taupasar.com

we read, we create and we share it.

Peluang Usaha Makanan di Bulan Ramadan yang Menjanjikan

Peluang Usaha Makanan di Bulan Ramadan yang Menjanjikan

Bulan Ramadan selain menjadi ladang pahala juga bisa menjadi ladang rezeki, maka dari itu bulan ini merupakan momen yang dinanti-nantikan oleh pengusaha bisnis karena bisa meraup banyak keuntungan.
Peluang Usaha Makanan
Di Indonesia sendiri bulan Ramadan tidak identik dengan berpuasa saja, namun juga banyak yang membuka usaha dadakan. Hal ini terjadi karena di bulan ini segala kebutuhan dari makanan hingga pakaian mengalami peningkatan permintaan.

Nah, karena itu sudah seharusnya kamu memanfaatkan momen yang memiliki presentase keuntungan tinggi ini dengan membuka usaha. Salah satu usaha yang tidak pernah mati yaitu usaha makanan, maka dari itu disini kami akan memberikan kamu informasi peluang usaha makanan di bulan Ramadan yang sangat menjanjikan. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

Peluang Usaha Makanan di Bulan Ramadan

1. Usaha Takjil Makanan dan Minuman

Menunggu bedug buka puasa merupakan momen yang sangat dinantikan, setelah melakukan aktivitas dengan menahan lapar dan haus sehingga mereka membutuhkan makanan dan minuman untuk mengisi energi saat berbuka puasa.

Maka dari itu membuka usaha takjil makanan dan minuman merupakan pilihan yang tepat. Memulai usaha ini juga tidak perlu memerlukan modal besar, kemudian untuk tempat jualan kamu bisa menggunakan halaman rumah, pinggir jalan, atau membawa ke tempat kerja. 

Membuka usaha ini tidak hanya mendapatkan keuntungan saja, namun kamu juga membantu orang-orang yang berbuka di tengah kesibukan mereka.

2. Katering Makanan

Tidak semua orang yang menjalankan ibdah puasa ini bersama dengan keluarga tercinta, terutama bagi orang-orang yang merantau dan jauh dari keluarganya. Membuka usaha katering ini bisa menjadi peluang terbaik buat kamu karena bisa membantu bagi mereka yang memiliki menu santapan berbuka dan sahur yang terbatas.

Usaha katering ini juga diminati oleh orang-orang yang mengadakan acara silahturahmi. Buat kamu yang tertarik dengan usaha ini kamu perlu mengkreasikan makanan dengan nutrisi yang lengkap, berikan keunikan pada produk kamu sehingga bisa menarik banyak peminat.

3. Ketupat

Peluang usaha makanan di bulan Ramadan selanjutnya adalah jualan ketupat. Di bulan Ramadan banyak sekali yang membutuhkan ketupat, namun tidak semua orang bisa membuat ketupat. Maka dari itu melihat peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka jasa jualan ketupat dan bisa menambah pendapatan kamu.

Kamu bisa menjual ketupat ini dalam kondisi matang atau hanya anyamannya saja, sesuai dengan kemampuan dan pilihan kamu. Agar mendapatkan keuntungan yang berlipat kamu juga bisa menawarkan sayur ketupatnya sekaligus. 

4. Kue Kering

Makanan yang wajib ada saat hari raya idul fitri adalah adanya aneka kue kering, makanya saat menjelang lebaran peminatnya semakin melonjak. Jika kamu memiliki skill masak terutama dalam membuat kue kering maka peluang usaha ini tepat menjadi pilihan kamu, karena usaha ini benar-benar bisa meraup keuntungan yang besar.

Modal usaha ini juga bermacam-macam, sesuaikan dengan kesanggupan kamu. Ada banyak jenis kue kering yang dapat kamu pilih seperti nastar, putri salju, kastangel, sagu keju, semprit, lidah kucing, dan masih banyak jenis lainnya. Selain itu kamu juga bisa berjualan dengan sistem online mengingat saat ini masyarakat lebih memilih berbelanja praktis dan tidak repot.

5. Parsel

Usaha parsel ini sangat diminati apalagi menjelang lebaran karena bisa menjadi bingkisan untuk dikirimkan kepada keluarga, sahabat, teman, dan kolega, jadi tidak heran bahwa pembuatan parsel ini bisa meraup keuntungan bahkan berlipat. 

Kamu bisa menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman untuk isian parsel tersebut, seperti aneka kue kering, sirup, biskuit, bahkan sembako bisa kamu gunakan.

Jika kamu tertarik dengan usaha parsel ini maka kreativitas kamu sangat diperlukan untuk memproduksinya, meskipun terlihat sulit namun usaha ini sangat terjamin dan menjanjikan.

6. Kurma dan Buah-buahan

Gak ada kurma rasanya Ramadan terasa tidak lengkap, seperti yang diketahui mengonsumsi kurma saat berbuka dan sahur merupakan sebuah sunah rasul. 

Banyaknya permintaan membuat kamu untuk bisa memanfaatkan momen ini, apalagi jika kamu jualnya dibarengi dengan menu takjil yang lainnya pastinya kamu akan mendapatkan banyak keuntungan.

Selain kurma, kamu juga bisa menjual buah-buahan yang nikmat dan segar. Memiliki kandungan mineral yang tinggi sehingga buah-buahan ini merupakan suguhan yang pas untuk dinikmati saat berbuka puasa maupun saat sahur.

Jika tertarik pastikan kamu menyuguhkan kurma dan buah-buahan dengan kualitas yang baik, jika kamu menekuni peluang ini, maka usaha kurma dan buah-buahan bisa memberikan omzet penjualan besar dalam sehari.

7. Frozen Food

Usaha ini sangat recommended buat yang kurang pandai memasak dan malas merekrut juru masak karena memiliki modal yang sedikit. 

Frozen food ini merupakan makanan yang dibekukan, memiliki banyak peminat di bulan Ramadan ini karena proses penyajiannya yang praktis dan cepat sehingga cocok digunakan sebagai menu buka bahkan sahur.

Trik Menjalankan Usaha Makanan di Bulan Ramadan

1. Teliti dan Cermat Memilih Peluang Usaha

Ada banyak usaha makanan yang berpotensial saat Ramadan, maka dari itu kamu harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari produk yang akan kamu jual. Pastikan kamu memilih kuliner yang enak, higienis, unik, dan potensial.

2. Rencana dan Target Jelas

Sebelum menjalani usaha di bulan Ramadan ini pastikan kamu sudah mematangkan rencana dan target dari produk yang kamu jual. Kamu harus memahami cara menarik pelanggan agar tidak kabur dan setia membeli usaha kuliner kamu. 

Memiliki perencanaan yang jelas akan membuat usaha kamu lebih terarah hingga keuntungan yang didapat semakin besar.

3. Menu Takjil Kekinian

Melakukan sebuah usaha menuntut kamu untuk lebih kreatif, karena memiliki keunikan tersendiri bisa menjadi daya tarik bagi pembeli. Bukan hanya memiliki rasa enak saja, namun kamu harus kreatif dalam memilih resep takjil yang lezat dan bergaya kekinian.

4. Pilih Waktu yang Tepat

Pilih dan cermatlah dalam memilih waktu yang tepat untuk memulai usaha ini, lihat dan perhatikan tren saat itu. Kamu juga perlu melihat pesaing lainnya, jangan sampai kalah cepat dengan mereka. 

Selain itu pastikan usaha kamu dijual dekat momen-momen Ramadan seperti sebelum berbuka puasa atau menjelang lebaran.

5. Jaga Kesehatan

Menjalani bisnis di bulan Ramadan ini kamu harus lebih ekstra menjaga stamina kamu sehingga tubuh kamu tetap dalam keadaan sehat, apalagi saat ini Covid-19 masih marak disekitaran kamu. 

Menjaga kesehatan ini merupakan hal utama, jangan sampai kamu membuat tubuh kamu lemah dan membuat semangat kerja menurun.

Dapatkan informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian informasi mengenai peluang usaha makanan di bulan Ramadan yang menjanjikan dan meraup banyak untung. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk membuka usaha kuliner di bulan Ramadan ini? Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Penulis: Putri Geo
Related Posts