taupasar.com

we read, we create and we share it.

Untung Besar! Berikut 8 Cara Mengembangkan Bisnis Undangan Pernikahan

Untung Besar! Berikut 8 Cara Mengembangkan Bisnis Undangan Pernikahan

Demi menghidupi kehidupan yang serba mahal saat ini, membuat kita harus giat dalam mencari uang. Salah satu cara agar bisa mendapatkan uang dengan menjalankan sebuah bisnis, baik itu bisnis besar maupun bisnis kecil.
Cara Mengembangkan Bisnis Undangan
Dari banyaknya jenis usaha, kamu bisa mencoba buka usaha undangan pernikahan. Mengingat setiap harinya Indonesia pasti ada saja yang mengadakan pernikahan, dan pastinya perlu undangan agar bisa mengundang kerabat maupun teman.

Sebelumnya undangan pernikahan identik dengan percetakan, namun semenjak Covid 19 undangan pernikahan pun membuat metode baru yaitu undangan nikah online. Tahukah kamu, bisnis undangan pernikahan ini memiliki peluang besar. Jenis bisnis ini juga tidak lekang oleh waktu.

Keuntungan besar pun akan menghampiri kamu, selain itu bisnis undangan pernikahan ini cukup populer. Jadi, pasti akan bertahan lama di pasaran. Agar bisnis pernikahan kamu mengalami peningkatan dalam penjualan, maka diperlukan trik dengan 8 cara mengembangkan bisnis undangan pernikahan.

Berikut ini kami akan menjelaskan bagaimana cara mengembangkan bisnis undangan pernikahan, sampai menghasilkan keuntungan besar hingga sukses.

8 Cara Mengembangkan Usaha Bisnis Pernikahan

1. Tentukan Lokasi Usaha

Sebelum menjalankan bisnis ini, kamu harus memilih lokasi yang strategis untuk usaha undangan pernikahan. Meskipun kamu membuka jasa secara online, memiliki tempat lokasi sangat penting saat menjalankan usaha ini. Hal ini dikarenakan, lokasi dan tempat usaha memiliki fungsi sebagai kantor dan pusat kegiatan untuk usaha cetak undangan yang kamu lakukan. 

Usaha percetakan undangan pernikahan kamu bisa dirikan di lokasi yang dekat sekitaran perumahan atau perkantoran. Pilihlah lokasi yang mudah diakses oleh para konsumen, agar mereka tetap merasa aman saat mendatangi lokasi bisnis undangan pernikahan kamu.

2. Selalu Berinovasi

Suatu bisnis tidak akan berkembang jika kamu tidak berpikiran kreatif dan inovatif. Apalagi jenis bisnis ini banyak dijalankan oleh orang. Persaingan sengit pun tidak dapat terhindarkan, maka dari itu memiliki keunikan tersendiri sangat diperlukan untuk menarik calon pelanggan. Melakukan inovasi bisnis merupakan salah satu wujud sukses untuk meningkatkan omzet. 

Agar bisa menghasilkan undangan beda dari yang lain, kamu perlu memperkaya ide dengan berbagai cara dari membaca artikel, menonton video Do It Yourself! (DIY), hingga mengumpulkan berbagai contoh undangan. Bukan hanya undangan saja, dalam bisnis ini kamu juga bisa jual produk lain yang sejalan dengan usaha kamu.

Seperti souvenir pernikahan, bingkai foto, edit foto dan video pernikahan, dan lain sebagainya.
Selain itu, kamu juga bisa mengembangkan bisnis ini dengan memberikan katalog kepada teman atau keluarga di luar daerah. Katalog adalah sekumpulan contoh undangan pernikahan berbagai jenis dan model. 

Sebagai permulaan, kamu bisa mempersiapkan 10-20 contoh cetak undangan pernikahan. Mereka yang dijadikan perantara dengan imbalan komisi, pastinya akan senang hati mempromosikan usaha kamu. Semakin banyak katalog yang disediakan, maka besar pula kesempatan bisnis kamu menjadi referensi tempat banyak orang.

3. Menggunakan Berbagai Metode Promosi

Salah satu hal penting yang tidak boleh dilupakan mengenai cara mengembangkan bisnis undangan pernikahan adalah promosi. Adanya promosi ini akan membuat usaha kamu lebih dikenal secara luas oleh masyarakat. Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan usaha undangan pernikahan milik kamu.

Misalnya menggunakan metode promosi online yang dapat dikatakan cukup mudah untuk dilakukan, apalagi jangkauan konsumennya juga luas. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk mengeksplor kreatifitas yang dimiliki dengan memposting katalog hasil cetak undangan pernikahan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan metode dari mulut ke mulut. 

Dimana kamu memperkenalkan bisnis kamu kepada kawan, sahabat, bahkan keluarga sendiri. Jangan malu meminta mereka untuk merekomendasikan bisnis undangan pernikahan milik kamu kepada kenalan mereka. Cara ini merupakan teknik promosi bisnis yang cukup efektif serta hemat biaya. Dan calon pembeli pun lebih percaya dengan promosi langsung seperti ini.

4. Selalu Ramah dan Sopan kepada Pelanggan

Cara mengembangkan bisnis undangan pernikahan selanjutnya adalah selalu memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan kamu. Tidak sedikit pengusaha alami bangkrut, bukan karena kualitas produknya. Melainkan karena pelayanan buruk yang diberikan. Pelayanan yang ramah akan membuat orang merasa nyaman, maka dari itu sudah sewajarnya kamu bersikap sopan terhadap pelanggan kamu.

Dengan memberikan pelayanan terbaik, tanpa diminta pun bisnis kamu akan dipromosikan sama kenalan mereka. Jika hal ini berlanjut, pastinya bisnis undangan pernikahan kamu akan semakin berkembang dan mendapatkan keuntungan besar.

5. Membuat Business Plan

Untuk mengembangkan usaha undangan pernikahan milik kamu, maka diperlukan modal untuk melakukan investasi. Maka dari itu, kamu harus membuat bisnis plan untuk menarik dan menggandeng para investor. 

Tidak perlu buat bisnis plan yang kompleks, kamu bisa membuat sederhana yang penting bisnis plan tersebut memuat beberapa poin penting seperti.
  • Visi dan Misi usaha
  • Deskripsi usaha dan produk
  • Keunikan usaha yang ditawarkan
  • Analisa pasar
  • Rencana pemasaran dan promosi
  • Analisa SWOT (strength, weakness, opportunity, and threats)
  • Serta rencana pemasukan dan pengeluaran termasuk juga modal.
6. Berikan Bonus, Bukan Diskon

Salah satu cara mengembangkan bisnis undangan pernikahan milik kamu adalah tidak memberi bonus melainkan berikan bonus. Jika kamu pengusaha pemula memberikan diskon, umumnya akan membuat pelaku usaha lama tersinggung. Jadi langkah baik yang kamu ambil adalah memberikan berikanlah bonus pada pelanggan. 

Cara ini merupakan salah satu rahasia pengusaha undangan karena banyak diminati. Kamu bisa memberikan berbagai bonus seperti beberapa souvenir, pulsa, kuota, atau bonus lainnya sesuai dengan besaran jumlah pesanan. Hal inilah pastinya membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan jasa kamu, dan pastinya membuat bisnis kamu semakin dikenal.

7. Gunakan DP di Awal Transaksi

Dana pertama (DP) dalam bisa kamu terapkan dalam menjalankan bisnis undangan pernikahan ini. Dengan adanya sistem DP ini bisa menjadi pengikat, sehingga konsumen tidak bisa seenaknya pindah ke tempatlain. 

Melalui DP ini pula kamu bisa cepat menerima balik modal, setidaknya berguna untuk membeli blangko undangan saat usaha kamu baru mulai dirintis.

8. Fokus dan Konsisten

Selanjutnya cara mengembangkan bisnis undangan pernikahan yang harus kamu terapkan adalah fokus dan konsisten. Apapun usaha yang kamu jalankan harus dilakukan dengan fokus dan konsisten, dengan begitu bisa membuka gerbang kesuksesan.

Selain fokus dalam menjalani usaha, kamu juga perlu fokus dalam berinovasi, dan terus berusaha untuk meningkatkan mutu produk atau jasa yang  ditawarkan. Jangan sampai bisnis yang kamu jalani mengalami penurunan hingga berujung pada kebangkrutan.

Simak juga sejumlah informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:






Demikian pembahasan mengenai 8 cara mengembangkan bisnis undangan pernikahan yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu kamu yang sedang mengembangkan bisnis undangan, semangat! 
Related Posts