taupasar.com

we read, we create and we share it.

Contoh Kata-Kata Promosi Jasa Percetakan (Undangan, Stiker, Stempel, Dll)

Contoh Kata-Kata Promosi Jasa Percetakan (Undangan, Stiker,Stempel, Dll)


Kita tahu, sebenarnya ada banyak sekali wirausaha yang mempunyai bisnis kecil-kecilan. Bisnis ini sangat bermacam-macam mulai dari makanan, minuman, pakaian, jilbab. 

contoh kata promosi jasa percetakan

Hingga percetakan. Namun sayangnya, hanya sedikit dari para perintis tersebut yang dapat mempertahankan bisnisnya. Salah satu kendalanya adalah strategi promosi yang kurang strategis.

Mari kita ambil salah satu contoh saja yakni kata-kata promosi jasa percetakan entah itu undangan, stiker, stempel, dan lain sebagainya. \


Jika kita pikirkan, kebutuhan terhadap benda-benda ini sangatlah tinggi. Hampir semua orang pernah mempunyai acara dan tentunya membutuhkan undangan untuk kebutuhan tersebut.

Dari segi pasar, konsumen jasa percetakan tidak terbatas. Kuncinya ada di cara kita mempromosikan jasa tersebut. Membuat iklan promosi yang strategis dan efektif pun sesungguhnya tidak sulit jika Anda sudah mengetahui cara menyusun kata-kata promosi jasa percetakan (undangan, stiker, stempel, dll). Penasaran? Langsung saja, berikut ulasannya:

Cara Menyusun Kata-kata Promosi Percetakan Undangan


Bagi yang sudah berpengalaman dalam bidang pemasaran, membuat kata-kata promosi jasa percetakan (undangan, stiker, stempel, dll bukanlah sekedar merangkai kata-kata manis saja untuk mengajak orang menggunakan jasa kita. Sebelum masuk dalam jenjang tersebut, penjual harus melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana cara membuat iklan yang sesuai.

Jika Anda merasa bingung, simak uraiannya di bawah ini:

1. Memahami identitas pasar

Sebelum Anda mulai menulis kalimat promosi, coba pikirkan dahulu ‘untuk kalangan siapakah iklan ini ditulis? Kira-kira siapa yang paling berpotensi tertarik dengan iklan yang anda buat?’. 

Jika berjualan baju-baju OOTD untuk anak muda, tentu kalangan paling potensial membelinya adalah anak-anak muda. Pembawaan promosi Anda otomatis juga harus kekinian.

Berbeda dengan penawaran jasa usaha percetakan undangan. Yang menjadi konsumen anda adalah kalangan umum, antara anak muda, dewasa, hingga lansia. 

Jika demikian Anda bisa menyusun kalimat iklan yang semi formal dimana tetap luwes sekaligus cocok bagi setiap kalangan usia. Salah satu ciri iklan semi formal ialah menggunakan kalimat sapaan ‘Anda’.

2. Membuat karakter bisnis

Membuat iklan yang umum sebagaimana penyedia jasa percetakan lain akan membuat anda tidak mempunyai keistimewaan. Jika boleh disebut bisnis anda menjadi kurang memiliki daya jual untuk bersaing dengan bisnis serupa lainnya. Inilah sebabnya membuat karakter bisnis itu penting.\

baca juga:



Setiap bisnis disadari ataupun tidak sebenarnya memiliki karakter masing-masing dalam merespon konsumen mereka. Ada yang bersikap luwes, cenderung singkat dan padat, elegan, atau agresif. Anda juga perlu menentukan bagaimana karakter bisnis Anda dalam menanggapi para pelanggan. Hal ini berlaku dalam tindakan offline ataupun online.

3. Susun promosi seakan-seakan bersifat privat

Setiap orang, terutama calon pembeli selalu merasa tertarik ketika mendapatkan perlakukan istimewa. Meskipun anda memasang kalimat promosi di laman yang bersifat dapat dilihat siapa saja.

Anda harus bisa menciptakan efek seakan-seakan penawaran tersebut ditujukan kepada calon konsumen secara personal.

Misalnya, bedakan kalimat promosi yang menggunakan kata ganti ‘kamu’ dengan kata ganti ‘kalian’

‘percetakan ini siap melayani kebutuhan undangan, stiker, hingga stempel kalian.. segala fasilitas percetakan ada disini’ dengan
‘kamu sedang butuh jasa percetakan yang bisa melayani segala bentuk printing? Disini aja. Dalam jumlah cetak diatas 10, kamu bisa mendapatkan harga spesial dan berbagai bonus menarik’

Bagaimana perbedaan efek keduanya? Pada contoh kedua, penjual seakan-akan berbincang dengan konsumen secara privat dan empat mata. Dampak seperti ini  secara psikologis lebih efektif untuk menarik perhatian pembaca.

4. Kalimat fokus kepada pembeli

Suatu iklan dapat berfungsi dengan baik hanya jika ia dapat mewakili sudut pandang konsumen. Masih banyak orang yang menulis panjang lebar terkait bisnis mereka dalam iklan, padahal informasi tersebut sesungguhnya tidak dibutuhkan bagi konsumen dan tidak berdampak bagi mereka.

Inilah kesalahan fatal yang masih sering dilakukan oleh penjual. Ketika membuat iklan, anda harus memahami betul apa yang akan dicari tahu oleh konsumen terhadap bisnis ini? apa keuntungan yang bisa mereka dapatkan ketika menggunakan jasa ini? dan lain sebagainya. Untuk menegaskan prioritas ini, usahakan menggunakan kalimat sapaan di bagian depan sehingga lebih menonjol.

‘tahukah kamu? Kamu bisa mendapatkan harga spesial ketika mencetak undangan diatas 100 pcs’

‘kini Anda tidak perlu khawatir lagi mencetak ratusan undangan. Hanya disini dijamin harganya sangat terjangkau’

5. Coba membuat kata persuasif yang eksklusif

Yang dimaksud eksklusif disini yaitu tidak umum dipakai oleh orang lain. Di era bertebaran bisnis percetakan online, kita sangat mudah menjumpai kata-kata promosi yang hampir semua pengusaha gunakan. Beberapa contohnya antara lain dijamin, terpercaya, segera order ya, dan lain sebagainya.

Sesungguhnya tidak ada yang salah dengan kalimat-kalimat tersebut. Namun alangkah baiknya jika anda mulai menerapkan kata-kata promosi yang anti-mainstream dan eksklusif. Opsi lainnya, Anda bisa menciptakan iklan yang bersifat lebih naratif atau tidak secara terang-terangan beriklan. Contohnya:

‘Di era pandemi seperti ini, ekonomi lagi susah. Apalagi harus bikin hajatan dengan dana yang sangat terbatas, harus pintar-pintar manage ini agar semua acara dapat terhandle dengan baik. Untungnya ada percetakan @laku yang memahami situasi konsumen. 

Dengan biaya terjangkau, aku bisa cetak undangan pernikahanku dengan budget murah dan hasil memuaskan. Mana ada yang bisa kasih aku pengertian kaya gini selain percetakan @laku?’

6. Membuat iklan dengan sepenuh hati

Jika anda masih suka mempromosikan jasa dengan menulis caption ‘kuy’ atau ‘order yuk’ dibawah gambar yang anda posting, ada baiknya kebiasaan tersebut dihindari. Iklan seperti itu terkesan anda tidak sungguh-sungguh dalam menawarkan produk dan jasa anda.

Selain ajakan yang tidak jelas arahnya seperti itu, hindari juga terlalu banyak menggunakan emoticon atau simbol-simbol, meletakkan tanda baca sembarangan, mengabaikan huruf kapital, memakai singkatan dan lain sebagainya. Iklan adalah konektor anda dengan calon konsumen. 

Iklan menjadi kesan pertama seorang konsumen dalam mengenal anda. Oleh karena itu, bersikaplah seprofesional mungkin.

‘jika anda mencari jasa percetakan dengan pelayanan cepat dan murah, disini tempatnya’

7. Jangan berbelit-belit

Buat iklan secara gamblang dan mudah dipahami oleh konsumen. Usahakan membuat iklan yang singkat namun apa yang ingin disampaikan dapat diterima oleh konsumen dengan baik. Cukup sertakan aspek-aspek yang ingin diketahui oleh konsumen dari bisnis anda. Diantaranya:

• Apa saja layanan yang anda tawarkan

• Apa kelebihan saja anda

• Mengapa konsumen harus menggunakan jasa percetakan anda dibandingkan jasa cetak yang lain

• Berapa harga layanan anda (bisa ditulisa dengan start at rp.150,- misalnya)

• Kontak yang lengkap dan jelas

• Alamat tempat anda

Secara umum, aspek-aspek tersebut sudah memenuhi kebutuhan informasi konsumen anda terhadap kata-kata promosi jasa percetakan (undangan, stiker, stempel, dll yang anda tawarkan. Jangan lupa untuk konsisten mempertahankan iklan yang anda buat. Pahami teknik digital marketing lebih dalam agar bisnis bisa berkembang dengan cepat.


demikianlah informasi perihal contoh kata kata promosi jasa percetakan (undangan, stiker,stempel dll) semoga bermanfaat. 

Penulis: Hanifah Saifuddin

Editor: Tia
Related Posts