keuntungan ratusan juta dengan uang luar negeri. Semoga usaha Anda semakin dikenal di kancah Internasional ya. 
Related Posts