taupasar.com

we read, we create and we share it.

13 Cara Dan Kumpulan Kata Kata Promosi Buku Disertai Dengan Tipsnya

13 Cara dan Kumpulan Kata-kata Promosi Buku Disertai Dengan Tipsnya


Mempromosikan buku memang susah-susah gampang, karena target penjualannya hanya orang-orang tertentu, yakni orang yang suka membaca.

promosi buku

Menurut data UNESCO minat baca masyarakat Indonesia hanya sekitar 0,001%, artinya hanya 1 orang dari 1.000 orang Indonesa, ini menunjukan bahwa target jualan buku sangat kecil sekali.

Dengan target penjualan yang sangat minim, maka penjualan bukupun akan sangat sulit, mungkin kamu yang sedang berjualan buku baik karena memiliki usaha toko buku maupun yang sedang mempromosikan buku indienya mengalami hambatan ini.

Jika kamu mengetahui cara mempromosikan buku, hambatan berjualan bukupun akan bisa kamu atasi, maka itu tulisan aku kali ini akan membahas tentang 13 cara dan kumpulan kata-kata promosi buku disertai dengan tipsnya.

Cara Mempromosikan Buku


1. Ciptakan Personal Branding

Personal branding adalah proses dalam mengembangkan dan mempertahankan reputasi dan kesan individu. Personal branding sangat penting sekali buat kamu yang sedang berjualan buku.

Aku saranin ciptakan personal branding kamu sesuai dengan jenis buku yang kamu jual atau kamu tulis. Misalnya buku-buku yang kamu jual merupakan buku-buku kesehatan maka ciptakan personal branding kamu orang yang menyukai kesehatan.

2. Manfaatkan Media Sosial

Yang harus kamu lakukan dalam membangun personal branding agar penjualan bukumu semakin laris yakni manfaatkan media sosialmu untuk mengenalkan siapa dirimu. Pastikan kamu sudah memiliki akun media sosial minimalnnya Facebook, Instagram dan WhatsApp.

3. Buatlah rencana

Buatlah rencana untuk menghidupkan media sosialmu, susunlah  postingan-postingan untuk di media sosialmu hingga beberapa hari kedepan. Postinglah sesuatu-sesuatu yang berhubungan dengan personal branding yang ingin kamu ciptakan. Misalnya jika kamu menjual buku-buku kesehatan postinglah mengenai tips-tips menjaga kesehatan dan lain sebagainya.

Berikut contoh susunan rencana postingan.

Senin: Pagi kamu menyapa teman di akun media sosialmu, siang kamu berbagi tips menjaga pola makan ala kamu, malam mempromosikan buku yang kamu jual.
Atau jika buku yang kamu jual merupakan novel karyamu berikut contoh susunan postingannya.

Senin: pagi kamu menyapa dimedia sosialmu, siang kamu mempoting quote yang terdapat dalam novel yang kamu buat, dan malam kamu promosi novelmu dengan membagikan brosur bukumu.

4. Jangan lupa banyaklah berkomunikasi

Pastikan akun facebookmu sudah memiliki teman facebook yang cukup banyak, di facebook kamu bisa memiliki teman hingga 5000 pertemanan, maka manfaatkan kesempatan itu untuk menambahkan pertemanan dengan akun facebook yang masih aktif hingga full pertemanan.

5. Promosikan bukumu dengan caption yang menarik

Buatlah kata-kata promosi buku di medsos semenarik mungkin, ini salah satu cara untuk menarik hati teman facebookmu untuk tanya-tanya jalur pribadi mengani buku yang kamu jual. Banyak penjual buku yang jualan bukunya laris melalui copywriting yang menarik minat calon pelenggan.

6. Mengadakan bedah buku

Cara selanjutnya dalam mempromosikan buku yakni mengadakan bedah buku, mengadakan bedah buku sering dilakukan oleh para penulis, karena hal ini untuk mengenalkan buku karya mereka kepada masyarakat yang lebih luas, dan hal ini juga untuk mendapatkan perhatian mereka.

Untuk bedah buku saat ini bisa kamu lakukan dengan cara ofline maupun online, asalkan sesuai dengan prosedur. Pertama kamu hubungi pihak penerbit untuk mengadakan bedah buku, kemudian susun rancangan acara bedah buku yang akan kamu lakukan, kemudian lakukan promosi acara bedah buku yang akan kamu lakukan. 

7. Buatlah kelas menulis

Cara selanjutnya mengenai promosi buku yakni buatlah kelas menulis, hal ini juga untuk mengenalkan siapa diri kamu, apa yang kamu tulis dan lain sebagainya. Ketika ada yang ikut kelasmu berarti mereka sudah jadi calon pelangganmu, mereka sudah percaya bahwa kamu sudah dapat membagikan ilmu yang kamu miliki mengenai kepenulisan.

8. Resensi Bukumu

Cara selanjutnya untuk mempromosikan bukumu yakni dengan meminta seorang resentor untuk meresensi buku karyamu. Seorang resenter akan memberikan dampak yang lumayan untuk peningkatan penjualan buku karyamu.

9. Buatlah Brosur

Cara selanjutnya yang tidak boleh kamu lupakan yakni membuat brosur untuk bukumu, hal ini sangat penting sekali untuk mempromosikan bukumu lewat media sosial.

10. Membuat Website

Cara yang kesembilan mengenai promosi buku yakni membuat website sendiri, bisa dengan menggunakan nama kamu sendiri untuk nama websitenya, di website kamu juga bisa membuat toko online sendiri.

11. Membuat Toko Online Sendiri

Dengan perkembangan teknologi sekarang ini kamu sudah bisa membuat toko online sendiri, kamu bisa memanfaatkan tokopedia, shopee, Lazada, Bukalapak dan sebagainya untuk membuat toko online yang mudah dan cepat untuk toko onlinemu.

12. Kerjasama Dengan Media

Kerja sama dengan media termasuk media online merupakan salah satu cara mempromosikan buku yang sangat ampuh meningkatkan penjualan buku. 

13. Menjadi Pembicara

Menjadi pembicara merupakan salah satu cara untuk meningkatkan penjualan buku, misalkan kamu menjual buku kesehatan maka buatlah acara mengenai kesehatan dimana kamu juga sebagai pembicaranya. Atau bisa menjadi pembicara di radio, channel youtube orang lain dan sebagainya, dengan meminta mereka untuk mengizinkan kamu mempromosikan buku karyamu.

baca juga:




Duabelas cara diatas dianjurkan untuk dilakukan semua, karena dengan memanfaatkan semua media dan kesempatan maka semakin banyak orang yang akan mengenalmu dan mengenal buku karyamu hingga mereka tertarik untuk membelinya.

Tips Membuat kata-kata Promosi Buku


Dibawah ini merupakan tips dan kumpulan kata-kata promosi buku

1. Tulis judul bukumu dengan jelas

Tips yang pertama yakni tulis judul buku yang kamu jual dengan jelas, setiap awal huruf disetiap kata gunakan huruf kapital.

Berikut contohnya:

- Telah terbit buku berjudul Eliana, yuuk segera order di aku!

- Tentang Kamu, buku rekomended buat kamu yang sedang mengalami banyak problematika hidup.

2. Tambahkan kata panggilan

Menambahkan panggilan yang dimaksud yakni cocok untuk siapa buku ini.

Berikut contoh kumpulan kata-kata promosi bukunya.

- Kamu pecinta novel? Yuuk segera miliki buku ini!

- Kamu aktvis dakwah? Fix kamu kudu punya buku ini!

3. Tuliskan penulisnya

Tips selanjutnya dalam menulis kata-kata promosi yakni dengan menuliskan nama penulisnya.

Berikut contohnya.

- Pukat serial anak mamak karya Tereliye

- PhD Parents stories menggapai mimpi bersama pasangan hidup karya Ario Muhammad, PhD.

Kumpulan Kata-kata Promosi


1. Kata-kata promosi buku novel

Berikut kumpulan caption promosi buku novel

- Buku PhD wajib kamu baca, untuk memberikan stimulus kepadamu dalam berjuang.

- Ada apa dengan Raib? Mengapa dia bisa menghilang begitu saja?

2. Contoh promosi penjualan buku lainnya

Berikut contoh kalimat promosi buku selain buku novel

Kamu sedang mencari buku tentang kesehatan? Fix kamu kudu punya ini.

Nah itu tadi 13 cara dan kumpulan kata-kata promosi buku yang disertai dengan tipsna, semoga tulisan aku kali ini bermanfaat buat kamu yang sedang mencari inspirasi dalam membuat kata-kata promosi buku.

Penulis: Leli Ferlina

Editor: Tia
Related Posts