taupasar.com

we read, we create and we share it.

10 Tips Bisnis Online Sistem Pre Order Lengkap Dengan Kelebihan dan Kekurangannya!

10 Tips Bisnis Online Sistem Pre Order Lengkap Dengan Kelebihan dan Kekurangannya!

Ada banyak cara yang bisa dilakukan para pelaku usaha supaya bisnis yang dijalankan tetap berjalan dan mendapatkan keuntungan. Salah satunya dengan menerapkan sistem pre order. Namun, tentu dalam setiap sistem ada untung dan lebihnya, kali ini kami akan membahas apa saja tips bisnis online sistem pre order tersebut supaya tidak malah jadi merugikan perusahaan.
Tips Bisnis Online
Sebelumnya, bagi Anda yang masih asing dengan pre order itu seperti apa. Kami akan membahasnya dulu ya!

Pengertian Bisnis Online Sistem Pre-Order

Sistem pre-order yaitu sistem penjualan yang mana pelanggan memesan dan membayar produk atau layanannya sebelum produk atau layanan tersebut tersedia atau siap dikirim. Dalam sistem ini, pelanggan melakukan pemesan terlebih dulu, lalu menunggu untuk menerima produk pada tanggal pengiriman yang sudah ditentukan.

Umumnya, sistem ini digunakan pada beberapa produk atau layanan yang sedang dalam tahap produksi atau persiapan. Biasanya untuk produk yang sangat diminati sehingga stoknya terbatas. Pada sistem ini, penjual memungkinkan untuk mengatur produksi secara lebih efisien, dan memungkinkan pelanggan mendapatkan produk atau layanan yang mereka inginkan tanpa perlu menghadapi kehabisan stok.

Dalam sistem pre-order, penjual juga dapat menentukan batas waktu atau kuota pemesanan supaya bisa mengatur jumlah produksi atau persiapan yang sesuai dengan permintaan. Setelah periode pre-order berakhir, penjual kemudian dapat memulai produksi atau mempersiapkan produk dan mengirimkannya sesuai tanggal pengiriman yang sudah ditentukan.

Keuntungan Bisnis Online Sistem Pre-Order

Ada beberapa keuntungan ketika penjual melakukan sistem pre-order yaitu :

1. Mengurangi Resiko Kelebihan Stok

Keuntungan pertama dalam menjalan bisnis online sistem pre-order yaitu penjual dapat mengatur jumlah produksi atau mempersiapkan berdasarkan jumlah pesanan yang diterima. Dengan begitu, penjual bisa menghindari resiko kelebihan stok yang bisa mengakibatkan kerugian.

2. Mengurangi Resiko Rugi

Dalam sistem ini, penjual juga telah menerima pembayaran sebelum produknya tersedia. Hal tersebut bisa mengurangi resiko rugi, karena penjual telah memperoleh pendapatan sebelum memproduksi produknya.

3. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Selanjutnya, sistem ini juga meningkatkan kepercayaan karena mereka yakin bahwa produknya akan tersedia pada tanggal pengiriman yang telah ditentukan.

4. Memperkuat Relasi dengan Pelanggan

Keuntungan lainnya, pelanggan bisa merasa dihargai karena penjual memberikan kesempatan mendapatkan produk yang sedang diminati. Secara tidak langsung, bisa memperkuat relasi antara penjual dengan pelanggan dan membuka peluang untuk menjual produk lainnya di masa depan.

5. Mempercepat Proses Produksi

Keuntungan terakhir melakukan bisnis online sistem pre-order yaitu penjual bisa memperkirakan permintaan sebelum produksi dimulai. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan produk dengan lebih efisien dan cepat, sehingga bisa memenuhi permintaan pelanggan tepat waktu.

Kekurangan Bisnis Online Sistem Pre-Order

Selain kelebihan, sistem ini juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya :

1. Tidak Ada Jaminan Produk dan Layanan Sesuai

Kekurangan pertama, tidak adanya jaminan produk atau layanan yang sesuai dengan ekspektasi pelanggan, karena membelinya belum melihat atau mencobanya. Ada kemungkinan produk tersebut tidak sesuai ekspektasi mereka saat menerima di tanggal pengiriman.

2. Pembeli Bisa Membatalkan Pesanan

Dalam sistem pre-order, pembeli juga bisa membatalkan pesanan mereka sebelum produknya dikirim. Hal ini bisa menyebabkan Anda kehilangan pendapatan dan mengalami kerugian jika tidak mulai produksi.

3. Tidak Semua Pembeli Siap Membayar Terlebih Dulu

Beberapa pelanggan mungkin ada yang tidak nyaman melakukan pembayaran sebelum menerima produk, terutama jika pembelinya tidak yakin dengan kualitas atau karakter produk yang sedang Anda jual.

4. Kemungkinan Pengiriman Tidak Sesuai Jadwal

Pada beberapa kasus, penjual mungkin mengalami keterlambatan dalam melakukan produksi, sehingga pengiriman menjadi terlambat atau tidak sesuai jadwal yang telah ditentukan. Hal tersebut, tentunya bisa mengecewakan pelanggan dan merusak citra Anda sebagai penjual.

5. Sulit dalam Mengatur Jumlah Produksi

Kerugian terakhir, penjual harus betul-betul memperkirakan dengan akurat jumlah produk yang harus diproduksi berdasarkan jumlah pesanan. Jika melakukan produksi terlalu banyak atau sedikit, makan akan terjadi kelebihan atau kekurangan stok.

Tips Bisnis Online Sistem Pre Order

Setelah mengetahui apa itu sistem pre-order, kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini hal yang paling penting dalam artikel ini yaitu bagaimana tips bisnis online sistem pre order itu seperti apa. Baiklah, tanpa basa-basi lagi, berikut ulasannya.

1. Menentukan Produk atau Layanan yang Tepat

Pertama, pilihlah produk atau layanan yang sangat diminati dan juga sulit ditemukan di tempat lain. Pastikan juga bahwa produk atau layanan tersebut memiliki kualitas yang baik supaya pelanggan bisa merasa puas saat mereka  menerima produknya.

2. Tetap Terhubung dengan Pelanggan

Jaga komunikasi yang baik dengan pelanggan selama melakukan periode pre order. Berikan juga informasi yang jelas dan akurat mengenai tanggal pengiriman stok, dan informasi lain yang mereka butuhkan.

3. Memberikan Diskon Khusus untuk Pelanggan

Lainnya, memberikan diskon untuk pembeli yang memesan produk selama masa pre-order atau bonus tambahan juga bisa meningkatkan minat pelanggan dan mempercepat adanya pemesanan.

4. Menghitung Biaya dengan Cermat

Pastikan Anda sebagai penjual telah menghitung biaya produksi atau melakukan persiapan dengan cermat, termasuk biaya produksi, biaya pengiriman, dan juga biaya lainnya. Pastikan bahwa harga yang sudah ditawarkan masih menguntungkan bisnis yang sedang Anda jalankan.

5. Memperhatikan Sumber Daya Manusia

Pada sistem ini juga membutuhkan sumber daya manusia yang bisa dibilang tangguh. Apabila  menargetkan penjual besar, maka harus mempunyai SDM yang terdiri dari beberapa tim seperti tim admin sosial media, tim produksi, tim packing, dan tim CS. Bangunlah tim yang kompak supaya menciptakan tujuan yang diinginkan.

6. Tetap Fleksibel

Bersiaplah dalam perubahan dalam jumlah pesanan, tanggal pengiriman, dan juga hal lainnya yang terkair dengan periode pre-order. Pastikan tetap fleksibel dan siap mengatasi perubahan tersebut.

7. Menggunakan Media Sosial untuk Promosi

Gunakan media sosial untuk melakukan produk produk atau layanan Anda selama masa periode pre order. Buat kampanye iklan yang menarik dan beritahukan pelanggan mengenai manfaat dan keunggulan produk atau layanan.

8. Memperhatikan Jumlah Pesanan

Hal lain yang tidak kalah penting dalam menjalankan sistem pre-order yaitu memperhatikan jumlah pesanan. Perhatikan kemampuan dalam memproduksi dan hindari terlalu terobsesi melakukan produksi dalam jumlah banyak, sedangkan tidak mempunyai kemampuan untuk memproduksinya. Jangan sampai mengecewakan konsumen, yang akhirnya kecewa dan tidak membeli lagi.

9. Mencatat Pesanan

Lakukan pencatatan dengan tepat, jangan sampai salah mencatat pesanan dan akhirnya salah produksi. Hal tersebut bisa membuat kecewa dari konsumen dan kerugian bagi perusahaan. Oleh sebab itu, catatlah dengan detail pesanan konsumen, mulai dari namanya, alamat, nomor telepon, detail pesanan yang jelas, jenis pesanan, ukuran, warna, dan lainnya.

10. Mengevaluasi dan Analisis Hasil

Terakhir, analisis kekurangan dan kelebihan dari sistem pre-order tersebut untuk meningkatkan bisnis Anda di masa depan.

Dapatkan informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Itulah informasi lengkap mengenai tips bisnis online sistem pre order yang bisa jadi solusi untuk menghindari beberapa kerugian akibat stok yang menumpuk. (Erisa Agustira)
Related Posts