taupasar.com

we read, we create and we share it.

9 Tips Usaha Hantaran Pernikahan Meraup Untung Besar

9 Tips Usaha Hantaran Pernikahan Meraup Untung Besar

Salah satu jenis bisnis yang tidak pernah mati yaitu bisnis mengemas dan sewa perlengkapan hantaran dan seserahan pernikahan. Kenapa bisnis hantaran pernikahan ini tidak lekang oleh waktu? Karena di setiap harinya pasti ada pasangan yang menikah.
Tips Usaha Hantaran Pernikahan
Dan pastinya di setiap pernikahan pasti ada hantaran atau seserahan sebagai bentuk penyerahan calon pengantin pihak keluarga laki-laki ke pihak perempuan. Bisnis seserahan atau hantaran ini memiliki beragam barang yang diberikan oleh satu pihak ke pihak lainnya di momen acara tertentu.

Zaman dulu biasanya pihak keluarga yang membuat sendiri kemasan dan hiasan seserahan, sehingga memerlukan banyak waktu dan tenaga. Namun, semakin perkembangan zaman kita tidak perlu capek-capek membuat seserahan karena kini sudah ada jasa hias dan sewa perlengkapan seserahan.

Selain lebih praktis, menggunakan jasa hias seserahan atau hantaran bisa membuat tampilan menjadi lebih cantik dan indah. Buat kamu yang tertarik terjun ke bisnis hantaran pernikahan ini tenang saja, karena modal yang dipakai cukup terjangkau.

Meskipun dengan modal terjangkau, jangan salah kalau bisnis ini justru bisa meraup keuntungan yang sangat menggiurkan. Namanya bisnis, pasti ada masanya kamu mengalami penurunan. Maka dari itu, kamu harus tahu cara agar bisnis kamu tetap berjalan.

Berikut ini 9 tips usaha hantaran pernikahan yang bisa kamu terapkan agar bisa meraup cuan yang banyak.

9 Tips Usaha Hantaran Pernikahan

1. Cari Referensi dan Wawasan Sebelum Buka Bisnis

Jika kamu termasuk orang yang pertama kali membuka usaha maka sangat diperlukan mencari tahu referensi tips usaha hantaran pernikahan. Kamu bisa memperbanyak referensi dari berbagai informan atau bisa juga dari orang-orang yang pernah mengelola bisnis hantaran pernikahan.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa mengikuti workshop bisnis. Sehingga kamu bisa menemukan berbagai informasi yang tengah kamu cari. Sehingga saat memulai usaha hantaran pernikahan bisa dilakukan lebih apik, jika perlu bikin juga strateginya dari orang berpengalaman serta dari pakai bisnis.

2. Pahami Berbagai Tradisi

Beragamnya adat dan budaya di Indonesia menjadi PR bagi kamu yang membuka bisnis hantaran pernikahan ini. Sehingga diperlukan untuk mempelajari dan memahami berbagai tradisi, ini merupakan salah satu tips usaha hantaran pernikahan yang sukses.

Membuat produk hiasan hantaran pernikahan membuat kamu harus bisa mencukupi semua kebutuhan pelanggan dari berbagai latar belakang. Maka dari itu, memahami berbagai tradisi yang erat melibatkan hantaran pernikahan ini sangat penting kamu pelajari dan tidak boleh kamu lewatkan.

Contohnya adat Tionghoa, mereka memiliki tradisi sangjit yaitu penyerahan seserahan dilakukan sebulan atau seminggu sebelum pernikahan. Sedangkan dalam ajaran Islam, ada mahar yang diberikan bisa dalam bentuk uang, emas, atau barang yang lainnya. Jika kamu sudah memahami berbagai tradisi dan ajaran berkaitan dengan acara tertentu, dijamin pelanggan kamu tidak kecewa dan semakin bertambah.

3. Selalu Up to Date Terhadap Trend

Semakin berkembangnya zaman pastinya akan ada trend terbaru, makanya untuk mendapatkan inspirasi kamu harus tahu apa saja yang sedang trend saat itu. Apalagi berkaitan dengan hantaran pernikahan, pastinya akan banyak desain menarik yang memiliki peminat yang banyak.

Jika kamu bisa memuaskan pelanggan dengan apa yang sedang trend saat itu, bisa saja menjadi kepuasan tersendiri bagi orang-orang yang melihatnya. Untuk menemukan apa saja yang sedang trend, kamu bisa melihatnya di beberapa sosial media di internet. 

4. Harga Produk dan Target Konsumen Disesuaikan

Tentukan target konsumen, kemudian sesuaikan jenis produk dan harga yang ditawarkan termasuk tips usaha hantaran pernikahan. Apabila target konsumen kaum menengah ke atas, tentu penggunaan material harus bervariasi dan berkualitas, meskipun harganya terbilang mahal.

Sedangkan untuk harga yang lebih murah, kamu juga bisa menekan biaya produksi atau modal mencari aset dengan harga grosir. Hanya dengan modal minim kamu bisa memproduksi hiasan hantaran yang bagus dengan tawaran harga terjangkau kepada pelanggan kamu.

5. Promosi Online dan Offline

Tips usaha hantaran pernikahan selanjutnya dengan melakukan promosi. Baik dalam bentuk online maupun offline. Bentuk promosi offline seperti dari mulut ke mulut, brosur, majalah, dan sebagainya. Sedangkan promosi online dilakukan di media sosial milik sendiri.

Dengan memanfaatkan kesempatan seperti endorse influencer, memakai paid promote, atau bisa juga memasang iklan digital. Tapi ingat sebelum itu kamu harus pasarkan dulu ke rekan terdekat, dimulai dari keluarga, sahabat, rekan kerja, dan sebagainya. 

Kemudian, minta juga untuk memberi testimoni dan promosi ke rekan mereka pula sehingga bisnis hantaran pernikahan kamu dikenal lebih luas. Selain itu, tidak ada salahnya membuat permainan harga melalui paket bundling, atau memberi giveaway pada pelanggan setia kamu.

6. Modal Seminim Mungkin

Selanjutnya tips usaha hantaran pernikahan yang perlu kamu ketahui yaitu menekan modal yang dipakai seminim mungkin. Menjalani usaha ini membuat kamu harus jeli mencari partner pemasok bahan-bahan hiasan yang bagus dan berkualitas.

Contohnya pengrajin pedagang bunga kering atau bunga imitasi, rotan, kayu, produsen akrilik, dan lain sebagainya dengan harga grosir. Kemudian kamu juga bisa manfaatkan sumber alami sekitar rumah sebagai bahan hiasan seserahan misal bunga cemara, aneka bunga dan ranting kering.

7. Penetapan Harga

Menentukan kisaran harga pembuatan hantaran pernikahan menyesuaikan dengan tingkat kesulitannya, model, serta ukurannya. Perlu diingat juga dalam menetapkan harga jual kamu harus pasang sesuai dengan trend di pasaran.

Maka dari itu, lakukan dulu riset sederhana untuk melihat harga beli di pasaran umumnya. Setelahnya baru kamu putuskan penetapannya harga pas, sesuai target pasar dan bisa memberikan keuntungan menjanjikan.

8. Bekerjasama dengan Pemasok Bahan Hantaran Pernikahan

Tips usaha hantaran pernikahan dengan bekerjasama dengan pemasok bahan-bahan hantaran pernikahan. Dengan memikirkan bagaimana cara memasok bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat hantaran pernikahan.

Bisa dimulai dengan menjalin kerjasama yang baik dengan pengrajin pembuat box hantaran, dekorasi penghias, beserta isian seserahan. Kemudian, siklus pemasokan dan persiapan bahan-bahan sehingga bikin pembuat seserahan memang harus lancar. Minimal kamu sudah siap ketika ada klien yang order dengan barang-barang hantaran. Pemilik jasa biasanya mulai mempersiapkan diri saat mulai mendekati musim pernikahan.

9. Gaya Hias yang Unik

Buatlah produk dengan tampilan lebih unik, memukau, juga indah dan beda dari lainnya sehingga membuat bisnis kamu menjadi semakin terkenal. Berikanlah ciri khas tertentu untuk membedakannya. Jika kehabisan inspirasi, kamu bisa intip desain yang memukau dan indah di internet.

Jangan beranjak, simaklah terlebih dahulu sejumlah informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian pembahasan mengenai 9 tips usaha hantaran pernikahan yang bisa meraup keuntungan yang besar meskipun dengan modal terjangkau. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat kamu yang ingin menjalankan bisnis hantaran pernikahan, semoga sukses!
Related Posts