taupasar.com

we read, we create and we share it.

9 Tips Negosiasi dalam Bisnis Efektif Mencapai Kesepakatan Terbaik

9 Tips Negosiasi dalam Bisnis Efektif Mencapai Kesepakatan Terbaik

Menjalankan sebuah bisnis, memang mengharuskan pengusaha untuk memiliki kemampuan negosiasi yang terbaik. Hal tersebut dikarenakan agar bisa mendapatkan kesepakatan yang baik, sehingga menguntungkan para pihak. 
Tips Negosiasi dalam Bisnis
Maka dari itu menjalankan bisnis tidak melulu memiliki kemampuan komunikasi yang mumpuni. Karena bisnis kamu akan semakin sukses apabila juga memiliki kemampuan dalam membuat strategi negosiasi yang baik.

Negosiasi merupakan diskusi antar dua pihak atau lebih yang berusaha untuk mencapai kesepakatan melalui tawar-menawar. Dalam negosiasi ini, dari masing-masing pihak akan mencoba membujuk pihak lain agar setuju dengan sudut pandangnya.

Pihak dalam negosiasi bermacam-macam. Bisa mencakup pembeli dan penjual, pemberi kerja dan calon karyawan, atau pemerintah dari dua negara atau lebih. Meskipun sudah tertera harga dan standar berdasarkan ketentuan, tetap saja ada celah dimana klien meminta tambahan benefit.

Hal inilah yang membuat proses dealing berujung adu strategi negosiasi, apalagi jika klien kamu sudah profesional dalam proses tersebut. Agar bisa menyusun strategi negosiasi yang tepat dan bisa mencapai kesepakatan terbaik, maka diperlukan belajar.

Berikut ini kami rekomendasikan 9 Tips Negosiasi dalam Bisnis Efektif Mencapai Kesepakatan Terbaik yang bisa kamu terapkan.

9 Tips Negosiasi dalam Bisnis 

1. Buka Negosiasi dengan Tawaran Tinggi 

Jika kamu dalam posisi sebagai penjual, maka cobalah untuk memberikan tawaran harga yang lebih tinggi. Bila memberikan harga masuk akal sejak awal, kamu tetap akan diminta untuk menurunkan harga. 

Maka dari itu, alangkah baiknya sejak awal kamu sebaiknya memasang tawaran tertinggi dahulu untuk mencapai kesepakatan yang terbaik. Jika kamu dalam posisi pembeli bernegosiasi lah untuk meminta penurunan harga yang masuk akal, yang pastinya tidak memberikan kerugian besar.

2. Dengarkan dan Pahami masalah dari Berbagai Sudut Pandang

Tahukah kamu negosiator terburuk itu merupakan orang-orang yang melakukan semua pembicaraan. Dimana ia memposisikan dirinya ingin mengendalikan percakapan tanpa henti dalam menjelaskan keunggulan mereka. 

Sedangkan negosiator terbaik justru menjadi orang yang mendengarkan, memahami, dan kemudian merumuskan tanggapan yang tepat. Jadi, tips negosiasi dalam bisnis efektif dan bisa mencapai kesepakatan yang baik yaitu mendengarkan dan memahami sudut pandang pihak lain.

Coba dapatkan pemahaman mengenai apa yang menjadi penting bagi pihak lain, kemudian batasan apa saja yang mereka miliki. Selain itu kamu pahami juga dimana mereka mungkin memiliki fleksibilitas. Cobalah untuk menahan diri untuk berbicara terlalu banyak.

3. Negosiasi dengan Decision Maker

Tips negosiasi dalam bisnis yang efektif selanjutnya berbicara langsung dengan pengambil keputusan atau sebagai decision maker. Contohnya, kamu merupakan seorang sales yang sedang meyakinkan seorang wanita yang ingin membeli sebuah apartemen.

Cobalah untuk mengetahui siapa sebenarnya decision maker yang nantinya melakukan pembelian. Apakah si wanita tersebut atau mungkin suaminya. Jika kamu sudah tahu siapa decision maker-nya, siapkan strategi negosiasi baik dari cara bicara atau topik yang relevan dengan karakter klien.

4. Jangan Berikan Sesuatu tanpa Mendapatkan Timbal Balik

Dalam melakukan negosiasi tanamkan ini di pikiran kamu, “Saya melakukan ini jika kamu juga melakukannya.”  Jika kamu tidak tidak menggunakannya, maka akan mengundang negosiator lain untuk meminta konsesi tambahan.

Ketika kamu sudah memberikan sesuatu tanpa meminta untuk membalas, sehingga membuat mereka merasa berhak atas konsesi tersebut. Jika sudah seperti ini, mereka tidak akan merasa puas sampai kamu menyerah dan mendapatkan kerugian lebih besar lagi.

5. Tetapkan Batas Waktu Negosiasi

Tips negosiasi dalam bisnis untuk mencapai kesepakatan yang baik yaitu menentukan batas waktu negosiasi. Bernegosiasi yang berlarut akan menyita banyak waktu, tenaga, serta pikiran. Bahkan mengeluarkan banyak biaya.

Hal ini bisa saja kamu justru kehilangan kesempatan untuk mencari prospek lain karena terpaku pada negosiasi yang berlarut-larut. Maka dari itu, hindari proses negosiasi yang macet, sebaiknya kamu menyampaikan batas waktu negosiasi yang realistis sejak awal.

6. Jangan Terburu-buru

Melakukan sesuatu yang terburu-buru akan memberikan hasil yang kurang optimal bahkan buruk. Hal ini juga berlaku dalam negosiasi, kamu jangan sampai kehilangan kesabaran hingga ingin menyelesaikan proses secepat mungkin.

Saat kamu melakukannya dengan terburu-buru, hal ini akan membuat kesalahan dan keputusan yang didapat bisa merugikan bisnis. Pihak yang terburu-buru juga tidak akan memiliki posisi yang kuat, karena hanya memberikan tekanan tambahan dalam menyelesaikan negosiasi.

7. Bukan Uang Tapi Utamakan Klien

Dalam bernegosiasi kamu harus ingat, bahwa klien juga seseorang yang mempunyai akal budi serta perasaan. Kamu cobalah untuk ber-empati dan tidak hanya memfokuskan tujuan mencapai keuntungan besar semata saja.

Seorang negosiasi yang tidak mampu menunjukkan empati pada klien, tidak akan bisa menjaga hubungan baik dengan klien. Selain itu, klien pun juga malas menggunakan produk atau layanan yang kamu tawarkan jika pelayananmu sangat buruk.

Tidak sampai disitu, bisa saja mereka tidak  merekomendasikan produk kamu kepada orang lain. Tentu hal ini tidak tidak kamu inginkan bukan? Maka dari itu, ketika bernegosiasi cobalah memikirkan apa yang dibutuhkan oleh klien bukan hanya kepentingan dan keuntungan saja.

Cari keputusan yang memfasilitasi kebutuhan klien dengan produk dan aturan perusahaan, sehingga bisa sama-sama mendapatkan apa yang dibutuhkan. Menerapkan tips negosiasi dalam bisnis ini bisa membuat hubunganmu dan klien lebih panjang dan hubungan kerjasama pun berjalan dengan baik.

8. Jangan Terima Tawaran Pertama

Tanpa disadari saat melakukan kegiatan negosiasi terkadang menerima tawaran pertama dari pihak lain.
Padahal kamu bisa pertimbangkan untuk membalasnya dengan harga lebih tinggi atau persyaratan yang lebih baik lagi.

Jika tidak seperti itu, pihak lain akan khawatir menawarkan terlalu banyak dan bisa berakhir penyesalan sehingga berusaha keluar dari kesepakatan. Dan pembeli juga berharap akan ada penghitungan karena bagi mereka tawaran pertama kemungkinan ditolak.

9. Jangan Menilai Perilaku Klien Secara Pribadi

Tips negosiasi dalam bisnis selanjutnya yaitu tidak asal menilai tentang masalah atau perilaku seseorang secara pribadi. Biasanya proses negosiasi gagal karena salah satu atau kedua pihak ada yang teralihkan oleh masalah pribadi yang tidak ada kaitannya dengan kesepakatan.

Negosiasi akan berhasil apabila fokus pada penyelesaian masalah, seperti Bagaimana membuat kesepakatan yang menghargai kebutuhan kedua belah pihak? Terobsesi pada kepribadian negosiator lain, atau masalah akan memperburuk proses kesepakatan dan negosiasi.

Salah satu contohnya, seseorang berperilaku kasar atau sulit dihadapi, kamu pahami perilakunya jangan sampai buat mereka tersinggung. Demikian pembahasan tentang tips negosiasi dalam bisnis yang efektif mampu mencapai kesepakatan terbaik dan sukses.

Simak juga informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Semoga informasi ini bisa dijadikan sebagai referensi buat kamu yang sedang mendalami ilmu negosiasi dalam bisnis. Menjalankan negosiasi dalam bisnis pastikan kamu bisa memberikan pengaruh satu sama lain untuk mendapatkan kesepakatan yang lebih baik.
Related Posts