taupasar.com

we read, we create and we share it.

8 Ide Bisnis Bulan Ramadhan yang Briliant dan Untung Beneran!

8 Ide Bisnis Bulan Ramadhan yang Briliant dan Untung Beneran!

Bulan Ramadhan dijuluki sebagai bulan suci penuh ampunan, dimana orang-orang senantiasa berlomba menebar kebaikan demi menuai ganjaran pahala. Baik melaksanakan puasa wajib maupun ibadah sunnah lainnya. Bahkan, bekerja mencari rezeki pun bisa terhitung sebagai suatu ibadah di bulan istimewa ini. Makanya, yuk segera cari ide bisnis bulan Ramadhan 1444 H/2023 M yang potensial!
Ide Bisnis Bulan Ramadhan
Ketika seseorang berbisnis, biasanya ia akan memanfaatkan momen agar dagangannya laris. Begitu pula dengan bulan suci, kamu bisa menganalisa apa saja yang biasanya dibutuhkan pembeli saat bulan Ramadhan. Dengan begitu usaha bisa berjalan lancar, dan kamu dapat mengumpulkan tambahan pendapatan untuk keperluan hari raya.

Dan menariknya, ada banyak ide bisnis menarik yang bisa dijadikan referensi. Namun tetap saja, semua jenis usaha perlu disesuaikan secara apik dengan target market yang kamu tuju. Untuk itu, kamu dapat menyimak rekomendasi usaha yang cocok dijalankan ketika puasa berikut ini, agar lebih yakin saat memulainya!

Ragam Ide Bisnis Bulan Ramadhan yang Menarik untuk Semua Kalangan

Jika kamu masih bingung, coba pahami rekomendasi bisnis berikut ini yang lengkap sesuai target pasarnya, selagi masih ada waktu untuk memulai!

1. Kukis atau Kue Lebaran

Euforia menyambut bulan Ramadhan dan hari lebaran dapat dengan mudah kita rasakan ketika seudah mulai banyak penjual kue di mana-mana. Meskipun akan cukup banyak saingannya, namun peluang bisnis cookies juga besar.

Jika kamu adalah ibu rumah tangga, maka cocok untuk mengusung usaha rumahan ini. Bagi remaja wanita atau mahasiswa pun bisa, mengelola bisnis kecil-kecilan bersama bunda di rumah menjadi ide yang menarik, bukan?

Pembelian kue lebaran bukan hanya terjadi ketika jelang haru raya, akan tetapi orderan bisa membludak mendekati Ramadhan sekalipun. Tak perlu dibuat pusing, kue lebaran bisa mulai dipasarkan ke tetangga-tetangga terdekat di rumahmu, saudara, atau ke rekan kerja. Bahkan yang paling sering terjadi, kamu bisa memasang iklan secara online melalui berbagai media sosial seperti status WhastApp, Facebook, dan Instagram.

2. Bisnis Parcel Lebaran

Nuansa hari raya lebaran seolah tidak lengkap ketika tidak ada parcel di rumah. Inilah yang menjadi salah satu tradisi andalan masyarakat Indonesia ketika Idul Fitri tiba.

Kebiasaan seperti ini bisa menjadi peluang emas bagi kamu yang berjiwa wirausaha, lho! Jualan parcel sebaiknya tidak hanya dijalankan ketika waktunya sudah mepet ke lebaran. Sebelum bulan puasa berjalan pun, kamu sudah bisa memulai, kok! Pasalnya agar bisnis laris, pasti membutuhkan proses dan waktu untuk promosi.

Kamu bisa membuat parcel untuk dijajakan di kios khusus, atau bisa juga membuat strategi menarik agar orang-orang lebih mudah membeli paket parcel darimu. Misalnya dengan mengadakan tabungan parcel, biasanya kalangan ibu-ibu memiliki minat yang tinggi pada kegiatan seperti ini.

Jadi, orang-orang dapat menambung untuk program paket parcel dari jauh-jauh hari. Barulah ketika menjelang lebaran, paket dikirim ke rumah masing-masing peserta nabung parcel. Kamu juga bisa menyediakan berbagai jenis paket parcel dengan isian berbeda dan rate harga berbeda pula.

3. Jual Aneka Takjil Tradisi dan Kekinian

Sudah merupakan hal lumrah jika takjil untuk kudapan setelah berbuka selalu ada di momen bulan puasa. Karena ketika beduh maghrib tiba, biasanya orang-orang akan mencicip makanan manis atau ringan sebelum makanan berat.

Menjelang maghrib, banyak orang yang akan berbondong-bondong memburu kudapan ringan untuk disantap bersama keluarga di rumah. Biasanya momen ini terjadi di pasar, bahkan seringkali bermunculan pasar dadakan yang menjajakan aneka pilihan takjil.

Fenomena tersebut tentu bisa menjadi ide bisnis bulan Ramadhan untuk kamu jalankan. Potensinya bisa lumayan tinggi, karena kamu bisa memilih suatu jenis takjil diantara banyaknya pilihan. Apalagi setiap usaha pasti akan ada pembeli atau rezekinya tersendiri.

Kamu bisa menjual takjil utama seperti kurma atau aneka jajanan pasar. Atau bisa juga menjual aneka minuman khas bulan puasa seperti es campur, kolak, atau minuman kekinian. Tidak hanya di wilayah pasar, kamu bisa menjajakan dagangan takjil di tempat-tempat yang ramai atau biasa orang berlalu-lalang.

4. Jual Masakan Rumahan untuk sahur dan Berbuka

Bagi kamu yang sebelumnya punya pengalaman bekerja di bidang Food and Beverage, pernah menjadi chef, cook helper, atau punya keahilan memasak, bisnis kuliner saat bulan puasa juga sangat menjanjikan.

Meskipun di siang hari akan sepi dari pembeli muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, namun di waktu-waktu sahur atau menjelang berbuka, warung masakan selalu diburu. Maka jual masakan rumahan bisa menjadi ide bisnis bulan Ramadhan.

Peluang akan semakin tinggi ketika kamu berjualan di kawasan produktif. Misalnya di wilayah perkantoran atau dekat kampus. Karena biasanya banyak anak kos yang lebih memilih membeli membeli masakan dari luar. Sekalipun di waktu malam atau pagi buta ketika sahur, pasti akan banyak yang pembeli.

5. Bisnis Fashion Muslim

Jika sebelumnya kebanyakan bisnis berbau makanan atau kuliner, maka kali ini yang lebih berbeda. Untuk momen Ramadhan dan menjelang Lebaran, bisnis fashion muslim menjadi salah satu yang sangat menjanjikan.

Bahkan terkait usaha ini, kamu tidak memerlukan keahlian bidang khusus. Yang paling penting adalah keahlian mengelola usaha, melakukan promosi dan menggaet pelanggan sebanyak-banyaknya. Meskipun sesuai momennya, bisnis pakaian muslim juga perlu disesuaikan dengan mode tren terkini.

Bisnis ini bahkan bisa menyasar semua kalangan, dari anak kecil hingga dewasa. Ketika menjelang hari raya lebaran, biasanya orang akan memakai pakaian terbaiknya di momen tersebut.

Kamu bisa menyediakan berbagai kebutuhan seperti pakaian wanita (gamis, kerudung), pakaian pria (baju koko), hingga pakaian anak-anak. Tempat usahanya bisa dengan membuka toko, atau jualan online dengan menjadi dropshipper atau reseller.

6. Bisnis Perlengkapan Ibadah

Ide bisnis bulan Ramadhan lainnya yang cocok untuk umat Muslim di semua usia adalah berjualan perlengkapan ibadah. Produk-produk yang kamu sediakan bisa berupa mukena untuk perempuan anak kecil hingga dewasa, sejadah, kopiah atau peci, hingga sarung untuk laki-laki anak kecil hingga dewasa.

Usaha ini memiliki peluang tinggi, mengingat bulan Ramadhan adalah bulan spesial sehingga semangat ibadah umat Islam pun luar biasa.

7. Bisnis Ketupat

Menuju lebaran dan sebelum Ramadhan berakhir, bisnis ketupat juga menjanjikan. Mengingat ketupat menjadi salah satu makanan identik yang selalu ada ketika hari raya tiba.

8. Buka Usaha Rental Mobil

Musim mudik juga akan tiba saat menjelang Idul Fitri. Beberapa orang mungkin lebih memilih menyewa kendaraan untuk menghindari suasana membludaknya transportasi umum dengan para pemudik lainnya. Jika memiliki modal yang memungkinkan, atau memiliki kendaraan pribadi yang tidak dipakai, kamu bisa membuka rental mobil dan jadikan transportasi pribadimu sebagai sumber cuan.

Dapatkan informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Itulah berbagai rekomendasi ide bisnis bulan Ramadhan 2023 yang bisa kamu jalankan sesuai passion, kemampuan, atau latar belakang bidang. Jika dimulai dengan baik dan sungguh-sungguh, maka pemasukannya pun bisa sangat menjanjikan.
Related Posts