taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah 7 Cara Memasarkan Produk yang Menguntungkan

Inilah 7 Cara Memasarkan Produk yang Menguntungkan

Pemasaran produk akan memberikan keuntungan terhadap bisnis kamu. Semakin banyak orang yang mengenali produk kamu, maka akan semakin besar peluang produk terjual habis. 
Cara Memasarkan Produk
Ada banyak cara memasarkan produk yang menguntungkan yang harus kamu lakukan.


Cara Memasarkan Produk yang Menguntungkan


Agar produk kamu terus menghasilkan keuntungan yang besar, kamu perlu meningkatkan penjualan produk. Cara meningkatkan penjualan produk adalah dengan terus menggencarkan pemasaran produk.

Ada strategi khusus agar pemasaran produk menghasilkan keuntungan yang besar. berikut di bawah ini cara memasarkan produk yang menguntungkan.

1.  Mengenali Calon Pembeli

Cara memasarkan produk yang menguntungkan adalah dengan mengenali target pasar dari penjualan produk. Agar lebih mudah untuk mengenali target pasar bisa dengan cara survey terlebih dahulu. 

Kamu bisa melakukan survey untuk mendapatkan informasi seputar produk yang banyak diminati dan dibutuhkan masyarakat.

Selain itu lakukan survey juga mengenai sistem pembayaran yang banyak disukai,  distribusi produk, dan lainnya. Hasil survey ini akan membuat pemasaran produk kamu lebih efektif. Survey produk penting sekali untuk dilakukan sebelum produk tersebut akan dipasarkan.

2. Memilih Lokasi Usaha yang Strategis

Cara memasarkan produk yang menguntungkan yang kedua adalah dengan memilih lokasi usaha yang strategis. Pilihlah lokasi usaha yang berpotensi meningkatkan penjualan produk kamu.

Lokasi usaha yang menguntungkan adalah lokasi usaha yang ramai, ruang terbuka, dan mudah diakses. Tempat usaha diruang terbuka yang ramai pengunjung, setidaknya bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar, dibandingkan di lokasi usaha yang sepi dan daerah yang tertutup.

Jangan asal membeli lahan untuk dijadikan lokasi usaha. Memilih lokasi usaha yang strategis dibutuhkan survey terlebih dahulu. Kamu harus memastikan bahwa lokasi tersebut layak atau tidak untuk dijadikan usaha produk yang akan kamu jual.

Selain ramai dan ruang terbuka, syarat lainnya agar penjualan laris adalah dengan memilih lokasi usaha yang nyaman untuk bisnis kamu. Jangan asal pilih tempat, yang malah membuat kamu dan pelanggan kamu tidak nyaman di lokasi bisnis tersebut.

3. Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Pemasaran dikatakan berhasil jika pelanggan melakukan pembelian produk berulang kali. Cara memasarkan produk menguntungkan selanjutnya adalah menjaga hubungan baik dengan pelanggan kamu.

Jika menginginkan pelanggan membeli produk kamu berulang kali, maka kamu harus menjaga hubungan baik dengan mereka. Salah satu cara menjaga hubungan baik dengan pelanggan adalah dengan memberikan pelayanan terbaik untuk mereka.

Jika pelayanan usaha kamu buruk, jangan harap mereka akan melakukan pembelian produk kembali. Memberikan pelayanan yang baik bisa dilakukan dengan cara menerima semua saran dan kritik dari pelanggan.

Kritik dan saran dari pelanggan adalah sumber utama kamu untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari bisnis kamu. Hal ini tentu dapat membantu kamu untuk mengembangkan bisnis tersebut.  

4. Memberikan Hadiah Kepada Pelanggan

Salah satu pemasaran produk yang menguntungkan adalah dengan memberikan hadiah kepada pelanggan. Hadiah ini dapat berupa kupon gratis, bonus dan lainnya.

Pemberian hadiah ini akan mengikat mereka untuk datang kembali ke toko kamu. Misalnya kamu akan memberikan voucher gratis ketika pembeli melakukan transaksi mecapai 100 ribu rupiah, hal ini tentu akan membuat mereka akan berbelanja hingga 100 ribu rupiah di toko kamu, bahkan mereka akan melakukan pembelian kembali dilain waktu.

5. Membuat Akun Media Sosial

Cara memasarkan produk yang menguntungkan saat ini adalah dengan melakukan pemasaran melalui media sosial. Kamu harus membuat akun bisnis usaha kamu. Media sosial yang harus kamu buat misalnya Facebook, Instagram, WA, Twitter, Tiktok dan lainnya.

Beberapa media sosial tersebut menyediakan akun untuk penjualan, sehingga kamu bisa memasukkan produk kamu. Kamu bisa membuat katalog di media sosial tersebut dan membuat daftar barang dan harga produk yang akan kamu tawarkan di media sosial.

Jangan lupa untuk menuliskan deskripsi spesifik produknya, misalnya dari segi warna yang tersedia, ukuran, cara menggunakan hingga manfaat dan kegunaan produk tersebut. Membuat akun media sosial adalah cara yang paling efektif menghasilkan keuntungan yang besar. Maka segeralah untuk membuat akun bisnis kamu.

6. Melakukan Promosi di Media Sosial

Selain membuat akun media sosial, kamu juga harus melakukan promosi berbagai cara di media sosial. Misalnya kamu bisa membuat video berdurasi pendek di Facebook, Instagram maupun di Tiktok dengan menggunakan hastag atau tema video tertentu yang sedang viral.

Selain itu kamu bisa melakukan promosi berbayar yang murah di media sosial tersebut. Promosi berbayar akan membuat iklan kamu dilihat oleh banyak orang dan kepada akun tertarget. Hal ini karena pihak platform akan membantu kamu untuk menemukan calon pembeli yang potensial.

7. Membuka Peluang Dropshipper dan Reseller

Cara selanjutnya adalah dengan mengajak orang untuk membantu menawarkan produk yang kamu jual. Caranya dengan membuka peluang untuk menjadi reseller dan dropshipper dari produk kamu. Sistem reseller berarti mengajak pelanggan untuk menjual kembali produk yang mereka beli dari kamu. 

Kamu harus memberikan harga lebih murah kepada reseller dengan memberikan syarat minimal pembelian. Misalnya memberikan potongan harga hingga 10 ribu rupiah per produk jika membeli minimal 12 pcs produk.

Dropship berarti mengajak mereka untuk menawarkan kembali produk, tanpa harus membeli produk terlebih dahulu. Mereka hanya menawarkan produk saja dan akan mendapatkan imbalan sesuai dengan jumlah produk yang berhasil terjual.

Semakin banyak pasukan reseller dan dropship, maka akan semakin luas jangkauan promosi produk kamu. tentu hal ini akan memberikan keuntungan yang besar bagi bisnis kamu.

Simak terlebih dahulu informasi tambahan lainnya berikut ini.

Baca juga:





Informasi di atas merupakan 7 cara memasarkan produk yang menguntungkan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terus semangat dan semoga bisnis kamu semakin menguntungkan.
Related Posts