taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Tips Mencari Partner Bisnis yang Tepat

7 Tips Mencari Partner Bisnis yang Tepat

Bagi beberapa peminat bisnis, usaha yang dikelola bersama lebih banyak dipilih karena beberapa alasan tertentu. Sebagian besar setuju bahwa relasi bisnis dipilih untuk lebih mempermudah menjalankan usaha. Sehingga minat tersebut membawa para pebisnis untuk lebih selektif mencari cara dan tips mencari partner bisnis yang tepat.
Tips Mencari Partner Bisnis
Tujuan memiliki teman bisnis memang diharapkan untuk mempermudah rencana yang ingin dikelola, akan tetapi proses dalam mencari mitranya tidak semudah yang dibayangkan.

Bicara tentang bisnis, tentunya setiap pemilihan dan penentuan harus dilakukan secara bijak, agar tidak timbul kekecewaan di masa yang akan datang. Dan dalam hal mencari partner usaha, memerlukan keputusan yang tepat, terutama ketika kamu ingin merintis usaha dari awal.

Setidaknya kunci dalam proses ini adalah ketelitian, waspada, dan ada prinsip saling memahami satu sama lain. Karena biasanya dalam menjalankan prosedur bisnis, memerlukan alur komunikasi yang baik dan terbuka satu sama lain. Sehingga rintisa usaha bisa terus berkembang dan berusia panjang.

7 Cara dan Tips Mencari Partner Bisnis 

Jika kamu sudah memiliki niat yang bulat dalam mencari mitra usaha, berikut ini beberapa tips yang bisa menjadi pedoman dalam memilih rekan bisnis yang tepat.

1. Mulai Pilah Teman Masa Lalu yang Potensial

Cara termudah yang dapat kamu lakukan adalah dengan screening atau menyaring teman-teman masa lalu ataupun masa kini, yang potensial dalam mengelola bisnis. 

Menjalankan bisnis bersama teman dekat bahkan bisa menjadi hal yang menyenangkan, selain demi kebutuhan profesionalisme kerja. Bekerja bersama teman karib memang menyenangkan, namun lebih baik gunakan logika secara profesional di atas emosional.

Jika belum memungkinkan, kamu juga dapat mempersiapkan masa depan bisnis yang cemerlang, dengan memperbanyak teman atau relasi dari berbagai bidang. Misalnya dengan menghadiri event-event industri bisnis.

2. Punya Minat dan Bakat di Bidang Serupa

Kunci dasar mencari mitra bisnis adalah yang siap mengembangkan tugas usaha bersama, memiliki tujuan yang sama, serta memiliki antusiasme seirama. Tentunya kamu tidak akan semerta-merta dalam memilih seseorang yang akan dijadikan sebagai teman tandem dalam mengelola usaha. Apalagi hal ini berkaitan langsung dengan hasil usaha di masa mendatang.

Semakin baik pemilihan kualitas SDM, maka semakin baik pula pengaruhnya untuk bisnis. Minimal kamu mengetahui bahwa calon partner usaha yang dituju memiliki minat yang sama dalam suatu bidang. Jika kamu telah banyak bersinergi dalam suatu komunitas atau relasi lainnya, maka akan dengan mudah menemukan sosok orang yang dimaksud.

Dua orang atau lebih partner bisnis, akan lebih mudah berkolaborasi secara berkepanjangan ketika ia memiliki passion dan bakat dalam suatu bidang yang sama.

3. Punya Visi dan Misi Sama dalam Bisnis

Tak hanya sebatas minat, selanjutnya pencarianmu perlu diperdalam dan diseriuskan lagi. Setelah mengacu pada seseorang yang diperkirakan dapat menjadi kolega atau partner, bisa mulai kemukakan maksud dan tujuanmu.

Setelah mengetahui si A memiliki bakat dan minat di bidang yang sama denganmu, koreksi lagi kelanjutannya. Apakah dalam profesionalisme pekerjaan ia tertarik untuk bergabung denganmu atau tidak.

Selayaknya presentasi, kamu bisa menjelaskan visi dan misi merintis sebuah bisnis. Apabila si A menyatakan respon positif dan menunjukkaan antusiasme yang tinggi, maka obrolan bisnis lebih lanjut bisa terjalin.

4. Menentukan Prinsip Kerja

Tips mencari partner bisnis yang tepat selanjutnya adalah menentukan prinsip kerja antara kedua pemegang bisnis, agar semakin terjalin keselarasan dalam setiap kompromi. Prinsp-prinsip dasar dalam bisnis selalu ada sebagai batasan-batasan yang perlu diperhatikan. Persetujuan antara kedua pihak, akan membuat kerjasama berjalan dengan lebih nyaman dan jelas.

Prinsip kerja menjadi salah stau hal penting untuk menuju kesuksesan dan stabilitas usaha, sehingga ini perlu diprioritaskan bersama mitra bisnismu.

5. Relasi Bisnis Sesuai Kriteria

Mungkin setiap pebisnis memiliki concern tersendiri ketika mencari partner usaha, begitu juga denganmu. Tentukan sejak awal, orang dengan kriteria seperti apa yang akan cocok denganmu dan usaha yang akan dijalankan tersebut.

Misalnya, kamu lebih fokus pada orang yang dapat mengerjakan bagiannya secara independen, partner berpengalaman dan bijak dalam mengambil keputusan, seseorang yang terbuka dan dekat secara intimate atau emosional, yang rendah hati, tegas, maupun hal lainnya.

Mengapa? Karena dalam bisnis tidak selalu memiliki jalan mulus. Beberapa konflik menjadi hal yang sangat lumrah dalam dunia usaha. Oleh karenanya, kenyamanan satu sama lain juga sangat diperhitungkan. Maka diperlukan partner bisnis yang memiliki jiwa pengelolaan konflik dan penyelesaian yang baik.

6. Seseorang yang Jujur dan Amanah

Tips atau kriteria selanjutnya adalah memastikan orang yang dituju memiliki sifat yang jujur dan dapat dipercaya dalam memegang sebagian dari usaha bersama tersebut. Sama dengan kompetisi, bisnis yang baik adalah yang dijalankan dengan cara sportif dan sehat.

Kamu dan partner bisnis bisa menyepakati perjanjian untuk tidak terlibat dengan bisnis kompetitor selama kontrak kerja berlangsung.

7. Pengambil Keputusan yang Baik

Leader material yang dapat memimpin suatu bisnis dengan tepat, adalah ia yang memiliki jiwa tegas dan dapat mengambil keputusan dengan tepat. Pengambilan keputusan yang berkaitan dengan usaha dan karyawan banyak memang perlu dilakukan dengan hati-hati. Berani, bukan berarti tergesa-gesa. Namun dapat menentukan kapan ia harus mengambil tindakan, dan kapan ia harus berhenti.

Manfaat Memiliki Partner Bisnis yang Tepat

Manfaat menerapkan tips mencari partner bisnis yang tepat tentu beragam. Ketika kamu dapat bekerjasama dengan kolega atau partner yang tepat, mungkin beberapa hal berikut akan dirasakan.

1. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Adanya mitra dapat meningkatkan kredibilitas bisnis dengan mudah. Apalagi jika mitra merupakan seseorang yang berpengalaman, berwawasan tinggi, dan berjaringan kerja luas. Hal yang sama juga berlaku untukmu. Yaitu ketika mitra merasa bahwa kamu adalah orang yang tepat dan memiliki potensi tinggi.

2. Produktif dan Efisien

Mempermudah mengembangkan usaha dengan cepat, mengurangi beban kerja serta kewajiban finansial.
Bukan hanya memperkuat dari segi patungan finansial atau modal, mitra bisnis ada untuk menyelesaikan fungsi dan tugas bersama. Sehingga tujuan untuk mengembangkan bisnis lebih strategis, efisien dan efektif.

3. Terjalin Sharing Berkualitas

Terakhir, keuntungan punya mitra bisnis adalah untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman dalam menjalankan usaha. Istilahnya, punya teman satu frekuensi bisa memancing diri untuk berbincang lebih dalam mengenai suatu pembahasan.

Jika secara emosional kamu terhubung dengan partner, maka akan lebih terbuka mengenai strategi menjalankan bisnis. Semakin banyak ilmu yang dibagi satu sama lain, maka berpengaruh pada masa depan bisnis.

Dari total 7 tips mencari partner bisnis yang tepat di atas, semuanya penting untuk diterapkan. Efektivitas adanya mitra bisnis memang akan lebih terasa, khususnya pada usaha rintisan. Jadi, jika kamu sudah memiliki rencana memulai usaha dan masih dibingungkan oleh banyak hal, maka mencari mitra bisa bisa menjadi salah satu pembuka jalan ke depannya.

Jangan beranjak simak terlebih dahulu informasi tambahan lainnya berikut ini.

Baca juga:





Hasilnya akan sangat bergantung pada kesungguhan masing-masing. Adapun beberapa keuntungan jika kamu dapat menerapkan tips di atas dengan baik.
Related Posts