taupasar.com

we read, we create and we share it.

Dijamin Sukes! Inilah 8 Tips Membangun Bisnis Parfum Bibit

Dijamin Sukes! Inilah 8 Tips Membangun Bisnis Parfum Bibit


Setelah mengetahui peluang dan keuntungan dari membuka bisnis parfum, sebagian orang pasti akan langsung tertarik untuk berkiprah dalam bidang tersebut. 
tips membangun bisnis
Namun tentu saja, keuntungan tidak serta merta bisa Anda dapatkan hanya dengan membuka usaha.
Ada satu aspek yang tidak kalah pentingnya dalam memulai usaha, yaitu pengelolaan. 

Dengan demikian, Anda membutuhkan kiat-kiat khusus untuk mencapai keuntungan maksimal dari penjualan parfum.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas kunci sukses menjalankan bisnis parfum bibit. Berdasarkan dari pengalaman pribadi, tips-tips ini akan sangat membantu dalam mengembangkan bisnis dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Tips Membangun Bisnis Parfum Bibit


Strategi dalam menjalankan bisnis parfum berbeda dengan bisnis-bisnis lain seperti makanan atau pakaian. Hal ini karena banyaknya perbedaan jenis produk. Parfum memiliki sifat yang cukup sensitif dan personal untuk setiap orang.

Langsung saja, berikut kiat sukses menciptakan bisnis parfum dengan profit maksimal;

1. Memilih Developer Usaha Terbaik

Pihak penyedia paket usaha atau developer memiliki peran sangat penting terhadap kualitas usaha. Terutama apabila Anda masih seorang pemula dalam dunia pembuatan parfum.

Peran pihak developer bukan hanya sebagai penyedia bahan baku minyak wangi dengan kualitas dan harga terbaik, melainkan juga sebagai mentor terkait cara membuat parfum. 

Umumnya, pihak developer akan memberikan buku panduan atau fasilitas konsultasi mengenai proses meracik parfum dengan aroma berkualitas.

Memilih pihak developer terbaik menjadi kunci yang cukup menentukan kesuksesan bisnis dalam waktu se-efektif mungkin. Tidak berlebihan jika kita menyebut bahwa developer yang handal akan memudahkan 50% proses Anda dalam membangun bisnis parfum.

2. Ciptakan Aroma Iconik

Tidak perlu membangun sebuah pabrik terlebih dahulu untuk membuat aroma parfum khas milik Anda sendiri. Menciptakan aroma khas buatan sendiri adalah strategi untuk meyakinkan calon konsumen terhadap kemampuan toko Anda dalam meracik parfum.

Untuk menciptakan aroma iconik dari produk memang tidak mudah. Anda harus berlatih dan terus melakukan percobaan-percobaan untuk mendapatkan aroma yang khas dan premium. Namun proses tersebut secara tidak langsung juga akan mengasah kemampuan Anda dalam meracik parfum.

3. Planning bisnis yang Matang

Buat rancangan target untuk bisnis Anda sehingga perkembangan usaha dapat terpantau dengan baik. Planning ini bisa dibuat dalam jangka waktu 3 bulan hingga satu tahun ke depan.

Target ini bisa meliputi pengembangan produk hingga jumlah transaksi. Adanya target membuat Anda semakin gencar melakukan promosi karena ada pencapaian yang harus dipenuhi.

Target tidak harus bersifat baku. Dalam perjalanan bisnis nantinya, sangat mungkin pengusaha harus melakukan pembaruan-pembaruan karena adanya target usaha baru yang perlu dicapai.

4. Tentukan Strategi Pemasaran

Berbeda dengan baju, makanan, atau mayoritas produk pemasaran yang lebih mudah untuk dipromosikan secara online. Parfum lebih mengedepankan pemasaran secara langsung agar calon pembeli dapat memilih keharuman yang mereka inginkan.

Tentu hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pebisnis parfum. Meskipun tentu saja sudah banyak cara promosi baru yang lebih kreatif untuk memasarkan produk parfum.

Di antaranya, membuka sistem reseller, melakukan penawaran secara door to door, atau bekerja sama dengan pemilik event-event tertentu. Intinya, tentukan strategi pemasaran apa yang nantinya akan Anda gunakan. Hal ini penting untuk mengawal kuantitas penjualan.

5. Pilih Lokasi Usaha yang Strategis

Lokasi usaha sangat berpengaruh terhadap bisnis parfum. Letak toko yang berada di samping jalan raya, dekat dengan perempatan lampu merah, atau berada di sekitar pertokoan akan memudahkan konsumen menemukan Anda.

Oleh karena itu, upayakan untuk mulai membuka usaha di titik yang strategis.

6. Pilihan Kemasan Parfum yang Menarik

Kemasan juga menjadi daya tarik para konsumen untuk membeli. Dalam hal ini, Anda bisa menyiapkan botol-botol berbentuk unik, berpadu dengan tempelan brand dan varian aroma yang tampak premium.

Dengan kemasan yang elegan, orang akan percaya diri untuk membawa parfum mereka ke mana-mana. Tidak hanya itu, bentuk kemasan secara tidak langsung menarik perhatian orang-orang di sekitar konsumen untuk mencari tahu lebih jauh tentang brand parfum Anda.

7. Sediakan Botol Berbagai Ukuran

Bagi para konsumen baru, umumnya mereka akan memilih membeli parfum dengan ukuran kecil sebagai uji coba. Jika mereka cocok dengan kualitasnya, barulah mereka akan membeli lagi dalam ukuran yang lebih besar.

Inilah pentingnya pengusaha parfum menyiapkan botol parfum dalam berbagai ukuran. Tujuannya untuk memfasilitasi pembeli membeli dalam ukuran yang mereka inginkan.

8. Membuat Website

Tidak dapat dipungkiri, Google telah menjelma menjadi tempat bagi setiap orang untuk mencari tahu segala sesuatu. Oleh karena itu, website menjadi aspek yang tidak bisa dilewatkan oleh setiap pengusaha untuk memperkenalkan bisnis mereka.

Membuat website dapat menjadi salah satu agenda Anda untuk mengembangkan bisnis parfum. Anda bisa mencantumkan halaman website ini pada kemasan parfum maupun di banner toko.

Tujuannya agar konsumen tahu bahwa usaha Anda sudah memiliki halaman web. Selain itu, langkah ini juga akan membuat bisnis Anda semakin berkesan profesional.

Untuk membangun web sendiri tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Bahkan dengan budget ratusan ribu saja Anda sudah bisa memiliki halaman web sendiri.

Jangan lewatkan sejumlah tambahan informasi berikut ini.

Baca juga:





Demikian 8 kiat sukses membangun bisnis parfum yang bisa Anda terapkan. Cukup menjanjikan, bukan?

Tentu Anda bisa melengkapi berbagai tips-tips tersebut dengan ide Anda sendiri. Sebagaimana kita ketahui, bisnis tidak hanya membutuhkan kerja keras, namun juga kerja kreatif.
Related Posts