taupasar.com

we read, we create and we share it.

9 Tips Memperluas Jaringan Bisnis Agar Karir Semakin Sukses Besar

9 Tips Memperluas Jaringan Bisnis Agar Karir Semakin Sukses Besar

Menjalani bisnis tanpa jaringan atau networking merupakan suatu hal yang sangat mustahil dilakukan di kehidupan. Karena nyatanya, apapun bentuk bisnis yang kami jalani selalu memerlukan jaringan. Hal ini dikarenakan sebuah bisnis itu tidak dapat berdiri sendiri. Sebenarnya ada banyak manfaat yang kamu peroleh jika memiliki jaringan bisnis.
Tips Memperluas Jaringan Bisnis
Manfaatnya bisa menjadi solusi bagi persoalan bisnis, menambah wawasan bisnis, meningkatkan penjualan, serta menambah koneksi dan relasi, Maka dari itu, sebagai pebisnis diharuskan bisa menjalin kerja sama atau mitra kerja dengan perusahaan, lembaga maupun pebisnis lainnya.

Dengan begitu, bisnis kamu bisa mendapatkan sambutan hangat dan mampu mencapai berbagai kalangan masyarakat yang lebih luas lagi. Berikut ini kami akan membagikan 9 tips memperluas jaringan bisnis yang bisa kamu terapkan sehingga karir kamu  semakin sukses.

9 Tips Memperluas Jaringan Bisnis

1. Memperbanyak Kenalan

Tips memperluas jaringan bisnis yang pertama adalah dengan memperbanyak kenalan yang bisa kamu dapat dari  acara seminar, workshop, maupun event lainnya. Disana pastinya kamu akan bertemu dengan orang dari berbagai kalangan, disinilah kamu manfaatkan untuk memperbanyak kenalan.

Jika kamu termasuk susah memulai hubungan, cobalah untuk tidak takut saat mengenalkan diri Sebisa mungkin berikan kesan yang baik kepada mereka dengan menanyakan beberapa hal seputar pekerjaan atau alasan mereka mengikuti acara tersebut.

Ingat, saat berbincang hindari membuka  topik terlalu sensitif atau pribadi, agar mereka tidak menjaga jarak dan terbuka untuk berteman dengan kamu. Sebisa mungkin coba berkenalan dengan mereka yang berhubungan dengan karir  atau yang bisa memberikan keuntungan bagi karir kamu di masa depan.

2. Miliki Aktivitas Berbagi

Saat menekuni dan menguasai pada suatu bidang, kamu bisa membaginya dengan yang lain karena sejatinya berbagi tidak  pernah membuat kamu rugi. Kamu bisa memberikannya dalam  sebuah workshop, forum online, social media dan  tempat yang memungkinkan bisa berbagi dengan baik.

Dengan menerapkan tips memperluas jaringan bisnis ini kamu bisa membangun jaringan bisnis dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama.

3. Beri Dukungan ke Rekan Bisnis

Terkadang dalam dunia bisnis kamu akan dihadapi berbagai masalah sehingga tidak mampu untuk menyelesaikannya dengan sendiri. Hal ini serupa dengan rekan bisnis kamu, saat mendapati mereka sedang kesulitan menangani bisnisnya maka segera bantu mereka sesuai kemampuan kamu.

Apabila ingin menciptakan jaringan bisnis yang kuat, maka cobalah menyempatkan diri memberikan dukungan kepada rekan kamu. Bentuk dukungan yang diberikan bermacam-macam tergantung dari kebutuhan, dukungan finansial, dukungan tenaga, hingga dukungan sosial. Jadi dengan saling membantu satu sama lain, bisa membuat hubungan kamu dengan rekan kerja semakin dekat.

4. Manfaatkan Media Sosial

Memanfaatkan media sosial termasuk dalam tips memperluas jaringan bisnis, karena kamu bisa membuat bisnis di internet. Menggunakan media sosial untuk karier dan bisnis seperti LinkedIn, disini ku bisa menambahkan orang-orang yang sudah kenal sebelumnya.

Bisa saja mereka mengarahkan kamu ke jaringan lebih luas lagi. Makanya, buat juga profil yang menarik, lugas, dan jelas mempromosikan pengalaman karier kamu.

5. Memiliki Sikap Percaya Diri

Jika kepercayaan diri kamu kurang dalam memulai komunikasi, hal ini dapat menjadi penghalang untuk memperluas jaringan. Apalagi, suatu hal yang sederhana paling sering dijumpai seperti perasaan malu bertemu dengan seseorang yang berpotensi bisa membantu bisnis.

Jadi, dengan rasa malu pada diri sendiri ini sangat perlu dikalahkan ketika berhadapan dengan orang lain. Hal ini diawali dengan bekerjasama yang  sesama dan perlahan menaiki jenjang pada saat orang tersebut tingkatnya lebih tinggi. Setiap orang memiliki cara dan kelebihannya dalam membangun rasa nyaman dalam sebuah perbincangan, sehingga sangat perlu dimunculkan.

6. Ikuti Strategi Orang Lain

Apabila kamu merasa kesulitan dalam memperluas jaringan bisnis, maka coba ikuti cara atau strategi yang dilakukan oleh orang-orang sukses di sekitarmu. Seperti atasan atau senior di kantor, biasanya mereka punya jaringan bisnis profesional yang luas dan mampu mempertahankannya dengan baik.

Maka dari itu, mintalah saran dan pendapat mereka tentang cara memperluas jaringan bisnis profesional yang baik.  Bisa saja kamu melihat ada upaya yang kamu lakukan ke mereka dengan mengenalkan kamu kepada jaringannya pula.

7. Menjaga Hubungan dengan Baik

Tips memperluas jaringan bisnis meskipun kamu memiliki jaringan bisnis yang banyak, akan sia-sia saja. Jika kamu tidak bisa menjaga hubungan dengan baik, tidak hanya sebatas bertemu atau berbicara saat membutuhkan bantuan saja. 

Akan tetapi juga harus bisa membuat hubungan profesional tersebut bisa menjadi berkelanjutan untuk kedepannya.Cara yang bisa dilakukan dengan berkomunikasi secara teratur, serta jangan sampai kamu kehilangan kontak mereka. Jika kantor kamu dekat dengan mereka maka ajaklah mereka untuk makan siang atau minum kopi bersama. 

Dengan melakukan hal-hal tersebut, bisa memperluas jaringan bisnis kamu terjalin dengan baik dan semakin dekat. Semakin baik hubungan kamu, maka semakin besar pula kemungkinan jaringan ini membantu kamu ketika dalam kesulitan.

8. Kegiatan untuk Mengenalkan Bisnis ke Masyarakat Luas

Kegiatan yang bisa kamu lakukan dengan mengikuti berbagai kegiatan pameran, mempromosikan melalui media massa. Selain itu, juga bisa mengadakan pelatihan bisnis maupun seminar yang dibutuhkan masyarakat umum maupun pelaku bisnis lainnya. 

Sehingga membuat keberadaan bisnis kamu semakin dikenal banyak orang dan peluang mendapatkan jaringan bisnis baru akan semakin terbuka lebar.

9. Ambil Sisi Positifnya

Setiap manusia pastinya memiliki keunikan dan sisi positif yang beragam. Jadi, menjalin komunikasi atau rekanan dengan seseorang membutuhkan kejelian. Hal ini dikarenakan kamu yang harus memilih rekan yang bisa membuat semakin maju dan berkembang dalam bisnis.

Makanya dengan selalu mengambil sisi positif atau positif thinking terhadap semua orang, maka kamu tidak akan menemui kejenuhan dalam bisnis tersebut Justru kamu akan merasa tertantang untuk membangun hubungan yang solid dengan rekan kerja sehingga memberikan dampak yang positif bagi usaha yang kamu jalani.

Dapatkan juga informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian pembahasan mengenai 9 tips memperluas jaringan bisnis yang bisa membuat karir kamu sukses besar. Semoga informasi ini bermanfaat, dan bisa dijadikan referensi bagi kamu yang sedang mencari tips memperluas jaringan bisnis.
Related Posts