taupasar.com

we read, we create and we share it.

Ide Bisnis Pembersih Tangan Serta Cara Memulainya Agar Semakin Berkembang

Ide Bisnis Pembersih Tangan Serta Cara Memulainya Agar Semakin Berkembang

Semenjak Covid 19 merebak, bisnis pembersih tangan langsung laku keras baik itu dalam bentuk sabun maupun hand sanitizer. Seperti yang telah diketahui, virus Covid 19 merupakan penyakit yang dapat ditularkan.
Ide Bisnis Pembersih Tangan
Sehingga saat beraktivitas diluar rumah, masyarakat dihimbau untuk segera membersihkan diri dahulu untuk menghilangkan kuman-kuman tersebut. Melihat fenomena ini, membuat jiwa pebisnis tentu saja tidak menolak kesempatan ini untuk dijadikan sebagai ide peluang bisnis.
Maka tak heran, ide bisnis pembersih tangan rumahan banyak dicari oleh khalayak.

Selain bisnis pembersih tangan, di masa pandemi Covid 19 juga maraknya jual masker.
Bahkan penjual masker yang biasanya hanya laku sedikit setiap hari, semenjak Covid 19 langsung terjual habis.

Ada dua alasan kenapa pembersih tangan banyak dicari orang, pertama karena pangsa pasar masih luas.  Sampai sekarang pun hampir semua orang membutuhkan pembersih tangan salah satunya sabun cuci tangan.

Alasan kedua adalah karena dapat mengatasi masalah. Hal itu dikarenakan, sabun kesehatan memang dirancang untuk mengatasi berbagai masalah kulit khususnya. Di antaranya seperti rasa gatal, kotor, berkuman, menghindari dari penyakit, dan lainnya sebagainya. 

Manfaat inilah yang membuat bisnis pembersih tangan di pasar banyak meminatinya.
Apakah diantara kamu ada yang tertarik terhadap ide bisnis pembersih tangan ini? Jika iya, berikut ini cara memulai menjalankan bisnis ini.

Ide Bisnis Pembersih Tangan

1. Memahami Kebutuhan Pasar

Dalam memulai bisnis ini, kamu harus peka terhadap kebutuhan masyarakat. Ada pun kebutuhan pasar itu bisa berubah seiring dengan perubahan tren. Dengan selalu peka terdapat tren, usaha kamu akan dapat survive di tengah persaingan pasar.

2. Riset

Selanjutnya memulai ide bisnis pembersih tangan yang sangat dibutuhkan adanya riset pasar. 
Dengan adanya riset pasar ini, kamu akan mengetahui kondisi produk yang akan dikembangkan.
Kamu juga akan lebih paham apa yang dibutuhkan pasar dan kisaran harga.

3. Modal dan Bahan Baku

Modal dapat dihitung dengan membuat list kebutuhan terlebih dahulu. Kemudian, perkirakan besaran biaya yang akan dibutuhkan. Memulai bisnis pembersih tangan yang paling tidak boleh dilewatkan adalah memahami bahan bakunya. Memahami produk bagi pelaku usaha itu sangatlah penting, sehingga kamu jadi lebih menguasai produk.

4. Peralatan

Mempersiapkan peralatan untuk memproduksi pembersih tangan baik itu sabun maupun hand sanitizer rumahan. Peralatan yang digunakan dapat membeli second maupun baru. Namun, untuk menghemat biaya tidak ada salahnya membeli second, tetapi pastikan kualitasnya masih baik dan steril.

5. Lokasi Strategis

Dalam mencari lokasi tempat jualan pembersih tangan ini, harus memperhatikan segi keamanannya. Hal ini karena berkaitan dengan ruangan yang akan kamu gunakan untuk memproduksi.

6. Kemasan dan Produk Berkualitas yang Kreatif

Agar ide bisnis pembersih tangan kamu bisa meningkatkan angka penjualan, maka kemasan produk harus menarik dan unik. Kamu juga bisa melakukan inovasi melalui kemasan yang belum pernah ada di pasaran.

Selain itu, sangat perlu mengedepankan kualitas dan kreatif dalam memproduksi dan mengemas produk bisnis ini. Dapat dikatakan kamulah yang sedang menentukan inovasi yang bisa membuat produk pembersih tangan dilirik dan diminati pasar.

7. Promosi

Salah satu langkah dalam ide bisnis pembersih tangan cepat dikenal tangan melakukan promosi. 
Lakukan promosi baik itu secara online maupun offline. Jangan lupa buat semua akun media sosial kamu untuk mempromosikan bisnis ini. 

Buka juga lapak di beberapa situs E-commerce sehingga kamu bisa menjual produk-produk kamu di situ. Meskipun saat ini virus Covid 19 mengendur, tapi bisnis pembersih tangan masih banyak diminati oleh masyarakat. Berikut ini beberapa ide bisnis pembersih tangan yang bisa kamu tekuni.

Ide Bisnis Pembersih Tangan

1. Hand Sanitizier

Bisnis hand sanitizer bisa dibuat sendiri, tanpa harus diproduksi di pabrik besar. Bahan-bahan yang dibutuhkan cukup sederhana, mulai dari alkohol, hidrogen peroksida, gliserin, hingga minyak esensial sebagai pewangi

Bahan-bahan ini bisa didapatkan secara online. Pastikan juga, cara membuatnya untuk mengikuti formula standar World Health Organization (WHO).

2. Sabun Batang

Membuat bisnis handmade sabun batang yang bisa membersihkan kulit kita dari berbagai penyakit gatal dan sejenisnya, memang diminati pasar.

Bahan dasar komposisi sabun handmade antara lain, soda api dan beragam jenis minyak seperti, minyak kelapa, zaitun, nabati, dan esensial.  Komposisi bahan dasar ini pun harus disesuaikan dengan jenis sabun yang mau kamu buat.

3. Sabun Cair

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sabun cair sebagai ide bisnis pembersih tangan yaitu Air distilasi, 1140 ml untuk dasar sabun + 500 ml untuk melarutkan sabun dan 20 ml untuk melarutkan asam sitrat.

Kemudian 600 ml minyak zaitun murni. 900 ml minyak kelapa, 380 gr Kalium Hirdroksida (KOH), dan 4,6 gr asam sitrat. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial, misalnya lavender, sebagai pengharum setelah sabun telah diproses. 

Selain itu, juga bisa menambahkan beberapa tetes pewarna makanan untuk membedakan sabun mana untuk tangan dan yang mana untuk sabun mandi. Pastikan kamu telah menimbang baik-baik bahannya dan mengenakan peralatan keamanan.

4. Tisu Basah

Selanjutya ide bisnis pembersih tangan yang simple dan dapat digunakan dimanapun kamu berada adalah tisu basah. Kamu bisa menjadi reseller dan dropshipper dari berbagai merk ternama yang telah terkenal dengan tisu basahnya.

Jangan sampai terlewatkan sejumlah informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian pembahasan mengenai ide bisnis pembersih tangan yang bisa menghalau berbagai kuman untuk terhindar dari penyakit.

Ingat kunci suksesnya dalam suatu usaha itu dilihat dari seberapa kreatif dan inovasinya kamu dalam mengembangkan sebuah bisnis. Dengan begitu, kamu bisa menciptakan bisnis dengan ciri khas tersendiri dan disukai oleh banyak orang.
Related Posts