taupasar.com

we read, we create and we share it.

10 Ide Bisnis dari Pisang Anti Mainstream

10 Ide Bisnis dari Pisang Anti Mainstream

Bagi kamu para pelaku usaha yang ingin banting setir ide jualan atau baru mau memulai peruntungan, ide bisnis dari pisang bisa menjadi solusi terbaik. Diantara banyak jenis buah-buahan, mengapa harus pisang?
10 Ide Bisnis dari Pisang
Ada banyak jenis pisang di Indonesia, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dagang. Selain itu, kamu pun tidak akan kesulitan mencari buah pisang untuk bahan baku jualan, karena dapat ditemukan penjual buah atau petani pisangnya sekalipun.

Alasan lainnya, buah dengan kulit warna kuning tersebut menjadi buah yang banyak disukai orang-orang. Baik dimakan secara langsung atau berupa olahan makanan lain, rasa yang dihasilkan dari kombinasi pisang memang luar biasa.

Selain karena rasanya, buah ini mengandung banyak nutrisi baik. Yaitu kaya akan serat, antioksidan, kalium, karbohidrat, protein, vitamin B6, dan vitamin C.

Adapun pengolahan variasi makanan dari bahan pisang rata-rata mudah dilakukan dan tidak ribet. Soal harga pun termasuk dalam kategori buah yang ramah di kantong, sehingga sangat mungkin mendapatkan keuntungan besar dengan berjualan makanan olahan pisang.

Ide Bisnis dari Pisang yang Viral dan Enak

Ada banyak ide bisnis dengan buah pisang sebagai bahan baku atau kombinasi. Yang pasti, berbagai rekomendasi usaha di bawah ini sangat menarik untuk di recook olehmu dan dijadikan sebagai produk usaha kuliner.

1. Pisang Goreng Madu

Dalam rencana mengelola usaha, kamu harus bisa membayangkan dan melihat dari kacamata pembeli, biasanya makanan seperti apa yang kira-kira diinginkan mereka? Misalnya saja pisang goreng madu, jika peluang pasar dan peminat makanan satu ini terlihat menjanjikan, maka menarik untuk kamu lakukan.

Pisang goreng madu bahkan banyak disukai orang, karena ciri khas makanan ini memiliki tekstur crunchy di luar dan soft di dalamnya ketika digigit. Selain itu perpaduan rasa manis dari madu, sulit untuk ditolak oleh lidah orang Indonesia.

Pembuatannya pun mudah, cukup menggunakan jenis pisang raja yang dipotong sesuai kisaran. Lalu dicampur dengan adonan tepung terigu, tepung beras, serta gula.

Orang lokal bahkan biasa menikmati kudapan ini saat masih panas sebagai teman ngeteh atau ngopi. Maka golden time yang tepat untuk menjajakan jualan ini adalah di pagi hari.

2. Banana Nugget

Pisang nugget menjadi salah satu camilan olahan pisang yang mulai viral pada masanya, dan hingga kini masih ada eksistensinya. Soal makanan enak, memang rasanya sulit dilupakan oleh para pemburu kuliner.

Bisnis kekinian ini memiliki tampilan yang menarik dan rasa yang menggugah selera. Olahan pisang yang sudah disiapkan biasanya akan dibentuk persegi secara manual ataupun dicetak menggunakan alat. Adonan nugget pisang selanjutnya dibalurkan ke tepung panir untuk mendapatkan tekstur krispi.

Setelah matang, nugget dibalut dengan coklat atau berbagai topping lainnya. Misalnya nugget dengan saus strawberry, matcha, keju, dengan topping kacang, oatmeal, chocochip, almond, atau oreo misalnya.

3. Pisang Molen Jamaika

Ide bisnis dari pisang berikutnya adalah molen. Sebgai pelaku usaha yang siap menerima keuntungan besar, kamu harus menemukan taktik agar membuat produk usaha berbeda dari yang lainnya.

Misalnya selain menjual pisang molen pada umumnya, kamu dapat menambahkan menu lainnya seperti pisang molen Jamaika yang anti mainstream. Pisang molen Jamaika diprediksi dapat menggaet lebih banyak pembeli karena tempilannya yang cukup asing namun menarik.

Sama seperti molen pada umumnya, bedanya kulit pisang molen Jamaika diberikan warna-warna yang berbeda. Contoh, bagian atas dibalur dengan pewarna makanan merah, bagian tengah oleh warna kuning, lalu bagian bawah berwarna hijau. Setelah itu, masuk ke proses penggorengan.

4. Pisang Karamel

Salah stau ide usaha briliant berbahan dasar pisang lainnya adalah membuat pisang karamel. Olahan ini dijamin dapat diterima di pasaran dan menembus target pembeli secara menjanjikan. Pisang karanel bisa dikreasikan beragam bentuk,

Misalnya pisang karamel yang diolah bersama tepung kripsi, atau pisang karamel yang digulung dengan kulit lumpia. Kamu bisa membuat pilihan menunya semakin beragam untuk menarik minat para pembeli. Misalnya menu pisang karamel krispi, pisang karamel keju, dan lainnya.

5. Pisang Kipas

Membuat olahan pisang goreng menjadi lebih spesial sehingga nilai jualnya bertambah dan penampilannya menarik, bisa dilakukan dengan membuat pisang kipas.

Pisang kipas biasanya dibuat tekstur yang lebih krispi serta bentuk menyerupai bentuk kipas. Caranya yaitu, jenis pisang tanduk dibelah secara vertikal dari atas menjadi beberapa bagian namun bagian pangkalnya jangan sampai terputus. Untuk menambah varian, pisang kipas ini biasanya dijual berbarengan dengan aneka gorengan lainnya atau bersama tahu Sumedang.

6. Banana Muffin

Ide bisnis dari pisang berikutnya, buah pisang banyak digunakan sebagai bahan olahan membuat kue. Kombinasi rasanya yang cocok dan menyatu dengan bahan kue, menjadikannya banyak disukai orang-orang.

Sekarang, kamu bisa kreasikan pisang sebagai bahan baku membuat kue muffin yang cantik. Adonan muffin biasanya dicetak ke dalam wadah atau paper cup mini sebelum di oven. Di bagian atasnya, kamu bisa menambahkan topping seperti kismis atau chocochip.

Tentukan tema kue muffin pisang yang akan dijual, untuk menambah daya tarik. Misalnya kamu ingin menjualnya dengan konsep floral dan pinky pada cup, serta ditambah pengemasan yang baik.

7. Mille Crepes Pisang

Mille Crepes yang sedang viral juga bisa kamu manfaatkan sebagai ide jualan menguntungkan. Apalagi saat ini banyak orang mencari dan penasaran akan makanan manis satu ini. Diantara berbagai varian lainnya, kamu bisa mencoba varian Mille Crepes rasa pisang yang masih jarang ada.

Olahan pisang bisa dicampurkan pada bahan crepes sehingga menhasilkan rasa pisang yang otentik dan warna kuning yang cantik. Lalu berbagai lapisan crepes ditumpuk dan disatukan oleh krim yang manis. Jika hasil eksperimenmu diakui enak dan nagih bagi pembeli, kamu bisa mempertahankan pelanggan dan menjadikan usahamu berjalan panjang.

8. Pancake Pisang

Kudapan manis lain berbahan pisang yang menarik untuk dijual adalah pancake. Buah pisang yang kamu gunakan bisa menjadi bahan campuran adonan pancake. Buat beberapa layer pancake dengan bentuk lingkaran. 

Setelah siap dan disusun setiap layernya, tambahkan topping dari potongan pisang, whipped cream, dan madu. Maka ide bisnis dari pisang ini siap dipasarkan.

9. Es Pisang Ijo

Jangan hanya makanannya saja, kali ini kamu bisa menjual minuman olahan pisang yang menyegarkan dan tetap mengenyangkan. Es pisang ijo adalah jenis minuman atau kudapan manis dengan berbagai komplimen lengkap.

Tak hanya berupa sirup, bahan utamanya adalah potongan pisang yang dililit dengan adonan luar berwarna hijau. Bahan-bahan lain yang sering ada di dalamnya adalah potongan roti, hingga bubur sumsum.

10. Es Pisang Cokelat

Ide bisnis dari pisang yang terakhir, yaitu es pisang cokelat yang menyegarkan. Bukan minuman, es ini berupa dessert bahan pisang yang ditusuk menggunakan tusukan sate, lalu dicelupkan pada lelehan cokelat. Setelah itu berikan taburan sprinkle atau topping yang menarik, lalu masukkan ke dalam freezer agar cokelat membeku.

Dapatkan juga informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Itulah beberapa inspirasi ide bisnis dari pisang yang bisa kamu jalankan nantinya. Semua contoh di atas memang sama-sama menarik, selanjutnya tinggal kamu yang memutuskan untuk menekuni yang mana.
Related Posts