taupasar.com

we read, we create and we share it.

Simak 5 Ide Bisnis Makanan Gerobak Yang Bisa Anda Jadikan Pilihan

Simak 5 Ide Bisnis Makanan Gerobak Yang Bisa Anda Jadikan Pilihan

Banyak sekali jenis usaha atau bisnis yang bisa dijadikan sebagai ide untuk menambah penghasilan. Apalagi jika dijalankan di tempat yang ramai lalu lalang, pastinya akan lebih mudah untuk mencari pelanggan yang membeli produk jualan Anda. 
Ide Bisnis Makanan
Adapun salah satu ide bisnis yang hingga saat ini masih dinilai sangat prospek untuk dipilih yakni ide bisnis makanan gerobak. Untuk jenis makanan yang dijual belikan bisa bervariasi, Anda bisa menyesuaikan dengan kegemaran di sekitar atau yang memberi ciri khas tersendiri, sehingga tidak ada penjual lain yang serupa dengan ide jualan Anda. 

Adapun beberapa makanan yang bisa dijual menggunakan gerobak diantaranya yakni makanan berat seperti lontong sayur, rujak, bakso dan lain sebagainya. Ada juga makanan gurih yang banyak diminati seperti tahu krispy, jamur krispy, aneka gorengan, pentol bakar, dan lain sebagainya. 

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menjual berbagai menu minuman seperti es oyen khas Bandung, es campur dan aneka jenis minuman menyegarkan lainnya.

Banyaknya pilihan menu tersebut pastinya akan mudah dipilah dan dipilih untuk menu yang bisa digunakan sebagai menu jualan. Hal ini pastinya perlu pertimbangan dan pemikiran yang matang, karena mempengaruhi proses produksi dan juga kondisi pasar yang akan dituju. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui tes pasar terhadap makanan jualan Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Makanan Gerobak?

Setiap model bisnis baik jualan secara online atau dengan dihadapan langsung jelas akan memiliki kekurangan dan kelebihan satu sama lain. Maka dari itu tak heran jika Anda menjumpai kekurangan dan kelebihannya, sebab keduanya sudah saling bertautan dan perlu untuk dijadikan bahan pertimbangan. 

Adapun untuk kelebihan dari ide bisnis gerobak diantaranya adalah target dari konsumen atau pelanggan bisnis makanan Anda akan lebih bervariasi. Sebab dengan membuka lapak di gerobak menunjukkan tampilan baru bagi orang di sekitar dan orang yang melintasi jalan tersebut, jadi otomatis akan lebih bervariasi konsumen yang ingin mencicipinya.

Kelebihan lainnya yakni lebih hemat untuk persiapan modal yang dibutuhkan. Sebab gerobak bisa lebih fleksibel pindah tempat satu ke tempat lainnya dan tidak membutuhkan pembangunan lapak dengan biaya yang besar. Dengan begitu sangat memungkinkan untuk dicoba untuk pebisnis pemula. 

Sedangkan untuk kekurangan dari ide bisnis makanan gerobak tentu juga bisa dijadikan bahan pertimbangan. Diantaranya yakni persaingan bisnis makanan semakin meningkat sehingga harus selalu memiliki ciri khas atau hal menarik lainnya yang dapat memikat pelanggan Anda. Maka dari itu Anda harus selalu memperhatikan minat pasar dan lainnya. 

Kekurangan ide bisnis makanan gerobak selanjutnya yakni makanan yang dijual cenderung tidak awet sebab termasuk makanan fresh. Makandari itu salah satu cara untuk menjaga agar lebih aman yakni dengan menyiapkan bahan mentahnya saja untuk kemudian diolah saat ada pembeli. Tentu untuk trik ini hanya bisa dilakukan untuk jenis makanan tertentu saja.

Tips Mencoba Bisnis Makanan Gerobak

Adapun apabila Anda ingin mencoba ide bisnis makanan gerobak, ada beberapa tips yang bisa dijadikan sebagai pedoman dengan menyesuaikan kondisi Anda, diantaranya yakni 

1. Pilih jenis Makanan Yang Banyak diminati

Sebagian orang lebih suka makanan manis dan asin, Anda bisa memilih jenis makanan yang lebih familiar. Seperti gorengan, kebab dan lain sebagainya. Selain melihat dari segi kemampuan Anda sebagai pembuatnya juga melihat minat pasar yang ada. Misalkan di tempat tersebut belum ada yang berjualan gorengan, maka bisa jadi peluang untuk Anda.

Atau bisa juga memilih menu minuman pelepas dahaga yang sesuai dengan lidah orang Indonesia. Seperti aneka es atau jus yang menyegarkan dan pastinya rasanya sesuai dengan harga yang ditawarkan.

2. Tentukan Tempat Jualan yang Strategis

Selain menu yang menarik dan rasa yang ditawarkan, salah satu penunjang kesuksesan dalam berbisnis adalah pada lokasi penjualan. Anda bisa mencari tempat strategis dimana banyak orang yang melihat dan mudah dijangkau, dengan begitu calon konsumen Anda akan lebih bervariasi dibandingkan dengan berjualan di tempat yang tidak strategis.

Trik ini berlaku untuk pemula, berbeda jika sudah legend alias sudah memiliki penggemar sebelumnya. Karena akan tetap dicari oleh pelanggan jika berpindah tempat jualan atau lainnya.

3. Utamakan Kenyamanan Pelanggan

Salah satu trik yang perlu diperhatikan yakni pelayanan yang diberikan. Untuk beberapa orang seringkali tertarik untuk datang kembali sebab pelayanannya menarik. Baik dari segi keramahan penjual dan cara penyiapan makanan. Sebab beberapa orang merasa tidak nyaman apabila penjual tidak tampak ramah meski makanan yang dijual memiliki rasa yang enak.

Selanjutnya Anda bisa menyediakan tempat duduk untuk menyiapkan pelanggan apabila terjadi antri atau menunggu waktu untuk menyiapkan makanan. Dengan begitu akan lebih memberikan kenyamanan dan menarik konsumen untuk datang kembali.

5 Ide Bisnis Makanan Gerobak

Berikut beberapa ide bisnis makanan gerobak yang bisa dijadikan pilihan untuk dapat mencobanya, pastinya disesuaikan dengan kemampuan dalam membuat serta menyajikan makanan dan minat konsumen terhadapnya.

1. Aneka Gorengan

Gorengan sejak dahulu menjadi salah satu jenis cemilan yang tak lekang oleh zaman. Karena bisa menyasar di berbagai kalangan untuk peminatnya dan cara pembuatannya pun cukup mudah. Dengan begitu bisa dijadikan pilihan apabila Anda ingin mencoba untuk jualan gerobak. 

2. Cilok dengan bumbu kacang

Sejauh ini minat jajan para konsumen semakin meningkat dan bervariasi. Akan tetapi perlu dilihat juga kalangan yang dituju. Seperti kalangan menengah ke atas sangat memungkinkan untuk bisa jajan atau membeli snack sekedar untuk memuaskan hasrat nyemilnya, berbeda untuk kalangan menengah ke bawah lebih fokus ke makanan utama.

Anda bisa menjual cilok dengan bumbu kacang yang hingga saat ini juga masih sangat banyak peminatnya. Bisa diminati untuk anak anak hingga dewasa sekalipun. 

3. Bakso Bakar

Bakso bakar juga bisa dijadikan sebagai pilihan untuk ide bisnis makanan gerobak. Anda bisa menyediakan bahan bakso yang sudah ditusuk untuk kemudian baru dibakar jika sudah ada pembeli. Dengan begitu akan lebih awet dan hangat saat disajikan kepada pembeli.

Bakso bakar bisa diselingi dengan aneka makanan frozen seperti sosis, kornet, tahu dan lain sebagainya. Hal ini bisa ditambahkan sebagai variasi pilihan agar lebih berwarna.

4. Kebab

Makanan khas timur tengah yang sudah banyak dikenal di Indonesia ini juga bisa dijadikan pilihan. Sebab sudah banyak peminatnya dan cara pengolahannya pun sangat mudah. Pastinya bisa menjadikan Anda lebih mudah dalam melakukan jualan makanan gerobak.

Untuk penyajiannya juga bisa dilakukan saat konsumen datang, jadi bisa lebih tahan lama untuk bahan yang disediakan. Dengan begitu akan meminimalisir kerugian yang menimpa Anda.

5. Roti Bakar

Menu makanan ide bisnis makanan gerobak selanjutnya yakni menjual roti bakar. Hingga saat ini penjualan roti bakar di beberapa tempat terutama kota besar masih banyak diminati. Sehingga bisa dijadikan pilihan untuk dijadikan bahan jualan Anda.

Terlebih jika ingin berjualan di tempat yang strategis dan ramai pastinya akan lebih memungkinkan untuk jual beli yang maksimal.

Simak juga informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Beberapa ide bisnis makanan gerobak tersebut bisa dijadikan sebagai pilihan untuk Anda dalam mencoba hal baru dengan lebih yakin dan semangat. Selamat mencoba!
Related Posts