taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Cara Memasarkan Produk di Media Sosial Ampuh Naikkan Keuntungan

7 Cara Memasarkan Produk di Media Sosial Ampuh Naikkan Keuntungan

Saat ini media sosial dapat dikatakan sebagai sarana untuk memasarkan produk usaha. Promosi di media sosial memiliki jangkauan yang luas dan mudah dijangkau. 
Cara Memasarkan Produk
Ada caranya agar promosi di media sosial dapat meningkatkan penjualan. Berikut ini cara memasarkan produk di media sosial.

Manfaat Media Sosial Sebagai Sarana Jual Beli

Media sosial merupakan sarana untuk melakukan interaksi jarak jauh melalui internet. Semakin banyak akun media sosial yang kamu miliki akan semakin banyak relasi yang kamu dapatkan. Selain itu kamu juga bisa berbagi informasi dengan cepat bersama pengguna lainnya. 

Di media sosial seorang pengusaha dapat berinteraksi dengan pelanggannya tanpa bertatap muka. Selain itu, bisa juga memberikan informasi mengenai produk yang kamu jual dengan jangkauan yang lebih luas dan mudah. 

Asalkan tahu tips dan cara memasarkan produk di media sosial, semua orang dapat melakukanya dan bisa meningkatkan penjualan produknya. Memasarkan produk melalui media sosial merupakan strategi promosi yang efektif dan efisien untuk meningkatkan jumlah penjualan. 

Saat ini melakukan pemasaran melalui media sosial menjadi sangat penting. hal ini karena minimal 3 jam setiap harinya orang-orang menghabiskan waktu untuk bermain di media sosial. Hal ini bisa dijadikan strategi promosi produk yang paling efektif dan efisien. 

Cara Memasarkan Produk di Media Sosial


Sebagai sarana promosi yang efektif, tetapi agar pemasarannya sukses kamu harus  melakukannya disertai dengan tips dan cara promosi di media sosial yang jitu. Kamu bisa menerapkan cara di bawah ini:

1. Mengenali Target Pasar Produk

Mengenali target pasar bagi seorang pengusaha adalah sebuah keharusan. Hal ini tentu akan berpengaruh pada cara kamu membuat konten promosi di media sosial. Informasi yang harus kamu kenali dari calon pelanggan adalah rentang umur, jenis kelamin, bahasa dan lainnya. 

Jika sudah mengenali target pasar dari produk kamu, selanjutnya dapat menentukan cara penyajian konten promosi. 

Misalnya dari segi bahasa, kamu bisa menggunakan bahasa gaul untuk target pasar anak muda. Berbeda jika target pasarnya orang dewasa yang harus menggunakan bahasa sopan dan serius, meskipun kamu boleh menambah sedikit lelucon.

2. Membuat Akun Media Sosial Khusus 

Agar fokus dalam menjalankan usaha online kamu, buatlah akun media khusus untuk bisnis kamu. Minimimalnya kamu membuat akun bisnis di paltform Instagram, Facebook dan Tiktok. Membuat akun media khusus untuk berjualan akan memudahkan cara memasarkan produk di media sosial.

Algoritma media sosial akan memunculkan postingan kamu ke pengguna tertarget dari produk yang dijual. Dengan membuat akun media sosial bisnis akan memudahkan algoritma untuk memunculkan promosi kamu ke pengguna tertarget lainnya. 

3. Membangun Kepercayaan Pelanggan

Bisnis online yang pertama kali harus dibangun adalah kepercayaan pelanggan terhadap usaha yang kamu jalankan. Bangun kepercayaan bahwa produk yang kamu jual itu berkualitas dan wajib untuk mereka miliki. 

Membangun kepercayaan tidak harus memiliki banyak pengikut terlebih dahulu. Tetapi kamu bisa lebih dulu membangun kesadaran dan pengetahuan akan produk yang kamu jual. Kamu bisa memulainya dengan menggambarkan spesifikasi dari produk yang kamu jual.

4.  Menjalin Interaksi dengan Pengguna Media Sosial Lain

Sekarang ini memang kegunaan media sosial bisa untuk memasarkan produk usaha kamu. Tetapi pada dasarnya media sosial merupakan tempat untuk menjalin komunikasi dengan pengguna lainnya. 

Jangan terfokus dengan promosi jualan saja, kamu juga harus berinteraksi dengan pengguna lainnya. Seperti memberikan like dan komentar ke status pengguna lainnya. 

Cara memasarkan produk di media sosial yang satu ini akan menarik pelanggan dengan cara halus. Menjalin interaksi dengan intens juga akan membuat postingan kamu selalu muncul di beranda mereka.

5. Membuat Agenda Postingan 

Buatlah konten secara rutin minimalnya 3 kali sehari. Lakukanlah postingan di jam yang tepat agar konten kamu muncul di beranda pengguna lainnya. Rutinnya membuat konten akan membuat postingan kamu muncul terus di beranda pengguna lainnya. 

Tetapi bukan tidak mungkin lagi, kalau kamu akan sulit menemukan ide untuk konten di media sosial. Maka satu-satunya cara mengatasi ini adalah membuat agenda postingan terlebih dahulu. Minimalnya kamu sudah memiliki tabungan konten untuk 15 hari ke depan.

Membuat agenda postingan menjadikan kamu memiliki arah kegiatan pemasaran yang terencana. Dan kamu tidak perlu pusing mencari ide konten setiap harinya. Cukup memikirkan 1 hingga 7 hari untuk memikirkan ide konten dalam satu bulan.

6. Menggunakan Foto dan Video yang Menarik

Agar konten promosi meningkatkan minat calon pembeli untuk beli produkmu maka foto dan video promosi harus bagus, menarik dan unik. Penggunaan foto yang berkualitas bagus dapat menarik perhatian mereka dengan cepat. 

Foto dan video yang bagus bisa memanfaatkan berbagai aplikasi editing foto dan video. Melakukan sedikit editing pada konten promosi akan mempengaruhi kualitas konten kamu. 

Melalui foto dan video membuat promosi produk kamu semakin menarik dan mudah dicerna. buatlah postingan kontenmu yang menarik dan unik.

7.  Mengikuti Komunitas dan Kelompok Tertentu

Salah satu cara memasarkan produk di media sosial yang mudah adalah bergabung dengan kelompok online tertentu yang sering mengadakan diskusi atau lainnya. Ketika sudah bergabung dan akrab kamu sudah bisa memasarkan produk usaha kamu ke mereka. 

Kamu juga harus bergabung dengan komunitas online yang sering membahas tentang bisnis online. di komunitas tersebut kamu akan mendapatkan pengetahuan baru seputar cara promosi produk di media sosial untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan untung yang besar. 

Simak jua informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Itu dia 7 cara memasarkan produk di media sosial, semoga informasi ini bermanfaat. Salam sukses. 
Related Posts