taupasar.com

we read, we create and we share it.

10 Cara Belajar Pembukuan Usaha Langsung dari Ahlinya

10 Cara Belajar Pembukuan Usaha Langsung dari Ahlinya

Pembukuan usaha merupakan proses mencatat dan mengelola catatan keuangan suatu usaha secara sistematis. Tujuannya untuk memonitor arus keuangan, memastikan catatan keuangan yang akurat, serta membantu pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik. Begitu pentingnya pembukuan dalam suatu bisnis, maka kenali cara belajar pembukuan usaha berikut ini.
Cara Belajar Pembukuan
Pembukuan usaha tersebut mencakup beberapa kegiatan seperti pencatatan transaksi keuangan, pengelompokan transaksi ke dalam kategori-kategori tertentu seperti pemasukan, pengeluaran, aset, perhitungan saldo dan laporan keuangan seperti neraca, laba dan rugi.

Untuk melakukan pembuatan usaha yang baik dan akurat, pelaku usaha dapat mengukur kinerja keuangan dan memonitor keuntungan dan kerugian usaha Anda. Selain itu, pembukuan usaha juga dapat membantu memenuhi persyaratan pajak dan audit, serta memudahkan pemilik usaha dalam mengambil keputusan bisnis lebih baik.

10 Cara Belajar Pembukuan Usaha

Berikut ini adalah 10 cara belajar pembukuan usaha yang bisa Anda lakukan:

1. Bergabung dengan Kursus Pembukuan Usaha atau Pelatihan Online

Bergabung dengan kursus pembukuan atau mengikuti pelatihan online di internet sangat bermanfaat jika Anda ingin belajar meningkatkan keterampilan dalam bidang akuntansi dan pembukuan. Pelatihan online juga memungkinkan Anda untuk belajar sesuai jadwal yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga bisa menyesuaikan jadwal belajar dengan aktivitas sehari-hari.

Walau begitu, sebelum memutuskan bergabung dengan pelatihan online, pastikan dulu memilih penyedia pelatihan yang terpercaya serta mengidentifikasi apakah metode belajar online cocok untuk Anda atau tidak. Sebab, dalam pelatihan online Anda tidak dapat berinteraksi langsung dengan instruktur dan sesama peserta.

2. Membaca Buku-Buku Teks Akuntansi dan Pembukuan Usaha

Selanjutnya, membaca buku teks dan referensi tentang akuntansi dan pembukuan usaha juga dapat menjadi cara yang efektif untuk memperdalam pemahaman tentang topik ini.

Ketika membaca buku teks dan referensi tersebut, pastikan membaca dengan seksama dan memahami setiap konsep sebelum melanjutkan ke materi yang lebih lanjut. Jangan ragu menandai halaman penting atau membuat catatan sebagai referensi untuk kemudian dijadikan panduan.

3. Menonton Video Tutorial di YouTube Berfokus pada Pembukuan Usaha

Menonton video tutorial juga dapat menjadi cara efektif untuk memperdalam pemahaman tentang pembukuan usaha. Dalam video tutorial biasanya akan membahas konsep-konsep dasar akuntansi dan pembukuan seperti neraca, laporan laba rugi, akun, jurnal, dan buku besar.

Selain itu, beberapa video tutorial juga biasanya memberikan trik tentang bagaimana mengelola akuntansi dan pembukuan yang lebih efisien atau bagaimana mengatasi masalah yang sering ditemukan dalam praktik. Ketika menonton tutorial YouTube, pastikan memilih sumber terpercaya dan kredibel atau pastikan video tersebut sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda.

4. Mencari Sumber Daya Gratis yang Dapat Diunduh di Internet

Mencari sumber daya gratis di internet bisa jadi cara belajar pembukuan usaha yang efektif untuk memperdalam pemahaman mengenai pembukuan usaha. Gunakan mesin pencari seperti Google untuk mencari sumber yang tepat dan mendapatkan hasil yang lebih relevan

Ada banyak situs web gratis yang menyediakan sumber tentang pembukuan usaha yang bisa Anda kunjungi seperti Coursera, Khan Academy, edX, dan lain-lain. Anda juga dapat mencari sumber melalui aplikasi mobile gratis seperti Zoho Books, Wave Accounting, atau FreshBooks.

5. Berdiskusi dengan Akuntan

Saat melakukan pertemuan dengan akuntan biasanya akan membahas tentang jenis bisnis yang Anda jalankan, struktur perusahaan, tujuan keuangan, dan sumber daya yang tersedia. Selanjutnya, seorang akuntan atau profesional keuangan akan mengevaluasi keuangan perusahaan Anda untuk menentukan kekuatan dan kelemahan dari pembukuan usaha Anda.

Setelah itu, mereka akan memberikan saran dan membantu Anda merencanakan tindakan apa yang harus diambil untuk memperbaiki masalah yang ditemukan dan menyiapkan rencana keuangan yang lebih baik. Diskusi dan tanya jawab merupakan bagian penting dari diskusi dengan akuntan atau profesional keuangan.

6. Menghadiri Seminar untuk Mendapatkan Informasi Terbaru

Dalam kegiatan seminar biasanya materi yang disampaikan meliputi tren terbaru, praktik terbaik, dan strategi untuk mengoptimalkan keuangan perusahaan Anda. Pembicara mungkin terdiri dari para ahli, praktisi industri, atau profesional keuangan terkemuka yang memiliki pengalaman dalam bidang pembukuan usaha.

Saat menghadiri seminar juga memberikan kesempatan untuk berinteraksi dan berkenalan dengan para profesional lain di bidang pembukuan usaha. Hal ini dapat membuka peluang untuk belajar dari pengalaman mereka dan membangun hubungan yang berguna di masa depan.

7. Bergabung Dengan Forum yang Memiliki Minat Serupa

Anggota forum atau komunitas seringkali akan berbagai sumber daya yang berguna, seperti buku, artikel atau video yang dapat membantu meningkatkan keterampilan Anda dalam bidang pembukuan usaha. Anggota forum juga dapat membantu Anda mempelajari tren terbaru tentang bagaimana memanfaatkan tren ini untuk keuntungan perusahaan.

Ketika bergabung dengan forum, pastikan memilih yang aktif, ikuti aturan dan etika forum tersebut, serta berpartisipasi aktif dalam diskusi dan berbagi sumber daya. Jangan ragu memperjelas aspek-aspek yang tidak Anda mengerti, dan jangan lupa untuk memanfaatkan kesempatan berkenalan dengan para profesional lain dalam bidang pembukuan usaha.

8. Mengambil Kursus Singkat untuk Mempelajari Teknik Pembukuan Usaha

Kelebihan mengambil kursus singkat, kamu dapat dibimbing secara langsung oleh dosen atau tutor. Biasanya, kursus singkat juga menawarkan waktu yang fleksibel dalam jadwal dan waktu belajar. Anda dapat mengambil kursus di waktu luang atau pada saat paling sesuai dengan jadwal Anda.

Setelah menyelesaikan kursus singkat, Anda dapat memperoleh sertifikat sebagai bukti keberhasilan dalam menyelesaikan kursus. Sertifikat ini dapat menjadi nilai tambah dalam mendapatkan klien baru atau pekerjaan dalam bidang pembukuan usaha.

9. Melakukan Praktek Langsung

Mulailah dengan membukukan transaksi sederhana dan lanjutkan hingga bisa menangani transaksi yang lebih kompleks. Pastikan Anda mengikuti prinsip akuntansi yang benar dan tepat.

Selanjutnya evaluasi hasil dan lihat apakah ada kemajuan dalam kemampuan dan keterampilan Anda dalam bidang pembukuan usaha. Melakukan praktek langsung dapat membantu Anda memperoleh pengalaman praktis yang berguna dalam pembukuan usaha. Anda juga bisa memanfaatkan kesempatan untuk memperkuat interpersonal dan membangun jaringan bisnis yang lebih luas.

10. Mencari Mentor atau Teman Berpengalaman

Carilah orang-orang yang bekerja di bidang akuntansi atau keuangan di Linkedin dan jalin koneksi dengan mereka. Anda bisa mengajukan pertanyaan atau meminta saran dari mereka. Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan menggunakan jasa konsultan keuangan atau akuntan untuk mendapatkan mentor yang berpengalaman.

Anda juga dapat mencari alumni program pelatihan kursus yang pernah Anda ikuti dan tanyakan apakah ada yang memiliki pengalaman dalam bidang pembukuan usaha dan bersedia menjadi mentor. Setelah itu, Anda bisa membayar mereka untuk jasa konsultasi atau meminta saran secara gratis.

Simak informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Memahami konsep dasar akuntansi dan pembukuan usaha sangat penting sebelum mulai lebih lanjut tentang cara belajar pembukuan usaha. Anda harus memahami dulu prinsip-prinsip akuntansi, seperti jurnal umum, buku besar, serta laporan keuangan dasar seperti neraca dan laporan laba rugi.
Related Posts