taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Tips Bisnis Kue Lebaran Dijamin Laris Manis di Tahun 2023

7 Tips Bisnis Kue Lebaran Dijamin Laris Manis di Tahun 2023

Sebentar lagi umat Muslim akan menyambut bulan Ramadhan, maka tak heran bakal ada banyak bisnis yang muncul. Salah satunya yaitu bisnis kue lebaran yang selalu banyak peminatnya saat mendekati Hari Raya Idul Fitri.
Tips Bisnis Kue Lebaran
Bisnis kue lebaran ini sebenarnya tidak membutuhkan modal besar, meskipun begitu bisa mendatangkan keuntungan lumayan besar. Karena bisnis kue lebaran menjadi salah satu makanan khas yang dapat dikatakan wajib tersedia di setiap rumah saat Hari Raya Idul Fitri. 

Jenis-jenis kue lebaran ini pun beraneka ragam, sehingga sebagai pebisnis kamu bisa menambahkan varian kue agar semakin banyak. Perlu diketahui, bisnis ini memiliki potensi besar, mengingat permintaan konsumen cukup tinggi saat memasuki bulan Ramadhan hingga menjelang lebaran.

Jika kamu tertarik dengan bisnis kue lebaran ini, ada satu hal informasi yang wajib kamu ketahui yaitu tips bisnis kue lebaran. Apabila kamu sudah memahami tips bisnis kue lebaran, otomatis usaha kamu bakal laris manis dan mendapatkan untung yang besar.

Berikut ini merupakan 7 tips bisnis kue lebaran dijamin laris manis dan memberikan keuntungan yang besar.

7 Tips Bisnis Kue Lebaran

1. Pilih Jenis Kue Lebaran yang Dijual

Sebelum memulai bisnis kue, tips bisnis kue lebaran yang wajib kamu lakukan adalah menentukan jenis kue yang akan dijual. Jenis kue lebaran itu ada yang kering dan basah, umumnya masyarakat lebih suka membeli kue kering karena dinilai tahan lama berbeda dengan kue basah.

Maka dari itu, riset dulu jenis kue apa yang sedang disukai saat itu sehingga kamu bisa menentukannya untuk dijual ke khalayak. Pemilihan kue lebaran ini bisa disesuaikan dengan kemampuan kamu, mudah atau sulitnya resep, serta yang sedang trend sehingga banyak dicari orang.

Selain itu kamu juga bisa membuat suatu variasi baru dari resep kue yang sudah kamu dapatkan, sehingga memiliki rasa yang baru. Apabila kamu ingin membuat kue resep baru, tentunya hal ini akan menjadi nilai plus karena kamu sudah memiliki ciri khas yang baik.

2. Menggunakan Bahan Berkualitas

Tips bisnis kue lebaran selanjutnya adalah menggunakan bahan-bahan kue yang berkualitas agar bisa menghasilkan kue yang enak. Meskipun kamu telah menyesuaikan dengan resep, hal itu belum belum tentu bisa memberikan rasa enak pada kue yang kamu buat.

Maka dari itu, bahan-bahan yang kamu pakai harus yang berkualitas, sehingga tidak mengurangi rasa nikmat pada kue dan bisa dinikmati oleh konsumen. Bahan-bahan kue yang  berkualitas itu mulai dari telur, terigu, mentega, dan bahan lainnya. Dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas juga akan membuat kue lebaran kamu tahan lama, sehingga tidak cepat kadaluarsa.

3. Tidak Takut Berinovasi

Beberapa resep atau jenis kue lebaran dapat dimodifikasi sendiri untuk menciptakan kue lebaran jadi lebih unik. Sehingga dengan begitu bisa menarik perhatian calon konsumen untuk mencicipi dan membeli kue lebaran kamu.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan inovasi lainnya sehingga membuat usaha kue lebaran kamu semakin menarik perhatian pembeli. Salah satunya dengan mengemas kue lebaran dalam paket hadiah atau bentuk parcel yang menarik. 

Hal ini akan memudahkan beberapa calon pembeli yang hendak memberikan bingkisan ke rekan atau saudara nya saat Hari Raya nanti. Memiliki ide-ide lainnya untuk sentuhan inovasi pada usaha kue lebaran ini sangat diperlukan, apalagi yang melakukan bisnis ini bukan cuman kamu saja. 

Sehingga untuk menyaingi kompetitor, jangan ragu dan takut untuk berinovasi, karena hal ini bisa jadi peluang bagus dalam meningkatkan usaha kamu.

4. Promosi Melalui Sosial Media dan Marketplace

Mau seenak apapun jenis kue lebaran yang kamu jual, jika tidak ada calon pembeli yang tahu keberadaan bisnis kamu percuma saja. Maka dari itu, melakukan promosi melalui media sosial dan marketplace menjadi salah satu tips bisnis kue lebaran supaya laris manis.

Jadi gencarkan promosi dengan biaya seminim mungkin, memanfaatkan sosial media seperti Twitter, Instagram, Facebook, atau WhatsApp. Kamu bisa dapat menggunakan fitur Story yang ada pada media sosial tersebut, sehingga promosi bisnis kue lebaran kamu bisa dikenal oleh publik. 

Jangan lupa untuk membuat foto dan video yang bagus agar produk kue lebaran kamu terlihat menarik dan mengundang selera. Berikan juga kontak pribadi khusus sebagai sarana pemesanan, hingga saat calon pembeli tertarik tinggal menghubungi kontak yang telah tertera.

Agar usaha kamu semakin laris manis, jangan dikenalkan hanya yang kamu kenal saja. Coba juga untuk mempromosikannya ke orang baru. Untuk cara ini kamu bisa memanfaatkan marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Gofood, dan lain-lain.

5. Memberikan Tester dan Informasi Produk ke Calon Konsumen 

Memberikan tester kue lebaran kepada calon konsumen supaya bisa mencicipi produk jualan merupakan tips bisnis kue lebaran supaya bisa laris manis. Dengan memberikan tester ini, konsumen bisa memilih jenis kue lebaran yang nantinya dibeli dan sesuai dengan selera mereka. 

Apabila kamu sudah menggunakan resep terbaik serta bahan yang berkualitas, maka potensi calon konsumen untuk membeli juga semakin tinggi. Kamu juga bisa memberikan label informasi produk mencakup info nilai gizi, komposisi yang digunakan, dan tanggal kadaluarsa.

Dengan begini konsumen bisa berhati-hati dan memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi tidak berbahaya bagi kesehatan sistem pencernaan mereka.

6. Beri Harga yang Wajar

Meskipun menggunakan bahan yang berkualitas, kamu juga harus menetapkan harga kue lebaran ini dengan wajar. Jika mengambil untung terlalu besar bisa beresiko kehilangan pelanggan dan bisa kalah dengan kompetitor bisnis kue lebaran lainnya. 

Kamu bisa memberikan harga sedikit mahal dan melabeli produk kue lebaran kamu menggunakan bahan premium sehingga calon konsumen percaya. Tapi perlu diketahui, masyarakat Indonesia kadang lebih suka dengan harga yang murah dengan kualitas yang tidak jauh berbeda.

7. Jadilah Penjual yang Jujur

Pastikan dalam membuat kue menggunakan bahan-bahan yang aman dikonsumsi, hindari bahan pengawet yang bukan khusus untuk makanan. Pastikan gunakan bahan-bahan kue yang layak. Tak harus mahal, sesuaikan saja modal yang kamu miliki dan pastikan bahannya berkualitas dan layak.

Omset memang sangat penting, tapi kesehatan dan kepercayaan konsumen itu jauh lebih penting. Dengan begitu, bisnis kamu bisa bertahan lama. Membuka usaha kue saat momen Hari Raya Idul Fitri memang harus pintar mempersiapkan strateginya, karena persaingan yang cukup ketat.

Semoga beberapa tips bisnis kue lebaran yang kami sajikan bisa bermanfaat dan bisa dijadikan referensi buat kamu yang ingin memulai. Agar keuntungan bisnis kue lebaran semakin besar, pelajari lebih dalam dan selalu konsisten melakukannya.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya pada sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:





Dengan menerapkannya, bukan tidak mungkin bagi kamu bisa mengembangkan bisnis tersebut dengan baik dan meraup keuntungan yang besar. Semangat!
Related Posts