taupasar.com

we read, we create and we share it.

10+ Ide Bisnis Bulan Puasa 2023 Paling Recommended

10+ Ide Bisnis Bulan Puasa 2023 Paling Recommended 

Bagi wirausahawan musiman, mereka biasanya mencari momen tertentu yang potensial menjalankan bisnis. Seperti menjelang puasa hingga hari lebaran, selain usaha tetap, beberapa usaha tertentu pasti mendadak bermunculan. Orang-orang akan memilih ide bisnis bulan puasa paling menjanjikan bagi dirinya.
Ide Bisnis
Bahkan kamu pasti sudah tak asing dengan hadirnya penjual dadakan atau musiman yang khusus ada ketika bulan Ramadhan. Di bawah ini kami sajikan referensi usaha menjanjikan di bulan puasa, baik bisnis khusus Ramadhan maupun yang bisa menerus ke depannya.

Ide Bisnis Bulan Puasa Bidang F&B

Berdasarkan bidangnya, ada banyak ide usaha yang mungkin salah satunya cocok denganmu. Entah cocok karena sesuai minat, pengalaman, kemampuan, ataupun karena kesiapan modalnya. Berikut ini macam-macam usaha bidang Food & Beverage yang cocok dijalankan saat bulan puasa.

1. Bisnis Daging

Menjual daging menjadi salah satu bisnis berumur panjang yang bisa dijalankan kapan pun. di hari-hari biasa, banyak orang atau warung makanan memerlukan salah satu bahan masakan ini. Order-an bisa meningkat berkali-kali lipat di momen tertentu, misalnya ketika munggahan.

Munggahan sendiri dimaksudkan sebagai tradisi Muslim Indonesia, khususnya suku Sunda, untuk menyambut bulan Ramadhan. Biasanya para ibu akan menyajikan variasi makanan, salah satunya daging.

Selain itu, ketika menjelang hari raya Idul Fitri biasanya dapur-dapur umat Muslim Indonesia dipenuhi dengan masakan opor ayam hingga rendang. Jika kamu ingin menjalankan usaha bidang ini, bisa memilih menjajakan beragam aneka daging, khususnya daging ayam dan daging sapi.

2. Buah-Buahan

Bisnis buah-buahan juga berpotensi untung besar saat momen bulan puasa. Tradisi orang Indonesia meminum takjil seperti es buah atau es campur ketika berbuka, membuat pedagang buah semakin untung.

Meskipun pembeli tidak secara langsung membeli buah dari pedagang, namun melalui borongan dari penjual minuman, ini bisa menjadi simbiosis mutualisme atau siklus saling menguntungkan satu sama lain. Tidak selalu begitu, pasti ada juga pembeli yang akan membeli langsung buah segar dari pedagangnya langsung, sebagai stok di rumahnya.

3. Takjil

Berdasarkan pengalaman, kamu pasti pernah menyakiskan sendiri bagaimana larisnya dagangan penjual takjil ketika berdagang menjelang buka puasa, bukan? Kini waktunya kamu yang praktikkan sendiri! Ada berbagai macam takjil yang bisa dibuat bersama keluarga di rumah, lalu mulai dijajakan ketika sore hari. 

Semakin bervariasi dagangan, maka pembeli bisa semakin tertarik mendatangi kios atau lapak jualanmu. Kamu bisa menjual aneka takjil seperti buah kurma, kolak pisang, kolak ubi, kolak campur, es buah, es campur, dan berbagai jajanan pasar.

Untuk tempat, semakin ramai maka semakin baik. Kamu bisa memilih area pusat jajanan atau yang sering dilalui oleh banyak orang. Misalnya di pinggir lapangan atau dekat pasar.

4. Kue Lebaran

Aneka kukis atau kue juga otomatis bermunculan dalam list dagangan orang-orang. Ini bisanya dijadikan sebagai bisnis rumahan yang menjanjikan, serta kebanyakan dijual oleh para ibu. Dengan mengandalkan kemampuan memasak atau membuat pastry yang enak, dagangan pasti banyak diorder.

Jika kamu gemar membuat kue dan berpengalaman dalam bidang ini, maka manfaatkan hal tersebut sebagai peluang. Jika tidak, kamu bisa menjadi reseller dari penjual kue. Maka tugasmu adalah promosi, membuat banyak orang tertarik untuk beli dagangan tersebut.

Ide Bisnis Bulan Puasa Bidang DIY

Selain makanan, kamu bisa memilih jenis usaha DIY (Do It Yourself) yang biasanya merupakan penyediaan kreasi barang atau jasa. Pribadi yang kreatif dan berjiwa usaha, pasti akan cocok dengan ide berikut ini.

1. Amplop dan Kartu Ucapan Lebaran

Menjelang hari raya, berbagi tip dan ucapan selamat lebaran dengan sanak saudara juga menjadi salah satu tradisi. Memanfaatkan hal ini, kamu bisa membuat kreasi amplop serta kartu ucapan sebagai peluang mendapatkan cuan.

Kamu bisa mulai dengan desain grafis bertema hari raya Idul Fitri untuk membuat sampul amplop dan kartu ucapan, yang simple dan menarik. Setelah proses printing selesai, selanjutnya tinggal langkah membentuk atau melipat pola sesuai yang dibutuhkan. Jika terkendala, kamu bisa melihat video tutorial YouTube.

2. Packing Parcel

Ide bisnis bulan puasa selanjutnya adalah menyediakan jasa packing parcel lebaran. Kamu bisa menerima khusus di jasa packing saja, ataupun lengkap dengan penyediaan isian parcel. Bentukan bungkusan parcel kini juga bisa dikreasikan semenarik mungkin, dan bisa sesuai kebutuhan. Misalnya packing rapi dan formal untuk kerabat kerja, atau custom packing yang anti-mainstream.

Mendekati hari raya, order-an seperti ini bisa semakin kencang. Pasalnya, banyak orang menggunakan parcel sebagai hantaran hadiah lebaran untuk keluarga, saudara, kolega bisnis, ataupun sebagai THR (Tunjangan Hari Raya) untuk karyawan.

3. Cangkang Ketupat

Bisnis cangkang ketupat juga identik dengan momen mendekati lebaran. Karena biasanya ketupat selalu hadir sebagai santapan pendamping opor sebagai ciri khas di hari raya Idul Fitri.

Untuk menjalankan usaha ini sangatlah mudah, kamu bisa mengasah kreatifitas dengan belajar menganyam bungkus ketupat. Anyaman biasanya dibuat dari bahan daun kelapa muda atau disebut janur.

Pembelian bungkusan ketupat biasanya melambung beberapa hari sebelum lebaran, jadi kamu bisa menyiapkannya mulai dari sekarang.

4. Jasa Menjahit

Jasa jahit baju lebaran juga menjadi salah satu bisnis DIY yang menjanjikan kala Ramadhan atau lebaran. Kamu bisa menerima jahit baju lebaran secara custom dari bahan kain yang customer miliki.

Jika memungkinkan, kamu juga bisa menyediakan berbagai pilihan bahan kain sendiri, sehingga pelanggan tak perlu repot-repot membelinya dari luar. Penjahit baju biasanya banyak dicari oleh mereka yang ingin menggunakan baju seragam bersama keluarga di hari raya.

Ide Bisnis Bulan Puasa Bidang Wear & Fashion

Terakhir, ide bisnis bidang pakaian atau fashion juga sangat menarik.

1. Perlengkapan Ibadah

Karena Ramadhan adalah bulan istimewa bagi umat Muslim, maka kebaikan dalam ibadah akan sangat terasa kala ini. Penjual perlengkapan ibadah juga pasti akan dicari, sehingga orang-orang dapat membeli alat sholat sesuai kebutuhan.

Perlengkapan ibadah pun sangat beragam, misalnya Al-Quran, sejadah, peci atau kopiah untuk pria, mukena untuk wanita, tasbih, sorban, dan lain sebagainya.

2. Baju Muslim

Bisnis baju muslim untuk semua umur, bisa menjadi ide lainnya. Karena disaat seperti ini, banyak orang yang ingin memakai pakaian terbaik bahkan baru ketika lebaran. 

Ragam produk yang disediakan bisa meliputi kerudung, gamis untuk wanita dewasa, gamis untuk anak kecil perempuan, baju koko untuk pria dewasa dan untuk anak laki-laki, sarung, dan lain-lain.

3. Foot Outfit

Sebagai pelengkap, bisnis sepatu sandal juga banyak dilirik orang-orang. Kamu bisa menyediakan beragam model sepatu sandal sesuai tren trekini, untuk masing-masing usia pemakai, dan berdasarkan rate harga produk. Bisnis seperti ini bisa dijajakan secara langsung di toko ataupun secara online.

Simak juga informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Itulah rekomendasi ide bisnis bulan puasa 2023 paling lengkap dan potensial. Dari total ide di atas, kamu bisa memilih mana yang tepat dan cocok untuk dijalankan.
Related Posts